Aplikasi Bela Negara

Kamis, 1 Oktober 2009

garuda-pancasilaHari ini merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena hari ini adalah hari Kesaktian Pancasila. Hari yang diperingati untuk mengenang terbunuhnya beberapa Jenderal (yang selanjutnya disebut sebagai Pahlawan Revolusi) dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S). Gerakan 30 September ini menurut penuturan para sejarawan didalangi oleh PKI dengan tokoh-tokohnya waktu itu di antaranya adalah Kolonel Untung dan DN Aidit. Masih ingat waktu masih sekolah setiap tanggal 30 September ditayangkan film G30S PKI.

Sahabat Batavusqu yang berbudi….

Pada hari ini Batavusqu bukan ingin membahas sebagai hari kesaktian Pancasila dan Pernikahan Adat yang ada di Indonesia, namun Batavusqu mulai hari ini akan menyajikan kehidupannya dalam keseharian, menuang apa yang dipikir, mencoret apa yang dilihat, mengkritisi apa yang didengar dan mengikuti apa yang diajak. Semoga sahabat Batavusqu berkenan dan tetap senang membacanya.

Beberapa hari yang lalu, Batavusqu singgah di Blog PakDe Cholic dan membaca ajakan untuk mengkuti Bukan Contes :Brain storming-Bela Negara, yang membuat Batavusqu tertarik untuk mengikutinya. Batavusqu menilai ini suatu pembelajaran bagi anak bangsa untuk mencoba melatih kemampuan mengingat dan menulis.

Setiap warga negara Indonesia wajib membela Negaranya, karena itu merupakan amanah UUD 1945. Namun upaya Bela Negara bukan hanya dilakukan dengan mengangkat senjata, melainkan membela Negara juga dapat dilakukan dengan cara yang dimiliki setiap warga sesuai dengan bidang dan keahlian yang ditekuninya masing-masing. Seperti halnya seorang ketua RT yang harus selalu mencontohkan hidup rukun antar tetangga juga merupakan salah satu pengamalan pasal 30 UUD 1945 Sementara Batavusqu yang memang dilahirkan dari seorang prajurit TNI AD (ZIPUR 7) telah terbiasa mendengarkan dan mengamalkan contoh-contoh usaha membela Negara, misalkan ikut dalam penataran P4, ikut dalam Karang Taruna RW, ikut dalam organisasi kepemudaan dan lain sebagainya. Karena menurut Batavusqu keikut sertaan kita dalam organisasi dan penataran P4 akan menambah kecintaan kita terhadap NKRI. Dengan cinta apapun bisa kita perjuangkan.

Tidak kalah penting yaitu berupaya menjadi teladan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat yang mandiri, tangguh dan tanggap terhadap kejadian di lingkungannya. Di samping itu juga menjadi inovator dan penggerak melalui kegiatan yang menggugah masyarakat untuk berkreasi, menciptakan sesuatu gagasan dan karya baru dalam berbagai kegiatan kecil dan sedang itu juga merupakan aplikasi Bela Negara.

Hal ini pun telah penulis lakukan, semenjak Batavusqu dikukuhkan menjadi bendahara RT tahun 2007-2010. Penulis telah melakukan perubahan banyak hal dilingkungan RT dengan memberikan usulan berbagai kegiatan baru;

  • Membentuk Karang Taruna RT,
  • Membentuk Arisan Bapak-Bapak
  • Menyusun Agenda Kegiatan 17-an di tingkat RW
  • Menyusun RW Siaga
  • Mendorong pemuda/i ikut dalam pelatihan-pelatihan yang diadakan Kelurahan.
  • Peserta Pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta
  • Menjadi Sekretaris KPPS dalam PILKADA, PEMILU LEGISLATIF dan PILPRES.

  • Dan Lain-Lain

Perlu sahabat ketahui sebelumnya RT dimana Batavusqu tinggal, belum pernah ada kegiatan seperti diatas, sehingga kepedulian Batavusqu terhadap ujung tombaknya pemerintahan (RT) menjadi kebanggaan tersendiri.

Meski diakui hal ini tidak semudah membalik telapak tangan. Mengapa? Karena tidak semua masyarakat mau menerima masukan secara mudah. Dan itu juga tergantung pada tingkat pendidikan dan pribadi masyarakat setempat. Sehingga penulis memerlukan waktu panjang ± 3 bulan untuk meyakini perlunya itu semua kepada masyarakat.

Lebih dari itu Batavusqu juga pernah mendengar bahwa apabila kita mencintai dan berusaha melestarikan segala nilai budaya bangsa, itu juga merupakan salah satu wujud dari bela negara. Sehingga postingan yang Batavusqu sajikan selama ini merupakan wujud kecintaan Batavusqu terhadap budaya bangsa Indonesia dan sebagai wujud bela negara yang terkecil. Dan Batavusqupun meyakini besar itu diawali dari yang kecil.

