Weekend yang menyegarkan

Senin, 19 Oktober 2009

Pemirsa dan sahabat Batavusqu yang berbahagia..

Kerasukan Award persahabatan berlangsung cukup lama ± 40 jam, dengan menghasilkan 91 komentar, 2 spam dan wara-wiri pengunjung hingga 580 sahabat, lumayan untuk modal penilaian tante alexa yang baik hati. Pada postingan kali ini, perkenankan penulis menyajikan serangkaian kegiatan yang penulis lakukan bersama batavus dalam mengisi liburan minggu ini. Diawali dari 2 undangan yang penulis terima, sebagai salah satu punggawa di komunitas ontel DeFOC penulis menyambangi dua kegiatan yang cukup berkesan.

Tidak terasa jam telah menunjukkan pukul 05.50 pagi, batavusqu telah siap meluncur menuju basecamp DeFOC di halaman kantor Walikota Depok untuk bergabung dengan para punggawa  yang lainnya. Tepat pukul 06.00 batavusqu mulai meluncur menyelusuri jalan bunga raya,  kukusan raya, jl raya kukusan depok. Sepanjang perjalanan batavus menggelinding tanpa bising, tanpa asap,  tanpa bantuan mesin, yang ada hanya gowesan dengkul dan pengendalian roda.

Celingak celinguk sesekali penulis lakukan ketika berada di persimpangan jalan, khawatir ada bebek, kuda, kijang, dan binatang-binatang bertulang besi melintas dengan kecepatan diatas  40Km/jam. Dan juga menyapa para pejalan kaki yang telah beraktifitas.

Pukul 06.40 Batavusqu tiba di halaman kantor Walikota baru ada lima punggawa yang  menyambut batavusqu. Selanjutnya sambil menunggu punggawa yang lain penulis bercengrama dengan 5 ontelis yang telah hadir lebih awal. Perlahan hadir para punggawa dari berbagai penjuru Kota Depok. Keberangkatan mulai dilakukan setelah jam menunjukkan pukul 07.30 dengan tetap menginformasikan kepada punggawa yang terlambat untuk menuju langsung ke TKP.

Beriring roda-roda ontel menelusuri jalan Margonda raya terus menuju jl. Kartini dan berbelok ke kawasan kota kembang 24 roda berirama sama melaju dengan kecepatan sedang dan sedikit melaju pesat kala mendapati jalan menurun, diiringi dengan siulan punggawa slamet dan teriakan kecil seakan perjalanan begitu nikmat. Sekitar pukul 07.55 24 roda menepi di halaman istana punggawa Rahmat sebagai tuan rumah, yang hari itu beliau juga mengenakan seragam santai DeFOC. Ya hari ini punggawa Rahmat mengundang segenap punggawa untuk memberikan do’a restu karena anaknya yang kebetulan ontelis juga di DeFOC telah dikhitan Jum’at kemarin.

Cukup lama kami menikmati panorama kota kembang dengan sesekali mengunyah sajian-sajian kuliner karya raden ayu rahmat ±1½ jam. Matahari mulai menuju sudut 60° dari permukaan bumi, kami izin kembali ke kediaman masing-masing dengan menebar do’a semoga lekas sembuh ananda Reza agar minggu depan kau sudah aktif bersepeda.

Perlahan tapi pasti 32 roda deli work kembali menyisir sepanjang aspal dan beton menuju tempat peristirahatan dengan waktu relatip panjang ±2 jam perjalanan Batavusqu menggelinding tanpa meninggalkan polusi dan suara gaduh, yang ada sesekali lonceng khas ontel menyapa pengendara dan pejalan kaki. Jam menunjukkan pukul 11.30 batavusqu telah bertengger manis di kediamannya di kawasan srengseng sawah jakarta selatan.

Istirahatlah batavus kau telah melindungi panasnya kaki, kau telah melindungi lelahnya badan. Tanpa kau perjalanan tak akan indah. Esok kau harus kembali menemani perjalanan yang jauh lebih panjang, karena undangan minggu pagi batavusqu harus berada di Bundaran HI.

