Memperingati Hari Batik Dunia

Jum’at, 2 Oktober 2009

Hari ini di tempat penulis bekerja diwajibkan mempergunakan Batik, walau biasanya setiap Jum’at dihimbau untuk berbusana muslim/ muslimah. Perintah ini bukan hanya lisan tetapi langsung tertayang surat oleh Direktur ke setiap karyawan, jika tidak terima saja sangsinya nanti.

exclusive-3Sahabat pasti tahu alasan para pimpinan perusahaan menganjurkaan bahkan mewajibkan mengenakan  pakaian batik hari ini, ya karena hari ini adalah hari Batik dunia, seperti yang disinyalir dari pengakuan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menangani budaya, UNESCO, bahwa batik merupakan warisan budaya Indonesia.

Pengakuan UNESCO tersebut disampaikan pada 28 September lalu. Rencananya, UNESCO akan menyampaikan secara resmi batik sebagai warisan budaya Indonesia pada Tanggal 2 Oktober di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

“UNESCO saja mengakui batik sebagai kekayaan asli budaya bangsa Indonesia.  Kita sebagai bangsa Indonesia harusnya bangga dan semakin mencintai batik. Ini membuktikan bahwa batik merupakan warisan budaya kita. Bukan punya bangsa lain dan tidak bisa diklaim bangsa lain,” ujar Soetrisno dalam siara pers yang diterima Tempo, Rabu (30/9).

Ada saduran dan ungkapan dari berbagai pemberitaan tempointeraktif dot com dan presidensby dot info yang batavusqu sukai yaitu:

Masyarakat Indonesia mengetahui bahwa batik adalah kain tradisional, kaya akan nilai budaya, dan termasuk kerajinan tradisional yang turun temurun. Dalam merangkum penilaian terhadap batik, UNESCO mengajukan pertanyaan seperti apakah batik dihasilkan secara turun menurun itu berasal dari Indonesia. “Ditanyakan juga apakah pemerintah memberikan perlindungan terhadap batik itu. Apakah pemerintah melakukan safe guard terhadap batik. Untuk itulah pemerintah membuat suatu buku dan panduan pendidikan tentang batik yang disebarkan di sekolah-sekolah,” ujar Aburizal.

UNESCO juga menanyakan apakah Indonesia memiliki masyarakat batik, industri, pemakainya, budaya dan sejarahnya. “Berdasarkan itulah syukur Alhamdulillah, batik telah disetujui untuk menjadi satu warisan budaya tak benda warisan manusia dari UNESCO. Insya Allah peresmiannya akan dilaksanakan pada tanggal 28 September sampai 2 Oktober di Abu Dhabi. Kami sudah diberitahukan bahwa batik diakui sebagai satu warisan dunia yang dihasilkan dari bangsa Indonesia,” kata Aburizal.

Presiden SBY meminta kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009 nanti untuk menggunakan batik sebagai penghargaan terhadap batik itu sendiri. “Presiden menyampaikan untuk memelihara itu. Menbudpar juga mengatakan telah memberikan jaminan bahwa batik akan terus dibudayakan di Indonesia,” tambahnya.

Bangsa Kita patut berbangga dan lega karena hari in, 2 Oktober 2009, UNESCO akan mengukuhkan dan menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) di Prancis. Kebanggan bagi bangsa ini dan jangan sampai momen istimewa ini terlewat dan dilupakan begitu saja!ini merupakan suatu moment sejarah bangsa kita yang memiliki beragam kebudayaan yang termasyur didunia.

Karena teramat cintanya kepada batik sebagai budaya bangsa ini, penulis  mengganti avatarnya dengan busana kerja hari ini yaitu Batik dan tentunya tetap dengan ontel Batavus. dan sedikit penulis cuplik dari sumber yang sama bahwa; Beberapa waktu yang lalu malaysia sempat mengclaim bahwa batik adalah merupakan budaya bangsa malaysia yang sudah ada pada zaman kerajaan malaysia terdahulu. Dan raja-raja malaysia selalu menggunakan batik, corak batik yang di claim adalah corak golok rusak.

Mendengar berita batik indonesia akan di jadikan sebagai warisan budaya dunia menteri kebudayaan malaysia mengajukan protes kepada UNESCO ia mengatakan bahwa sebenarnya batik merupakan budaya malaysia yang sudah diugunakan sejak lama oleh para raja-raja di malaysia walaupun teknik dan cara pembuatan yang berbeda, bahkan singapura dan India juga memiliki batik walau namanya berbeda.

Kalau ditinjau dari sejarah telah tercatat dalam History of java karya thomas stanford raffles yang pada saat itu merefleksikan batik sebagai pakaian kebangsaan orang jawa/bangsawan jawa yang kala itu dijadikan sebagai pakaian resmi untuk upacara-upacara adat. Buku ini di karang pada tahun 17oo  pada saat rafles menjabat sebagai gubernur di tanah jawa.

Sebagai wujud kebanggan serta rasa syukur yang mendalam sejumlah daerah pada “Batik Day atau pada hari batik sedunia yang ditetapkan jatuh pada 2 Oktober ini Presiden telah menginstruksikan agar semua rakyat , pegawai negeri sipil dan pegawai di BUMN BUMD di seluruh indonesia untuk mengenakan pakaian batik selama tiga hari berturut-turut mulai dari tanggal 2 oktober. Bahkan sebelum ada informasi mengenai mengukuhkan batik Indonesia oleh UNESCO Pemkab Banyumas sudah melangkah lebih dulu dengan himbuan yang sama.

