Kartini-kartini masa kini stage 1

Salam Takzim

Sahabat dan Pembaca Batavusqu yang berbudi

132 tahun yang silam, tepatnya pada tanggal 21 April 1879 sosok RA Kartini terlahir dari buah cinta bapak Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan ibu M.A. Ngasirah. Sebagai seorang priyayi, beliau tidak hanya bersantai ria namun terus berusaha untuk mengangkat derajat perempuan pribumi. Lewat buah tangannya sebuah buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”, RA Kartini mampu mengenyahkan tradisi perempuan yang hanya selalu dipingit, dijodohkan dan dipoligami.

Lewat tulisan tulisan yang menggigit, para perempuan pribumi menjadi bangkit untuk menjadi pribadi-pribadi yang bebas menentukan pilihan, sehingga wajar kalau seorang pengarang era lampau mengangkat judul lagu ibu kita kartini sebagai lagu perjuangan.

Sahabat dan pembaca yang berbudi

Pada postingan kali ini batavusqu tak bermaksud mengulas ibu RA Kartini, namun batavusqu mencoba mengangkat wanita-wanita yang setara dengan beliau. Karena menurut batavusqu wanita-wanita ini mampu membangkitkan, menyembuhkan, memberi pilihan agar mampu membangun negeri kita tercinta. Melalui buah pemikirannya tidak hanya kaum wanita yang tercengang namun kaum pria ikut terpana. oh ya sajian ini akan batavusqu belah menjadi 6 stage yang masing masing stage kokoh berdiri 4 wanita tangguh. Inilah kartini-kartini masa kini yang selalu menebar pesona.

bundodontworry

Pilihan 1 mohon izin Bundadontworry

Entah mengapa Kartini itu menyebut hamparan sajadahnya dengan bundadontworry, mungkin dia tak akan pernah kuatir dalam mengatasi masalah-masalah yang akan beliau saji. Beliau saya kenal 2 tahun yang lalu, dimana hamparannya penuh dengan buah pikir yang berguna. Bukan hanya menulis risalah di hamparan pribadinya, beliau juga senantiasa hadir memberi komentar komentar bijak pada hamparan sahabat dengan akhiran salam.

Setiap hari beliau tak pernah absen menulis, dari uraian ringan sampai sedang beliau ulas secara luas, dari masalah penyakit sampai pengobatan tersaji sempurna, dari kajian anak sampai orang dewasa beliau garap dengan akurat. Pasti bukan hanya batavusqu saja yang terpana membaca kajiannya, namun semua sahabat pernah merasakan sensasi guratan jarinya.

Dari About hamparan bundadontworry ada sajian lengkap siapa beliau, Beliau adalah sosok Kartini masa kini yang dilahirkan dengan nama Lily Suhana di kota Medan pada 19 agustus 1960,  sekolah SD beliau tamatkan di daerah Jatinegara Jakarta timur dan SMP beliau tamatkan di  SMPN 25  di Jl. Slamet Riyadi Jakarta timur, SMA beliau di SMAN 8 di Bukit duri Jakarta selatan tamatan tahun 1977.

Beliau pernah bekerja di sebuah perusahaan penerbangan nasional terbesar di negeri ini sebagai seorang  flight attendant (awak kabin) mulai tahun 1978 hingga berakhir  pada tahun 1998.

Masa2 yg sangat menyenangkan, karena sambil bekerja beliau juga dapat berjalan2  ”gratis”  ke sejumlah  kota2 besar  di beberapa negara  Eropa, Australia, Asia dan Timur-Tengah. Beliau dan pasangan hidupnya juga pernah mengunjungi Ka’bah 3 tahun berturut turut yakni di tahun 1995, 1996 dan 1997. Untuk lebih jelasnya tandanglah ke hamparan beliau disini, dan ini adalah salah satu buah karyanya.

Mbak Jumia lely

Pilihan ke 2 Mohon Izin Mbak Jumialely

Kartini ini bernama mbak Jumialely, punya seabrek pelana, ya  seminggu ini batavusqu menyebutnya si kuda putih, karena dalam pacuan kuda di kemeriahan Milad batavusqu beberapa hari lalu 30 pria jatuh bangun mengejarnya. dan pada postingan batavusqu yang berjudul sang juara beliau hadir meraih posisi tertinggi.