Selepas dhuhur penulis beristirahat siang dengan menyimpan kenangan kota kembang dan coretan kecil di selembar kertas, dengan senyum penulis tidur, sungguh hari yang cukup berkesan.

Minggu 18 Oktober 2009

Seperti hari sebelumnya penulis bangun dari mimpi kota kembang tepat pukul 04.30 juga karena lantunan azan yang menyusup gendang telinga, setelah melaksanakan sholat subuh dan berbenah diri sebelumnya, penulis mengeluarkan ontel kesayangannya untuk kembali di ceck_up dan sedikit diberi pelumas agar tetap vit, dan polesan kain halus sebagai pembersih debu. Persiapan telah dilakukan karena hari ini batavusqu harus berangkat lebih gelap, yakni pukul 05.00. Setelah mendapat izin dari keluarga lonceng ditowel pertanda batavusqu siap meluncur ke kota besar yaitu Bundaran HI karena hari ini negara tetangga KOBA (Komunitas Ontel BAtavia) merayakan hari jadinya yang ke empat. Sasaran pertama batavusqu tetap harus bergerak menuju Base Camp DeFOC untuk bergabung dengan punggawa lain. Tepat pukul 05.40 Batavusqu hadir menyemarakkan para ontelis yang sudah hadir lebih awal, karena kafilah DeFOC hari ini akan diberangkatkan tepat pukul 06.00. Tergopoh-gopoh memang saat harus merapikan pakaian seragam dan mengibarkan bendera kecil penyanding ontel. Pukul 06.00 tepat Raja DeFOC menyampaikan hal-hal yang wajib diikuti oleh para punggawa ada yang berupa titah ada yang berupa ajakan, selepas berdo’a bersama iringan, ontel bergerak sedang untuk menuju sasaran ke-2, yaitu stasiun kereta Depok Lama.  Setelah itu abdi dalam istana membeli 64 tiket yang diperuntukkan pada ontel dan ontelis/ta. (2 tiket untuk satu ontel dan pengendaranya)

3 menit sebelum KRL  tiba para ontelis/ta menyebar agar saat kereta datang posisi sudah berada di setiap pintu, sehingga tidak menganggu pemanfaat KRL yang lain. Alhamdulillah KRL telah menampung kami tepat pukul 06.42 dan kami harus tetap menjaga keseimbangan didesakan penumpang agar ontel tidak menggigit kaki-kaki penumpang lain, sesekali ada juga yang mengumpat, dan mencaci kami tetapi tetap kami terima dengan lapang karena kami sadar KRL milik bersama, maapkan sahabat, maapkan kami karena hanya dengan ini kami berkesempatan ke HI.

Estafe ke-3 para punggawa langsir di stasiun Manggarai, dengan tetap menebar senyum para punggawa lepas dari himpitan dalam KRL, kemudian kami kembali merapihkan perlengkapan dan atribut serta panji-panji DeFOC agar tetap tampil mempesona di stasiun, di jalan bahkan di negeri tetangga KOBA.

Perjalanan dilanjutkan menyusuri Manggarai, terus menuju Bundaran HI, wuih ternyata pesepeda dari berbagai kalangan dan jenis sepeda telah wara wiri di bundaran HI, laksana pasar, laksana terminal, dari jenis BMX, MTB, Relly sampai seli berseliweran di HI menikmati hari bebas kendaraan bermotor hingga pukul 10.00 nanti. Acara inti KOBA akan diselenggarakan di gedung Joeang 45. setelah melakukan khas negara KOBA untuk berjabat tangan riuh lonceng bahkan terompet bergema saat rute HI-Menteng dikibar, semarak dengan jenis sepeda apa saja untuk memeriahkan hari jadi ke-4 KOBA yang mempunyai basecamp bundaran HI setiap minggu pagi dan sabtu malam.

Iring-iringan ratusan sepeda menuju gedung Joeang sampai-sampai pengguna jalan yang lain harus antri untuk mempersilah pesepeda dan ontelis, hari itu rombongan KOBA  seakan pemilik jalan, menutup ½ badan jalan dan menutup persimpangan traffic light hingga seakan tak berfungsi, maap ya izinkan kami bergembira satu waktu ini saja.

