Manfaatkan Otak Kanan Yukk!

Sabtu, 12 Desember 2009

Salam Takzim

Pembaca dan Sahabat Batavusqu yang berbudi..

Analogi otak kanan menurut berbagai sumber adalah

menggunakan perasaan

Tanpa sadar kala kita melihat ada bencana atau musibah, muncul perasaan yang berkecamuk, ada sedih dan ada pula yang bisa langsung menitikkan air mata. Hal ini hanya otak kanan yang menjadikan perasaan iba itu muncul

berorientasi pada hal pokok/garis besar

Sering pula kita tersedak dalam suatu konsteks pokok permasalahan sehingga suka larut dalam permasalahan yang ada yang pada akhirnya banyak waktu yang terbuang

berdasar pada imajinasi

Suatu karya akan muncul dari otak kanan karena sesuatu imajinasi memang hanya otak kanan yang mendasari sebuah karya

simbol dan gambar

Lebih senang mendefinisikan simbol menjadi sebuah karya dan mencerna gambar menjadi hayalan dan angan-angan

masa kini dan masa depan

Kecendrungan untuk menerawang masa depan dari filosofi masa kini

filosofi dan agama

Otak kanan juga membuat Karakter kepribadian yang dianut didasari dari filosofi pendahulu yang lebih banyak kultur agamis

dapat “mengerti” (can “get it” (i.e. meaning))

Otak kanan tidak pernah mengajarkan egois, dia lebih sering dapat memaklumi rivalnya dalam segala kondisi

percaya

Otak kanan juga tidak pernah mengajari curiga kepada orang lain, sejelek apapun orang itu yah seperti yang diajarkan dari agama tentang khusnuzhon

menghargai

Otak kanan juga mengajak kita untuk menghargai segala hasil karya orang lain, walaupun hasil karya itu dibawah hasil karya kita

berwawasan pada tata ruang (spatial perception)

Dalam segala pengaturan seni dan arsitektur interior maupun exterior otak kanan jauh lebih menyempurnakan hasil sebuah rancangan tata ruang

mengetahui fungsi obyek

Dalam segala hal otak kanan lebih sensitif terhadap prilaku obyek yang dijadikan sebagai bahan penelitian, baik dalam hal fungsi dan gerak obyek tersebut.

berdasarkan pada imajinasi/fantasi

Segala hasil karya dari seluruh manusia otak kanan lebih mengedepankan pikiran-pikiran fantasi sehingga terkadang ga mungkin tetapi setelah dipadukan menjadi mungkin

menyajikan kemungkinan

Dalam proses pencarian solusi otak kanan juga lebih cepat, walaupun tersaji dalam beberapa kemungkinan yang bisa diambil, agar dapat menyelesaikan suatu kasus.

nafsu

Nah ini yang paling ditunggu, karena kehebatan Otak kanan nafsu terhadap lawan jenis dan nafsu akibat geregetan atau nafsu melihat makanan dan hal lain yang berkaitan dengan nafsu otak kananlah yang memulainya.

Otak kanan juga akan terus bekerja apabila kita sering melakukan BlogWalking ke rumah para sahabat di dunia maya, terkadang ada insprasi yang muncul untuk menulis, seperti narablog yang berasal dari negeri Malaysia Ibunda Siti Fatimah Ahmad beliau lebih cepat menyusun disertasinya karena sering mendapat semangat dari sahabat di blognya. Juga otak kanan akan segera merespek manakala kita bertandang ke blog  sahabat seperti PPC yang sedang digelar oleh Pakde Cholik dan juga Superman Show ala MbahKung serta acara yang digelar oleh Pak Guskar dalam judul Minum Teh bersama Ibu, juga merupakan hasil kreasi otak kanan dalam mengenang hari Ibu di Bulan Desember

Kesimpulannya Blog bagi saya adalah sebagai mesin canggih untuk menghidupkan otak kanan. Karenanya lewat artikel kang Yayat di Leysbook dengan judul manfaat blog menurut anda saya coba mengetengahkan postingan ini.

Sumber spesial thepadi.com

Nah berikut adalah sebagian referensi dari otak kanan saya :

Lihat Arsip Saya

Lihat Surat Saya
Lihat Puisi Saya
Lihat Gurindam Saya

Lihat Masakan Saya
Lihat Gaya Saya
Lihat Keluarga Saya

Salam Takzim Batavusqu…

Iklan

134 pemikiran pada “Manfaatkan Otak Kanan Yukk!

  1. Siti Fatimah Ahmad

    Assalaamu’alaikum

    Apa khabar Kang Zipoer7 ? Tidak rugi rasanya berjaga sehingga dini hari kerana menyediakan slaid bagi pembentangan kertas kerja saya di World Conference On Muslim Education yang tinggal beberapa hari lagi kerana masukan ‘pinkback” dari Kang Zipoer7 ini.

    Alhamdulillah, semangat saya semakin memuncak dan terdorong untuk melakukan yang terbaik buat sajian minda para audien dan partisipan yang datang dari seluruh dunia pendidikan. Mudahan hasil dapatan sebahagian dari tesis saya akan dapat dimanfaatkan oleh semua peserta pendidik dari luar negara.

