Masakan khas Jakarta, ala Batavusqu

Sabtu, 5 Desember 2009

Salam Takzim

Pemirsa dan sahabat batavusqu yang berbudi…

Biar memiliki rasa aman dan percaya diri untuk berkomentar di blog milik pakde Cholik, perkenankan batavusqu untuk membuat masakan khas Jakarta, ya Masakan khas Jakarta ala Batavusqu. Terus terang urusan masak memasak aqu jarang ikut campur dengan istriqu karena memang istriqu ngga suka kalau urusan dapur dipegang aqu. ya kalau urusan dapur paling aqu hanya boleh bantu merajang cabe, bawang atau lainnya yang berkaitan dengan proses perajangan he! itu pun hanya kadang-kadang, misalnya hari sabtu atau pas tanggalan merah. Tetapi pada hari Sabtu ini aqu meminta izin pleas kepada istriqu agar aqu diperbolehkan untuk memasak sendiri, dengan alasan yang masuk akal akhirnya istriqu berkenan. Halah kembali harus berurusan dengan banyak perempuan di warung, kusamber saja tempe, tahu, baso, telor puyuh dan seikat kangkung sebagai bahan dasar yang aqu ingat kemudian dengan uang 20000_an aku bayar, ahaa masih ada kembalian 2000. ya ya ya, bahan bahan pokok telah dapat, sementara cabe, bawang merah dan bawang putih istriqu selalu menyetoqnya di kulkas.

Sayuran, tahu, tempe, telor sebagai bahan dasar utama, masakan ini sudah ada, demikian juaga dengan bahan bumbu seperti cabe, bawang merah, bawang putih, garam dan masako sudah tertata rapih, dan sebagai pelengkap aqu siapin, minyak goreng dan tambahan bakso kesukaan si bungsu. hehehe dengan menggunakan penutup kepala ala gifsy aqu siap mencoba menu batavusqu + celotehan si bungsu lewat jepret-jepretnya.

  • Tahap pertama

  1. cuci sayuran, dan cabe, serta bawah merah dan bawang putih yang sudah dikupas
  2. Sayuran (kangkung) dipotes seukuran telunjuk, bagian batang dipencet-pencet biar lemes katanya  hehehe, bagian yang layu jangan dipake yahh
  3. cabe, bawang merah dan bawang putih dirajang kecil kecil, oh iya banyaknya cabe sesuai selera yahh, kalau bawang merah ±10 siung dan bawang putih cukup 3 siung aja
  4. tempe, tahu, dan ba’so dipotong kecil-kecil terserah mode nya
  5. kulit telor puyuh dibuang, he! sementara sibungsu tuh nyang ngupas kulit telur puyuh
  6. nah secara batavusqu inilah hasil lengkap pada tahap pertama
Preteli kangkung

Iris bawang merah, bawang putih dan cabe

Potong Tempe, Tahu dan Baso
Hasil akhir tahap 1
  • Tahap kedua

  1. Siapkan minyak ke dalam wajan diatas kompor kemudian nyalakan kompor, tunggu sampai minyak goreng panas.
  2. Masukkan tahu sampai ±5 menit, kemudian tempe diaduk pelan sampai ½ matang.
  3. Angkat tahu dan tempe dari wajan

  • Tahap ketiga

  1. Dengan tidak merubah wajan dan minyak yang masih ada, masukkan bawang merah dan bawang putih, digoreng hingga warnanya agak sedikit menguning.
  2. kemudian masukkan cabe yang sudah dirajang, dan dioseng bersama bawang.
  3. Masukkan masako, garam dan sasa kedalam wajan, he! jangan lupa diaduk-aduk biar bercampur dengan osengan cabe bawang, setelah itu masukkan air ± 100ml, aduk kembali dan tunggu hingga ± 2 menit, kemudian masukkan tahu, tempe, telor dan baso, aduk kembali biar merata antara bumbu, dan tahu, tempe, telor, baso. Biarkan sampai airnya mendidih.
  4. Masukkan kangkung yang telah ditiriskan ke dalam wajan, nah setelah itu diaduk sampai merata selama ± 10 menit he! awas jangan sampai ditinggal, nanti sayuran kering (goconk).
  5. Matikan kompor, kemudian angkat wajan dan tempatkan masakan ke wadah yang cukup, (biar ga tumpah bro)
  6. Nah siap deh disajikan, lumayan buat pesta hari sabtu hehehe bersama keluarga
  7. Tinggal nunggu pujian deh

yayaya, masakan ini belum tahu namanya tetapi karena suatu persyaratan dari pakde bahwa masakan itu harus diberi nama, ya ya ya Tumis  KaTemorBaHu adalah nama dari masakan ini he!. Didasari dari bahannya Kangkung Tempe Telor Baso dan Tahu. Buat para dewan juri nikmati sensasi pedas dan gurihnya.