Referensi :

Pasal 30 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia

http://abdulcholik.com/contest/bukan-contest-brain-storming-bela-negara

Nama Isro Machfudin, Alamat; Asrama Ex Yon Zipur 7 RT004/016 No.421 Kelurahan Srenseng Sawah Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan

Email; isromachfudin@gmail.com

About these ads

Tentang Batavusqu

in 1968 when a figure sprang Warning Isro Mi'raj this man.
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

51 Balasan ke Aplikasi Bela Negara

  1. Pakde Cholik berkata:

    Artikelnya menarik dikaitkan dengan pengalaman pribadi.
    Terima kasih partisipasinya mas, langsungs saya catat.
    Selamat berkarya.
    Salam hangat dari Surabaya

  2. zipoer7 berkata:

    Terima kasih PakDe sudah mereview kehadiran Aplikasi

  3. wi3nd berkata:

    iyah in9et la9i klu hari ini hari lahirnya pancasila…
    suda lama terlupakan… :(

    *jadi in9et maseh apal nda ya pancasila?
    hemm men9aplikasikan kedalam diri sendiri ,iyah yaa..

    makasi,makasi ju9a da sin99ah :)

  4. ruanghatiberbagi berkata:

    semoga nilai nilai Pancasila bisa lebih di aplikasikan bukan slogan saja, karena kita miskin implementasi

  5. bundadontworry berkata:

    Selamat ya Mas, atas keikut sertaannya dlm meramaikan ” bukan kontesnya : bela negara ” PakDhe Cholik.
    Bagus banget tulisan ini, karena dikaitkan dgn pengalaman pribadi di dlm lingkungan bertetangga.
    Semoga sukses dgn program2nya yg diadakan dilingkungan rt nya ya Mas.
    Salam.

    • zipoer7 berkata:

      Terima kasi bunda, karena segala bentuk bela negara saat negara aman angkat senjata tidak mungkin, nah salah satunya melakukan yang bisa bermafaat bagi orang lain, adalah aplikasi bela negara.

  6. Iksa berkata:

    Mas Zipoer … disana toh tinggalnya, alamat langsung penuh supaya paket segera sampai ya ..
    berarti aku selasa lalu lewatin rumahnya ya … dan seharian nongkrong dekat-dekat sana tuh … dimana? tunggu tulisannya he he he

  7. Babesajabu berkata:

    Wah, sepertinya mas kita yang satu ini udah ganti topik dari adat pernikahan ke masalah kehisupan sehari-hari. Mantap….

  8. Babesajabu berkata:

    Saya sangat prihatin melihat keadaan bangsa kita saat ini. Seharusnya hari ini kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila, tapi berita di televisi tidak ada yang yg menyiarkan masalah ini.

  9. sedjatee berkata:

    lapor Bos… berhubung bos adalah pejabat bendahara RT yang baik, maka bos adalah contoh yang baik dalam hal bela negara… gak seperti penjaga duit rakyat, malah dipake buat pribadi,.. ya gak bos? hehehe… salam bela negara…

    sedj

  10. adi dzikrullah berkata:

    salam kenal teman…semoga sukses selalu

  11. dedenia72 berkata:

    sebelumnya saya minta maaf karena baru bisa melakukan kunjungan balik dikarenakan mudik lebaran. Karena rumah saya kampung, jadi susah tersambung dengan internet. hehehe..
    tak ada kata terlambat untuk saling silaturahmi dan bermaafan.
    Minal Aidin wal Faidzin.
    mohon maaf lahir dan bathin..
    salam rimba raya lestari..

  12. Hary4n4 berkata:

    Semoga jiwa-jiwa Pancasila akan selalu bangkit dan hadir dalam kehidupan berbangsa dan bernegara…
    Moga sukses dgn program2 yg sedang dan akan dilaksanakan…
    Sukses selalu yaaa…
    Salam hangat dan damai selalu…

  13. kucingkeren berkata:

    wah jadi pejabat dong ya.. hehe.. selamat deh :-)

  14. Wandi thok berkata:

    Semuga menang mas… :roll: :lol:

  15. solarsedayu berkata:

    salam kenal,
    menarik sekali postingnya ,pas dengan tema hari ini
    ada satu kalimat yang jadi catatan tersendiri buat saya, yaitu :
    “meyakini besar itu diawali dari yang kecil”
    salut bang…

  16. digi berkata:

    Salam Bela Negara Kang Zipoer … Keep Smile and Tetep Semangat .. Merdeka … (Oops … jadi semangat aku Kang) :)

  17. nurrahman18 berkata:

    RW siaga itu kayak apa Pak? baru denger, hehe2…seep :D

    • zipoer7 berkata:

      RW siaga adalah Pernyataan bahwa RW tersebut telah menyatakan siaga dalam berbagai aspek bang, seperti siaga terhadap penyakit, siaga terhadap penanggulangan bencana dll,

  18. alamendah berkata:

    mantab banget tulisan kali ini. Banyak yang lupa dengan kejadian di tanggal ini

    • zipoer7 berkata:

      Pancasila
      1. Ketuhanan yang Maha Esa
      2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
      3. Persatuan Indonesia
      4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah/ kebijaksanaan..
      5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
      Awas ditambahin berarti malingsia

  19. dedekusn berkata:

    Pengalaman unik + Nasionalis

  20. dedekusn berkata:

    Tumben Bang, ngga ngebahas kawin.. :D

  21. Ahmad Farisi berkata:

    Assalamu alaykum…
    batavusqu saya hadir…:D
    maaf kemarin2 saya lg agk sibuk jd lom smpet buka blog.
    oh ya makin keren aja nih blog…
    blognya dah tertanam tuh silakan cek.

  22. Badruz berkata:

    semangat nasionalisme dan kebangsaan.

  23. kolojengking berkata:

    Saya juga pake batik pak kemarin jumat. memang batik harus kita lestarikan bersama.
    salam takzim. :-)

  24. Ping-balik: Pancasila salah satu kunci Mengembalikan Jati Diri Bangsa « Batavusqu

  25. Ping-balik: Pahlawan harimu, Kini « Batavusqu

  26. Ping-balik: Pancasila salah satu kunci Mengembalikan Jati Diri Bangsa | Mengembalikan Jati Diri Bangsa | Mengembalikan Jati Diri Bangsa | KangBoed

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s