Wisata kota tua

Minggu, 26 Juli 2009

Pagi itu, perjalanan lanjutan dengan my_son3 kembali diuji. Setelah diskusi dengan yang lain, kami persiapkan segala sesuatunya, dari bekal makanan, minuman bahkan handuk dan suplemen masuk kedalam tas batavusqu, karena kami akan ikut bergabung dengan komunitas sepeda yang ada di depok untuk wisata ke kota tua.
Cukup pagi memang kami bangun untuk start dari rumah menuju stasiun Lenteng Agung, maklum my_son hanya menggunakan sepeda mini ukuran 20″, sedih memang melihat semangatnya ikut bersanding dengan ukuran 28″.
Tepat pukul 06.30 kami sampai di st. Lenteng Agung, kemudian membeli tiket KRL ekonomi 2 lembar, terus kami masuk ke peron 1 (jurusan jakarta). Disana kami bertemu dengan mas Oki dan putrinya Iko yang memang satu tujuan hanya mereka menggunakan satu sepeda ontel.
Pukl 06.45 KRL ekonomi datang dan dengan segera kami masukkan sepeda kami untuk ikut sampai st. Manggarai.
Sampai di st. Manggarai jam menunjukkan pukul 07.15, sesuai tradisi kami para punggawa dibacakan do’a oleh om Sumihardi (om Adi) agar perjalanan diberikan keselamatan dan tetap utuh tanpa ada yang tertinggal ataupun yang pulang lebih dahulu.

Perjalanan dilepas oleh ketua melalui jl. Tambak, terus menuju jl. proklamasi, kemudian melintas jl. Diponegoro dan jl. Imam Bonjol serta terus melaju ke Bundaran HI.

Sesampai di bundaran HI, para punggawa sejenak beristirahat sambil foto-foto, kemudian keliling (tanpa sepeda) intip-intip klitikan, jajal-jajal kostum ontel, dan ada juga yang belum sempat sarapan, mojok menikmati bubur ayam, ketupat sayur, ngopi atau sekedar ngeteh dengan sepotong kue pancong … benar benar betawi banget hehehe. 🙂

Selepas lelah, perjalanan dilanjutkan untuk menuju kota tua (museum fatahilah dan musium bahari). perjalanan tetap dipimpin om Nungki, para punggawa DeFOC melaju melintasi Jl. MH Thamrin, jl Merdeka Barat, jl Majapahit, jl Gajah mada hingga akhir di Musium Fatahillah.

Kembali para punggawa menikmati lekuk-lekuk bangunan tua diselingi dengan pengambilan gambar sebagai bukti bahwa kami masih bangga dengan Indonesia yang memiliki seribu bentuk dalam hasil polesan anak negeri… Kami bangga Indonesia, kami bangga ibukota Jakarta..

DeFOC kali ini ketiban rezeki dari hasil jepretan para turis yang berasal dari negeri Suriname, hanya karena para punggawa berjejer berbaris untuk difoto….. eh datang turis-turis dari negeri ½ Negro dan terus foto-foto kami dan foto-bersama,… salah seorang memberikan 200 ribu sebagai ungkapan terima kasih kepada kami yang telah berbagi gambar… semoga tidak dinilai komersial karena ini spontan tidak disengaja hehehe. Tanks you mister and missis.

Hasil akhir memang belum tuntas jika belum menuju deretan bangunan tua yang lain, terminal kota tua dan musium bahari yang dipagari dengan bangunan-bangunan tua….

Di persimpangan jalan saat melintas jembatan timbang… kembali punggawa yang hobi meliput memberhentikan kami untuk berfose bersama,… maksud hati mengambil jejeran DeFOC dengan jembatan Timbang eh karena jalanan terlalu sempit, jembatan timbang ketinggalan om… ah lain kali kami ambil dengan kamera terbaik jembatan timbang…

Setelah puas menikmati bangunan-bangunan tua kami kembali menuju st. Kota…. dengan hasil santunan ½ negro tiket diborong om Nungki,, ga tanggung-tanggung tiket ekonomi ac (2 tiket per punggawa(1 ontel satu pengemudi)) wuihh… benar-benar perjalanan yang mahal… maklum santunan yah kita santunin lagi deh ke PT KA.

Tepat pukul 12.00 kereta ekonomi ac tiba dan para punggawa menyebar ke pintu-pintu agar tidak mengusik penumpang lain…. Kemudian kami menikmati dinginnya ac hingga kami tertidur….. eh bangun bangun tulisan ini sudah tersusun.. untuk itu kami mohon maap bila refortase ini tidak berkenan….

Satu pemikiran pada “Wisata kota tua