Inilah Tumis KaTemorBaHu

Demikian dijamin halal, tersaji karena bukti kasih sayang aqu dan keluarga serta Batavusqu tentunya.

Masakan ini batavusqu coba untuk dinilai oleh Pakde yang sedang menggelar acara spektakuler khusus untuk kaum pria sebagai dedikasi di hari ibu, karena jasanya demikian besar dalam kehidupan.

Rasakan sensasi pedasnya pakde

Salam Takzim Batavusqu.

Iklan

132 pemikiran pada “Masakan khas Jakarta, ala Batavusqu

  1. Wow, bangun tidur siang langsung kemari, hmmmm baunya sadap benar mas. Penyajiannya juga cakep dan merangsang saya untuk segera mengambil piring.
    Terima kasih mas. Kerja kerasnya saya acungin jempol.
    Apapun bisa kita lakukan dengan cinta, bukan
    Saya catat sebagai peserta dan akan segera saya perkenalkan kepada khalayak rame.
    Salam hangat dari Surabaya

    1. Hadooh, aromanya nyampe sana pakde, wah nggak usah repot-repot ngelink deh, terima kasih pakde tersaji untuk yang terkasih para narablog penyemarak batavusqu

  2. hahahaaa.. akhirnya setor masakan juga yah..
    hebat.. hebat.. tekun banget dikerjain sendiri semuanya dari A-Z kecuali ngupas telur puyuh.. xixixiii..

    karna peserta nya ga banyak, Tumis KaTemOr BaHu ini pasti dapet tali asih dari Pakde..
    slamat yaaaaa

  3. Hummmmm….Yummmy, Pak.
    Hijau campur manis n pedas sepertinya enak tuuh, Pak. Waduh, gimana cara nyicipnya ya….Buat yang jadi juri, PakDe….jadi ngiri nih….
    Tampilannya juga memikat, sepertinya PakDe terpesona tuh dengan masakan Bapak. Ibu di rumah pun senyum,pastinya….
    😛

  4. Siti Fatimah Ahmad

    Assalaamu’alaikum Kang Zipoer7

    Alhamdulullah… aduuhh.. patutlah sedari tadi saya tercium bauan hidangan yang lazat di kamar saya di Malaysia… rupanya mimpi saya membawa ke mari. Yap…

    Walaupun tidak dilantik sebagai juri oleh Pakde Cholik. Saya di lantik tetap oleh anggota keluarga saya sebagai Chef Profesional dengan gelaran CHEF TWO sesudah CHEF ONE (Ridwan- Chef no.1 di Malaysia). berbekalkan kanta pembesar yang ada di mata saya (kok foto-fotonya jauh banget ya) ternyata anda telah menuruti segala langkah-langkah memasak dengan tertib (begitulah hendaknya)..dan pastinya harus ada penutup kepala agar tiada sisa-disa terbuang dari kepala yang masuk campur untuk “menyedapkan” rasa masakan.

    Ternyata segala ramuannya sungguh menyihatkan seperti kangkung (penambah darah), tempe dan tahu (ada protein), telur ( ada apa ya.. he..he.. lupa) dan baso (maaf saya tidak tahu jenis makanan ini.. mungkin seperti bebola ikan – di Malaysia).. Ia lengkap dengan nutrimen yang menyihatkan. Lagi menyelera bila hindangannya dihias sebegitu indah…baunya sedap dan meng”liur”kan. Tambahan namanya sungguh kreatif “Tumis KaTemorBaHu”. Anda hebat Kang Zipoer7. TANHIAH!

    Salam mesra dan salam hangat dari Malaysia.

  5. Siti Fatimah Ahmad

    Teringin untuk merasainya sebagai menghargai usaha Kang Zipoer7. Tahniah buat Kang Zioper7 dan juga Pakde Cholik kerana telah mengangkat martabat kaum pria untuk menghargai kaum hawa. oohhh.. alangkah indahnya kami dihargai sedemikian. Slam mesra selalu.