Msbuster at blogdetik, Jumialely at blogdetik, Lelydeluph at blogspot, Jumialely dot com, Negerianak at wordpress ini adalah pelana-pelana beliau untuk menoreh, dan sebagai tempat untuk menuangkan karya karya khas gabungan otak kiri dan otak kanan. Karyanya berkuda tak usah diragukan lagi dari sabang hingga marauke rumah sahabat disambanginya tanpa lelah.

Profesinya sebagai pendidik anak bangsa bukan menjadikan batasan beliau dalam menuang, berbagai kupasan kehidupan diracik dengan bijak, dari masalah humaniora sampai ke masalah aura kata beliau susun secara hati-hati, agar pencari dahaga tidak tersedak.

Bukan hanya wanita biasa, sosok mbak Jumialely yang lahir 32 tahun lalu mampu hadir sebagai Kartini masa kini versi batavusqu, selalu belajar dan belajar guna meraih cita-cita besarnya sebagai wanita yang cukup memberi arti bagi masyarakat sekitar. Bila sahabat ke pelananya sahabat akan selalu diajak langsung untuk tetap menatap.

Dengan pedoman yang luar biasa untuk tidak menjadikan kegagalan sebagai batu sandungan dan agar kegagalan menjadikan setrum untuk  roda kehidupan. Jadikan hidup sebagai tempat pijakan mimpi dan cita-cita dengan mengeyahkan kata terlambat.

Bukan hanya saya saja yang akan terfana bila berada diatas pelananya orang sekaliber pakde cholik saja berani menitah beliau menjadi juri kehormatan di istana BlogCamp yang berdiri kokoh di Surabaya. Selamat berkuda wahai sang kuda putih. coretan beliau yang selalu terbaca ‘Aku ada karena sahabat ada untukku. Jika Sahabat tak ada disisiku maka aku tak akan ada disini bersama kalian.

mbak Isnuansa maharani

Pilihan ke 3 Mohon Izin Mbak Isnuansa

Kartini ini bernama lengkap Isnuansa Maharani, memiliki segudang pengalaman karena beliau mulai merintis halaman mayanya sejak 2005 lalu. Hobbinya menulis telah menjadikan beliau menjadi blogger ternama, sering melakukan temu darat dengan penggemarnya. Dan selalu hadir tepat waktu, ini pengalaman pribadi batavusqu yang sudah 3 kali bertemu dengannya.

Beliau selalu tampil sederhana di setiap kesempatan dan tidak pernah mensirat keistimewaan, padahal dalam kemampuannya mengikuti halaman blognya mampu berada pada urutan ke 17 dari 100 blogger Indonesia kalau tidak percaya lihatlah disini. Beliau juga sering mendapatkan hadiah untuk jalan jalan, jangan kan ke Bali terakhir beliau berangkat ke Hongkong lho semua gratis karena tulisannya.

Arsitektur halaman selalu ditata demikian indah, agar para sahabat nyaman berada dihalamannya, suguhan demi suguhan selalu baru, menyuarakan berbagai pranata sosial, memberikan tambahan ilmu dalam berselancar didunia facebook, twitter dan panduan aplikasi perangkat IT.

Hobby dengan yang namanya kopi, mungkin kalau sedang  menulis bisa mencapai sepuluh gelas, wajar saja kalau tubuhnya tidak bisa gemuk, karena beliau kalau sudah di depan laptop bisa kuat 5-6 jam. Sungguh batavusqu tercengang menyaksikan pola hidupnya di dunia maya.