Pakaian pakaian unik kembali tersaji dengan warna yang memgelitik tawa, bahkan jadi pelepas lelah selama 5 hari kerja. Keringat dan debu jakarta menyatu dengan ras kulit yang juga berbeda, menandakan hanya satu KOBA semoga tetap JAYA.

Agenda di awali dengan sambutan bang H. Chandra yang memegang setir harian KOBA, karena bang Jhon terlihat belum pulih. Gelora kata Merdeka bergema sesaat bang H. Chandra mengepalkan tangan dan berucap Merdeka. Ya 64 tahun kita bangga dengan kata itu. Selanjutnya bang Chandra juga akan melepas  keberangkatan tim 1 menuju solo goes langsung, karena solo akan melangsungkan sarasehan ontelis seIndonesia. Selamat Jalan tim 1 (14 orang)  semoga tak ada aral yang melintang. Tim 2 akan diberangkatkan Rabu ini menggunakan truk menuju solo, bagi sahabat yang berminat ikut masih dibuka pendaftarannya hingga esok dengan anggaran 130 ribu.

Selanjutnya acara yang diprotokoli oleh bang zuhdi, sampai kepada penyampaian kesan-kesan perwakilan junior dan senior tentang KOBA kini dan harapan mendatang. Perwakilan ontelis kebayoran sebagai junior mengacungkan jempol setinggi-tingginya karena keberhasilan KOBA yang masih berumur jagung telah menghimpun ratusan pesepeda tua. Kemudian perwakilan Menteng, dan diakhiri dengan senior OTOY, disela sela acara punggawa DeFOC menyampaikan souvenir kepada pengurus berupa bendera dan kaos seragam DeFOC. Hidup DeFOC partisipasimu menggoda. Sukses punggawa DeFOC dan Gasella jaktim, serta komunitas lain yang telah mendukung acara KOBA.

Pemirsa dan sahabat Batavusqu yang berbudi..

Weekend kali ini sungguh meninggalkan goresaan pena yang panjang, namun tidak semua harus disaji dalam ruang ini, semoga coretan ini membawa virus baru bersepeda bagi para sahabat tercinta, semoga dan  semoga.

Salam Takzim Batavusqu

Iklan

38 pemikiran pada “Weekend yang menyegarkan

  1. sedjatee

    salut banget sama om batavusqu… semoga om dan batavusqu-nya selalu sehat, mengarungi jalanan dalam kesederhanaan namun menjaga kebersihan udara dan lingkungan… sukses selalu para pengontel…. salam ontel…

    sedj

  2. Bisa kasih tips gak bang? Kenapa kalo kelamaan bersepeda onthel itu yang di selangkangan jadi “gringgingan” alias kesemutan. Gimana sih caranya biar enjoy n gak terganggu…

    1. wah, saya nggak pernah ya karena jok pelana saya pakai kulit, terus saya tidak pernah lupa pakai korset untuk menjaga agar tetap rilex. Mungkin kalau tips, kang Wardoyo pakai jok yang dilapis busa agar aeakan duduk disofa kang.

  3. sekarang sepeda onthel, jadi naik daun lagi ya, padahal beberapa waktu lalu sempat tdk dilirik, krn orang2 sibuk dgn sepeda jenis mountain bike dll.
    dulu, sewaktu masih di SMA, ada guru yg memaki sepeda onthel ini.
    salam.

  4. Selamat malam Zipoer berlibur sambil menaiki sepeda memang enjoy, sayapun suka bersepeda setiap sore hari, minimal keliling kompleks, manfaatnya sungguh dahsyat, olah raga jantung, kaki, perut paru-paru, wah pokoke hidup sehat. Olah raga terus untuk menjaga kesehatan tubuh, karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, bukan demikian Zipoer ? Terima kasih postingannya, Sukses untuk Zipoer.

    Regards, agnes sekar

  5. Ping-balik: Selamat Natal Tante Alexa « Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s