Bahkan wajib batik dikenakan tidak hanya pada Jumat tapi, Kamis, Jumat hingga Sabtu .”Dulu pakain batik hanya dikenakan pada Jumat namun sejak Oktober nanti PNS wajib selama tiga hari,” kata Kepala Humas Pemkab Banyumas Agus Nur Hadie.

Pada saat pengukuhan batik sebagai World Heritage, tidak hanya PNS, karyawan BUMD dan BUMN namun masyarakat umum serta pelajar SLTA juga dihimbau untuk mengenakan batik. “Kita sudah sosialisasikan melalui media, radio, kantor kecamatan sampai kelurahan/desa agar masyarakat juga menyambut Batik Day sebagai wujud kebanggaan terhadap warisan budaya,” jelasnya.

Hari ini, besok, lusa dan yang akan datang, kita bisa melihat bangsa malaysia akan gigit cari karena aksi atau program pemalingan budaya dari Indonesianya terkandas dan tidak berhasil dilaksanakan! tapi jangan senang dulu sebab banyak budaya kita yang perlu dipertahankan dari tangan jail Bangsa maling budaya Malaysia! Waspadalah…..waspadalah!!

Iklan

40 pemikiran pada “Memperingati Hari Batik Dunia

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    batik adalah salah satu kekayaan budaya bangsa kita. kalau Unesco saja bersedia mengakui sebagai warisan kekayaan dunia, kenapa kita enggan mengenakannya?
    Mari memakai pakaian batik!

  2. priendah

    mohon izin mampir akhi. afwan baru hari ini bisa mampir. BATIK memang salah satu kebudayaan kita. kenapa enggan memakai BATIK ? pastilah tidak. posting yang bagus akhi.

  3. hari ini pake patik dah…..

    HOTLINE
    GEMPA SUMATERA BARAT:0751 9824971 sd 9824980. FREE CALL

    Donasi Gempa Sumatera
    BCA KCU Thamrin No. Rek: 206.300668.8, atas nama Kantor Pusat PMI.
    Dan Lewat Bank Mandiri KCU Jakarta Krakatau Steel No. Rek: 070-00-0011601-7,
    atas nama Palang Merah Indonesia.


    Salam : Ruanghati.com

  4. Selamat sore Zipoer, baik untuk mengenalkan batik pada dalam Negri sendiri maupun Luar Negri, Jujur saya pribadi senang menggunakan batik selain enak dipakainya, dan kita dapat memilih corak-corak sesuai selera. Dan yang terpenting kita harus memberikan peluang yang sebasar-besar kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan ekonomi kerakyatan. Dapat berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi pada umumnya. Melalui batik kita turut serta mensosialisasikan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dilakukan melalui Pertumbuhan iklim usaha yang mendukung bagi pengembangan Koperasi dan UMKM dan pembinaan serta pengembangan Koperasi dan UMKM melalui kemitraan usaha, yang saat ini merupakan program prioritas masyarakat Kalteng. Terima kasih sharingnya Zipoer, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

    1. Bunda sekar, Usaha mikro dan menegah di daerah-daerah sudah semestinya diberikan penghargaan dari pemda setempat, karena jasa penjualannya telah menjadikan devisa tersendiri. terima kasih bunda sekar.

  5. mandor tempe

    batik memang tidak ada matinya, cocok didesaian baju model apa saja, asalkan bukan baju renang 🙂 . Semoga usaha seperti ini bisa bisa menempatkan Indonesia menjadi negara yang kaya akan kultur budaya asli.

  6. Bravo batik Indonesia.
    Kebetulan hari Jumat saya libur, tapi ke masjid shalat Jumat saya pakai batik. Bahkan saat ini , lagi koment, juga pakai batik.

    Sebaiknya naik ontel pun pakai batik Bang. Keren.

    Salam

  7. Hidup Batik Indonesia… Sekali lagi, HIDUP BATIK INDONESIA… Dari dulu semua orang, bahkan Dunia juga tau…kalau BATIK itu MILIK dan SENI BUDAYA INDONESIA…
    Salam hangat.. Salam damai selalu…

  8. Karena gempa….hari batik nasional menjadi sedikit tergerus.
    Namun, bagaimanapun kita dapat berjalan bersama-sama.
    Membesarkan batik, sekaligus membesarkan bantuan pada korban bencana.

  9. saya juga pake batik om kemaren..hehehe
    pertanyaanya udah berhasil di jawab oleh kang boed. Alhamdulillah..
    soalnya jujur saja saya juga gak bisa jawab..hehhe
    salam rimba raya lestari

  10. Memang sudah selayaknya kita memberikan apresiasi bagi hari batik dengan cara berpakaian batik. kita patut bersyukur, setelah melewati perjuangan yang tidak mudah, akhirnya batik diakui juga sebagai milik Indonesia oleh UNESCO.

    mudah-mudahan momen ini bisa dijadikan sebagai titik awal untuk mempatenkan warisan budaya milik kita yang lainnya. agar tidak terjadi lagi insiden pencaplokan hak paten budaya kita oleh negeri orang lain.
    Hidup Batik Indonesia!
    Dijual Rumah

  11. Hidup batik Indonesia … siapa sih yang tidak cinta batik? Giliran budaya lain di Indonesia kita lestarikan : kain songket, tenun, dan budaya-budaya lain di seluruh nusantara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s