Bukan hanya ngeblog yang dilakoni, tetapi hampir semua jejaring sosial yang terkenal beliau gauli, karena hobbinya untuk mencari sahabat tidak diragukan lagi sampai sampai di Facebook beliau sudah tidak lagi mampu menambahkan pertemanan. ya itulah sekelumit tentang kartini masa kini yang batavus angkat. oh ya kalau sahabat ingin tau beliau lebih dalam silahkan menuju halaman beliau disini dan disini

Mbak Yuliasih

Pilihan ke 4 Mohon Izin Mbak Joeli

Kartini yang bernama lengkap Yuliasih Puji Rahayu Hardi, konon suka berada dimana mana, kepiawaiannya mencari sahabat tidak tanggung tanggung, beliau bisa berada di belahan pulau jawa, sumatra kalimantan dan sulawesi serta Bali.

Dalam menulis beliau juga setara dengan RA Kartini, karena beliau juga beberapa kali mengorbitkan buku. Buku beliau yang paling terkenal adalah gerhana coklat, meskipun batavusqu belum tau banyak tentang beliau, namun batavusqu tetap memilih beliau sebagai kartini masa kini.

Kartini yang hobbi menggunakan warna coklat baru saja merayakan hari Ulang tahunnya yang ke 34, dipestanya yang sederhana beliau meniup herpaan lilin beraksara 34 seakan meniup masa masa pahit dan menghimpun masa masa manis yang terpotong di cake buatan koki.

Disela sela tugasnya sebagai tenaga medis bidang farma, beliau selalu menyambang para sahabatnya via laptop atau hp yang tak pernah lepas dari genggamannya, seakan beliau menggenggam dunia. Waktu beliau cukup padat, jadi jangan salah jika sahabat ingin bertemu dengannya harus mengatur schedule selama 3 minggu. Kalau dadakan jangan harap bisa melihat kartini ini.

Selalu tampil bersahaja dengan putra kesayangannya bila kopdar, maka jangan heran kalau sikecil enrico sudah banyak mengenal wanita wanita dewasa. maap. Oh ya apa sih keistimewaan beliau sehingga batavusqu memilihnya menjadi kartini masa kini, banyak jawaban yang akan sahabat dapatkan bila mengenal beliau secara dekat.

Terus terang selama bersahabat dengan beliau, sosok kartini ini selalu tidak melupakan sahabatnya untuk bisa merasakan kebersamaan, seperti romadhon lalu beliau menggarap buka puasa bersama anak yatim yang berada di rumah singgah, dengan secara perlahan satu persatu blogger dibimbingnya agar bisa merasakan kebersamaan itu. Dan bukanlah nama Joeli yang tidak bisa melakukan apapun. Karena beliau sungguh sempurna.

Sahabat dan Pembaca batavusqu, semoga sahabat dan pembaca berkeinginan mendekat dengan pilihan stage 1 di Kartini-kartini masa kini, silahkan click tautan yang diberikan. Siapa pilihan Batavusqu pada stage 2 mari tunggu postingannya esok

Seperti biasa tersaji bukan untuk dipuji apalagi dihina melainkan hanya untuk berbagi

Ini postingan berseri silahkan kunjungi juga

——————————————————————————————————————————————————

Salam Takzim Batavusqu

  Kartini-kartini masa kini stage1|Khalifah dari Semarang|Kedatangan kang bani Hadiah| buat para juara dan peserta Mandau Pusaka suku Dayak|Badik Senjata Tradisional Masyarakat Sulawesi Selatan|Juri dapat cindra mata|3 Fasilitas yang mengganggu|Jakarta kota air bagian 2|Jakarta kota air bagian 1|Sahabatku Kang Boed|Ketemu sang shotter|Pucuk dicita ulam pun tiba|Cindra Mata|Parade Kemeriahan Batavusqu|Milad Batavusqu|Singgasana Maret 2011|Kerinduan|Penyesalan yang mendalam|Makna seorang Ayah|Sempit karena terlena|

About these ads

Tentang Batavusqu

in 1968 when a figure sprang Warning Isro Mi'raj this man.
Tulisan ini dipublikasikan di Aktivitas, Ibu, Peristiwa dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

70 Balasan ke Kartini-kartini masa kini stage 1

  1. Salam Takzim untuk kartini2 diatas, juga untuk empunya Blog. :D

  2. marsudiyanto berkata:

