Kesenian Tari dari Banten

Salam Takzim

Pembaca dan sahabat yang budiman

Hampir seluruh provinsi di Indonesia memiliki budaya kesenian baik itu seni beladiri, memasak, seni suara dan seni tari. Di Banten ada 2 karya seni tari yang cukup populer hingga saat ini, yaitu seni tari prajurit dan seni tari rampak beduk.

Seni tari rampak beduk merupakan sajian instrumen berupa perkusi, yang ditingkahi suara bedug berbagai ukuran. Ada empat bedug diikat kain merah biru, yang dipukul oleh pemain yang berdiri di tengah. Di pinggirannya, kelompok musik menimpali dengan bedug berbagai ukuran. Sesekali suara terdengar dari mulut para pemainnya, mirip suara musik tiup. Namun, tak ada sajian instrumen tiup. Yang terdengar, suara harmonis antara bedug dan para vokalis tradisi saling menyahut. Seni Rampak Bedug berawal dari kebiasaan penduduk berkeliling kampung sambil memukul bedug kala sahur di bulan puasa. Yang kemudian dijadikan ajang untuk beradu keras memukul bedug. Alhasil terjadilah pertemuan antar mereka, saling beradu kekuatan bedug. Tari Rampak Beduk Banten dimainkan oleh secara masal. Sekilas, gerakannya mirip tarian dari daerah Aceh. Berikut video olahan youtube

Sedangkan seni tari prajurit merupakan tarian yang dimainkan secara massal oleh penari perempuan maupun laki-laki(campuran). Tarian ini menggambarkan bagaimana prajurit gerak cepat yang dimiliki oleh kesultanan Banten. Perpaduan antara gerakan pencak dan formasi yang dinamis merupakan salah satu karakteristik dari tarian ini. Umumnya dalam tarian ini disertai juga dengan pertunjukan Debus (seni bela diri asal Banten). Terompet dan kendang, merupakan alunan musik dominan yang mengiringi tarian ini. Nah video ini juga dari youtube lho, selamat menikmati semoga berkenan

———————————————————————————————————————————————

Salam Takzim Batavusqu

About these ads

Tentang Batavusqu

in 1968 when a figure sprang Warning Isro Mi'raj this man.
Tulisan ini dipublikasikan di Budaya dan tag , , . Tandai permalink.

36 Balasan ke Kesenian Tari dari Banten

  1. Bang Iwan berkata:

    Tari rampak Bedug mirip tari Zaman yah kang…
    Tapi kayaknya yang ini mempunyai karakteristik tersendiri.

  2. bundadontworry berkata:

    oh, jadi debus itu adalah bagian dr sebuah tarian ya Mas. ( baru tau disini) :)
    alhamdulillah, tiap kali berkunjung kesini, selalu saja bunda menambah wawasan dan pengetahuan baru lagi.
    Terimakasih Mas Isro telah berbagi hal yg indah dan bermanfaat ini.
    salam

  3. marsudiyanto berkata:

    Kalau Nari Prajurit sambil naik speda bisa nggak ya?

  4. delia4ever berkata:

    Disalah satu bagian daerah lia ada namanya kampung banten.. banyak orang bantennya.. tapi tarian ini tidak pernah ditampilkan :(

    Makasih pak atas sharingnya… jadi semakin tahu :)

  5. jumialely berkata:

    mari kita menari sembari bermain karate, ndak ada ya mas, yang ada menari dan pencak silat :)

    mantepp sekali ulasan budayanya

    salam mas isro

  6. alamendah berkata:

    Seni tari rampak bedug ini yang kerap membuatku terpesona. Gila…., kompak banget

  7. Ruang Hati Blog berkata:

    Selamat berakhir pekan bersama keluarga tercinta, banyak kebahagiaan dan keindahan di akhir pekan ini buat sobatku tersayang…
    Salam dari ruang hati terdalam

  8. dykapede berkata:

    Selamat siang bang, yang namanya seni itu idendik dengan imajinasi ya :-D

  9. nurrahman berkata:

    ayo..saya sangat mendukung dan senang klo ada event2 budaya, utk membuktikan kita kaya, jgn hanya atas nama modernitas/peradaban barat :D

  10. jumialely berkata:

    siang mas isroo :)

  11. Kakaakin berkata:

    Kesenian beduk juga ada di daerah lain ya, Pak…
    Sepertinya karena pengaruh syiar Islam juga :)

  12. munir ardi berkata:

    debus sebuah bagian dari tarian makasih sudah berbagi bang

  13. elmoudy berkata:

    tarian yang indah sobatku…
    salam malam hari yang abis ujaan…
    =)

  14. Abu Ghalib berkata:

    bangsa kita memang kaya dari segi budaya
    saya paling suka menikmati seni budaya dari berbagai daerah
    sayang koneksi sy tidak mendukung untuk melihat videonya
    trims sudah berbagi :D

    aniwei, zipoer7 itu artinya apa?

    salam akrab

  15. sedjatee berkata:

    wah… perjalanannya dah sampe Banten ya Mister..
    jangan lupa mampir and belanja oleh-oleh
    di banten asyik juga mendalami cerita sodara kita orang baduy.. hehehe.. sukses selalu Mister,…

    sedj

  16. gerhanacoklat berkata:

    pengen belajar aku mas dimana ya??

  17. Salam Sukses,
    nice!!! :)
    izin ikut tukeran link ya boz, linknya boz sudah nongkrong dengan nyaman di blogku di:
    http://buatsitus-gratis.co.cc (buat situs gratis)
    http://buatweb.cz.cc (buat web)
    Terima Kasih ^_^

  18. digituck berkata:

    Banten memang terkenal Debus-nya ,,, tp baru tahu kalo sering dipadukan dengan tarian prajurit !!! :)

    Salam Kang !! :)

  19. omiyan berkata:

    waduh kok ga mampir ke tempat saya pak …

    salam

  20. pelangiituaku berkata:


    temen-temen, mampir iah ke blogkuuu, aku lagi ikutan lomba blog niihh,
    jangan lupa kasih coment iahhh,, kontribusi kalian sangat berarti …
    langsung klik ini iah : http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/05/10/seorang-cowok-menjaga-kesehatn-kulit-wajar-nggak-sih/ … semangat blogger 2010 !!!! …
    makasiihh =)

  21. Coba diklik berkata:

    Youtubnya kok nggak nampak mas?

  22. bluethunderheart berkata:

    siiiiiiip
    manteb
    lestarikan budaya kita
    salam hangat dari blue

  23. Bang Iwan berkata:

    mampir lagi puter Youtubenya setelah donlot aplikasinya dari blog Kang Dede.

  24. Bang Iwan berkata:

    Selamat siang kang…
    Sukses dan sehat selalu

  25. wardoyo berkata:

    Mantap silat dan debusnya …. dan semua dikemas sebagai kesenian tari??? Mantap, kang.

  26. Satria Pribadi berkata:

    mantabz…masih ada koleksi yang lainnya ga ?

  27. amien berkata:

    kapan ada eventnya mantap tuh

  28. Ping balik: Kesenian Tari dari Jambi | Batavusqu

  29. Ping balik: Kesenian Tari dari Jambi bag-2 | Batavusqu

  30. Ping balik: Kesenian Tari dari Jambi Bag-3 | Batavusqu

  31. maya berkata:

    Tari rampak bedug ini berjudul Serang Rumingkang, , penari i Sanggar Bina Seni tari raksa Budaya, penata tari Maya rani Wulan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s