    1. Bunda-bunda sangat berharga dan bermartabat, sudah selayaknya ini dilakukan demi harkat dan martabat insan yang paling berperan dalam kehidupan rumah tangga bun

  6. Dangstars

    Saya pingin coba resepnya Om..
    Tetapi kayanya syarat yang masak harus pake ikat kepala,,gimana kalo gak pake..
    Boleh kan..?

    1. karena ini sangat mudah kang, dan bahan-bahannya juga ga sulit mendapatkannya. he! beda rasa karena beda bumubunya kang, bisa juga ditambah sedikit gula biar manis, semanis batavusqu hehehehe

  7. Semoga semakin rajin masak, biar sang istri tercinta terbantu. Dan bisa merasakan betapa beratnya menjadi juru masak rumah tangga.
    Hebat Bang, sudah punya modal utama untuk buka resto.
    Selamat jadi juara.
    Salam

  8. kunjungan malam,
    wah makin rame ya.. ntar kalau bikin lagi tolong kasih tau ya Pak.. he he, btw .. saya suka sama cabe jepang itu loh Pak, doyan pedas soalnya..

  9. mytemporarykitchen

    mantaffffff tumisannya, looks so yummy… mantaf jugah step by stepnyah hehehe… 😀
    tapi ada yang bikin sedih niiii… tar kalo menang gag jadi share hadiah 80-20 doooong…hiks hiks hiks…. 😛

  10. Selamat siang Zipoer, wah rupanya Zipoer suka juga memasak ya, bagus idenya mau saya tiru, karena bahanya halal dan sayur kangkung kesukaan saya. Zipoer masakannya sudah diikut sertakan ke karnavalnya Pak De kah ? bisa-dapat juara satu, melihat variasinya bergizi, dan penyajiannya apik dan yang terpenting yang memasaknya baik hati Bukan begitu Zipoer ? Terima kasih postingannya, Sukses untuk Zipoer.

    Regards, agnes sekar

    1. Wah Bunda Agnes hadir juga nih, silahkan dicicipi kangkung itu bisa menambah darah juga katanya, kalau kurang pedas, busa ditambah cabenya juga kok.
      Terima kasih atas pujian yang diberikan memang itu yang sedang ditunggu, semakin banyak pujian semakin memberi semangat untuk menulis

  11. Siti Fatimah Ahmad

    Assalaamu’alaikum

    Sahabat dirai dan dijemput ke Laman Menulis Gaya Sendiri untuk menerima AWARD PERSAHABATAN – YOU’RE A GREAT BLOGGER sempena ULANG TAHUN PERTAMA laman saya. Salam mesra dari Port Dickson, Negeri Sembilan, Malaysia.

    SITI FATIMAH AHMAD

    # juga sahabat yang pernah berkomentar di laman saya dan melihat iklan ini, bimbang saya tidak sempat ke laman sahabat pula kerana terlalu ramainya.. 😀

  12. sedjatee

    suguhan yang mantap Mister… untuk postingan ini memang luar biasa, langsung melejit level komentarnya… maklumlah, yang berkaitan dengan citarasa memang sangat menggugah selera… sedap dan lezat Mister… salam sukses…

    sedj

  13. Ping-balik: Sambil Menyelam Minum Air « Batavusqu

  14. Saya do’akan mudah2an jadi juara. Insya Allah nanti saya ikutan vote di blognya pakde cholik. Hehe…
    Udah lengkap smuanya ada: masakan yang menyehatkan (conteng), kasih sayang (conteng), narsisme (conteng) hehe…pisss…
    :mrgreen:

  15. Ping-balik: Manfaatkan Otak Kanan Yukk! « Batavusqu

  16. Ping-balik: Aktivitas Minggu Pagi « Batavusqu

  17. Ping-balik: Upacara Adat Rambu Solo « Batavusqu

  18. Ping-balik: Studi: Tak Perlu Pemanasan Sebelum Lari :: Gosip Artis Hari Ini | Gosip Artis Terkini | Gosip Artis Terbaru

  19. Ping-balik: Pir Bikin Tubuh Ramping :: Gosip Artis Hari Ini | Gosip Artis Terkini | Gosip Artis Terbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s