    Selamat Hari Kartini untuk Bunda, Mbak Lely, Mbak Nunik, Mbak Dik Julie :D
    Juga kepada seluruh wanita Indonesia.
    Salam untuk Bang Isro’

  3. marsudiyanto berkata:

    Untuk Bang Erwin, Selamat Hari Kartini juga :D

  4. sedjatee berkata:

    sangat pantas jika keempat srikandi ini menjadi Kartini baru indonesia
    kiprah yang mantap, prestasi yang prestisius
    semoga menginspirasi kkita semua untuk memberi yang terbaik
    setidaknya dalam persahabatan di jagad tak kasat mata ini

    sedj

  5. Mabruri Sirampog berkata:

    Selamat Hari Kartini untuk wanita2 tangguh yang disebut di atas, dan juga tentunya untuk wanita2 Indonesia….
    semoga bisa menjadi inspirasi buat kita semua untuk kebaikan bersama….
    salam hangat selalu…

  6. achoey el haris berkata:

    Keempat perempuan d atas emang Kartini masa kini
    Bahagia daku mengenal mereka meski lewat tulisannya :)

    Salam ta’dzim dari Bogor

    • Batavusqu berkata:

      betul kang Achoy, mudah-mudahan karyanya selalu dinikmati oleh para sahabat laksana buku RA Kartini
      terima kasih kang atas kehadiran dan warna yang diberikan

  7. bundadontworry berkata:

    Dengan segala hormat, saya mengucapkan terimakasih banyak pada Mas Isro.
    Penilaian ini saya anggap sebagai amanah,dan semoga saya mampu utk terus menulis hal2 sederhana selama nafas masih ada di raga ini.
    juga, akan saya jadikan instrospeksi bagi diri ini.

    Untuk Mbak Lely , Mbak Nunik dan Juli………. mereka adalah sosok yang pantas utk dibanggakan, dgn selalu berbagi hal2 bermanfaat dan indah utk kami semua di dunia blog ini.
    Alhamdulillah, Allah swt telah memperkenalkan saya pd sosok2 yg istimewa ini .
    Seperti juga Mas Isro yg selalu istimewa bagi saya.
    salam

    • Batavusqu berkata:

      Sama sama bunda, ketiga wanita diatas memang sangat dibanggakan demikian juga bunda, maap kalau izin penggunaan gambarnya yang sedang menatap gurame menari hehehe
      Terima kasih bunda atas warna dan kehadirannya

  8. gerhanacoklat berkata:

    Salam TAkzim mas isro,
    TErima kasih atas penghargaan ini. Alhamdulillah apabila saya telah dapat memberi manfaat meski sedikit bagi sahabat di dunia maya maupun nyata.
    Sebenarnya cukup minder bila disetarakan dengan bunda Lily, Lely dan isnuansa (nunik) yang memang pantas menyandang gelar kartini masa kini.
    Salam hormat dan persahabatan saya buat semuanya.
    Selamat hari Kartini :D

    • Batavusqu berkata:

      duh sayang kaga ada hari Kartono ya, padahal banyak lah kaum pria yang bukan hanya bisa menghidupi sukma-sukma sahabat.
      terima kasih mbak Joeli atas kehadiran dan warna yang diberikan

  9. jumialely berkata:

    Apapun yang terjadi kita semua harus menjadi kartini masa kini, kita tak bisa menghindar dan kembali ke masa lalu, Makasih mas Isro atas penghargaan ini, tapi setiap wanita adalah wanita masa kini yang berbeda-beda.

    Ada kartini Era Modern di artikel saya, mohon di kunjungi.

    Jul, bunda, mbak nunik, kalian adalah wanita yang kuat yang layak menjadi Kartini Pendobrak di era modern

    • Batavusqu berkata:

      betul mbak, tapi ini ga ada piagam penghargaanya lho. Oh ya saya juga sudah baca karya mbak Lely tentang kartini era modern.
      terima kasih mbak Jumialely atas kehadiran dan warna yang diberikan

  10. melly berkata:

    Selamat hari Kartini ya mas :)

  11. Iksa berkata:

    Hoo aku belum kenalan dengan Mbak Joeli ..
    Selamat Kartinian ya ..

    Salam

  12. bw dari semalam baru disini ketemu postingan yg mengulas kartini, dan yg punya rumah bapak2 .. heheh

    selamat bwt kartini2 hebat yg diatas .. :)

  13. fitr4y berkata:

    pengen taw,, kartini yg berikutna , siapa yaaaa .. ??

    salam :)

  14. BaNi MusTajaB berkata:

    Minadzulumati ilannur…..dari kegelapan menuju cahaya…
    Para perempuan Kartini masa kini, memberi pencerahan melalui untaian tulisan di blognya.
    Semoga Tuhan memberkatinya…amin.

  15. Dangstars berkata:

    Selamat hari Kartini

  16. niQue berkata:

    Setuju banget, ke-4 Kartini di atas tepat sekali mewakili sosok yang digambarkan Kartini bagaimana perempuan Indonesia seharusnya, mereka sudah menunjukkan bahwa perempuan itu memang sejatinya perkasa *empat jempol, cukup? hehehe*

  17. Nchie berkata:

    setuju banget sama kartini..kartini di atas..
    pilihan mas isro sehati banget..

  18. defidi berkata:

    Selamat hari kartini, tulisan yang sangat inspiratif..sukses selalu

  19. Masbro berkata:

    Alhamdulillah, kenal semua dengan Kartini Kartini hebat di atas. Salam hangat Bang;

  20. Batavusqu berkata:

    terima kasih kang mas bro atas kehadiran dan warna yang diberikan, salam hangat juga dari Jakarta

  21. melianaaryuni berkata:

    Kok Kartininya ga pake sanggul dan kebaya ya,Pak? hehehe

  22. monda berkata:

    beliau2 ini memang Kartini masa kini yang hebat kang, setuju

  23. Orin berkata:

    Whoaa….suka dengan pilihan-pilihan mas Isro untuk Kartini masa kini-nya. Lanjut ke stage 2 ah…

  24. Ping-balik: Kartini-kartini masa kini stage 2 « Batavusqu

  25. Adi Nugroho berkata:

    Wah bunda ku, hehehe :p semuanya aku kenal deretan wanita hebat di atas..

  26. Ping-balik: Kartini-kartini masa kini stage 3 « Batavusqu

  27. dmilano berkata:

    Saleum hangat untukmu sahabat
    pilihan yang sesuai kok.. :)

  28. dmilano berkata:

    Hebaaaattt….. !!!

  29. Ping-balik: Kartini-kartini masa kini stage 4 « Batavusqu

  30. nh18 berkata:

    Aaaiiihhh ada parade kartini nih …
    Saya telat datang kesini …

    Semua yang disebut disini saya sudah ketemu …
    (kecuali Bu Lely)

    salam saya Kang Isro

  31. Ping-balik: Kartini-kartini masa kini stage 5 « Batavusqu

  32. Wah telat datang nih Kang mas. Tapi tetap salut dengan para Sri Kandi Blogger tersebut diatas yang selalu memberikan semangat dalam berkarya.

    Salam

    Ejawantah’s Blog

  33. Kakaakin berkata:

    Wah.. baru kak Julie yang sudah saya temui.’
    Semoga lain kali bisa berkesempatan bertemu dengan 3 kartini yang lainnya :)

  34. Ping-balik: Kartini-kartini masa kini stage 6 (habis) « Batavusqu

  35. Ping-balik: Cindera Mata Akhirnya Terkirim « Batavusqu

  36. Ping-balik: 1 email valid = 10000 IDR « Batavusqu

  37. Ping-balik: Apalah arti sebuah pertemuan « Batavusqu

  38. isnuansa berkata:

    Waduh… *ngumpet di balik sapu tangan*

    Maluuww saya, Pak Isro, ditulis sampai segitunya. Maaf, karena agak jarang buka Facebook, jadi telat baca notifikasi adanya inbox.

    Terimakasih sudah memasukkan saya dalam daftar ini. *ngulurin secangkir kopi panas*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s