    Terima kasih kerana menghargai usaha saya dan semoga semuanya mendapat manfaat. Hanya kepada Allah swt saya pohon kebaikan buat Kang Zipoer7 dan sahabat yang lain kerana menggerakkan semangat juang untuk terus menimba ilmu walau umur semakin beranjak jauh ke depan.

    Salam hormat dan salam manis selalu dari saya di UKM, Bangi, Malaysia.

    1. Waalaikum Salam Bunda maap yah mengganggu waktu istirahat bunda, untung saja bunda tidak kaget dikirim trackback dari batavusqu, he! kalau kaget bunda pasti marah

      1. Siti Fatimah Ahmad

        Alhamdulillah, tidak mengganggu waktu saya.. tidak juga marah.. he..he.. jarang marah ni.. malah gembira dimaklumi oleh Kang Zipoer7 tentang perihal otak kanan yang hebat ini. membaca tulisan tersebut telah menghilangkan rasa mengantuk yang mulai membuat saya mahu tidur sebelum usai tugasannya..

  2. citromduro

    mantap kang
    gaya tulisan dan bahasa serta ulasan yang bagus ditambah pingback yang langsung dapaat respon
    mangstabs kang zipoer

  3. lebih keren tingkatin pake Otak tengah….dimana nantinya kita bisa melihat dan melakukan apapun walaupun ditutup mata kita. ada tuh tempat lesnya di JKT.

  4. Penyajian yang lain dari pada yang lain Mas. Di luar dugaan saya tinjauan manfaat ngeblog yang dipaparkan sama Mas Batavusqu ini.
    Terima kasih sekali atas partisipasinya. Saat ini tercatat sebagai peserta ketiga.
    Salam sukses selalu 🙂

  5. Dangstars

    Otak kanan sama otak udang beda ya om…? 😛
    Apalagi kalo makan sop kepala sapi ,waw itu otajnya pasti mantep 😀 😀
    Btw,terimakasih atas artikelnya,,tepat saat suasana liburan,sebagai pencerahan..

    1. Otak Kanan beda sama otak udang kang, tetapi kalau bagi kita para narablog otak kanan = otak udang, yang suka melawak hahahaha
      Belajar dari Ban ternyata Ban juga salah satu penentu jiwa juga ya kang, agar liburan menyenangkan saya periksa deli work saya ah
      Terima kasih kang sudah hadir dan memberi warna pada otak Kanan saya

  6. jiaha..ha..ha.. saya demen nih dng bahasan berat tp disajikan dengan super ringan seperti ini.. membuat para membaca mudah memahami apa itu fungsi dan kelebihan otak kanan kita.
    otak kanan dan kiri klo seimbang dimanfaatkan akan membuat hidup ini jauh lebih indah 😀

  7. bri

    salam soree om zipoer
    apakabarnya om..semoga sehat selalu..amin
    goes goes goes^^…bike too work tapi classic tetep asik
    komunitas nya dijakarta kan bkn om??
    bri boleh main..tapi kok gk ada nak muda nya om…
    waaahh

  8. miss tary

    ass. pak, saya jadi inget guru saya waktu SMA selalu ngejelasin ttg otak kanan,krn saya nggk pernah nyimak dg jelas jadi kurang ngeh, setelah baca postingan ini saya baru ngerti.

  9. Ping-balik: Peserta Kemeriahan di Leysbook | arkasala(dot)com

  10. Nice info Bang …
    Tapi lebih baik lagi jika punya kemampuan memanage otak kanan dan kiri. Jika ada orang yang cerdas di otak kanannya, itu berarti logika dan matematikanya bagus, kalo otak kirinya hebat, berarti kemampuan seni bahasanya tinggi.
    Gabungan keduanya menghasilkan pribadi yang jenius!
    Salam kenal …

    Saya, Abied, dari sebuah tempat paling indah di dunia :mrgreen:
    Salam …

  11. yusupman

    selamat malaem…bahasannya benar2 OK nich pak.Keseimbangan otak akan balance kalo antara kiri dan kanan otak kita di gunakan sesuai proporsinya ya Pak,..sory jarang nengok nich…

  12. RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  13. Ping-balik: Tanda Mata Meraih Kenikmatan Ibadah | AbulaMedia.com

  14. salam takzim Kang Zip
    otak kanan dan kiriku haruslah berimbang dan memang pernah saya uji dengan cara sederhana ada arah keseimbangan itu, maka saya menyukai ilmu-ilmu pasti juga sekaligus mencintai puisi dan narasi (sastra)

  15. kakaakin

    Menyapa Pak Zipoer di padi Minggu…
    Karena malas jogging mending blogwalking aja… 🙂

    Saya memang masih perlu latihan memanfaatkan otak saya, pada kedua sisinya… :mrgreen:

  16. mantap kang zipoer infonya, bener banget denagn ngeblog otak saya yang hampir demensia mengalami kecenderungan tidak selalu lupa, dengan cara inipun otak kanan kita dilatih rupanya

  17. Selamat pagi Zipoer, senantiasa mengasah otak adalah baik, melakukan hal yang positif hasilnyapun positif. Banyak hal yang dapat kita petik dari kebiasaan ngeblog, karena dengan ngeblog selalu berpikir ketika kita berpikir tidak ada waktu lagi memikirkan hal-hal lain yang tidak perlu, sehingga hidup menjadi berkualitas dan bermakna. Terus menulis Zipoer karena dengan menulis akan membuat kita menjadi 10 tahun lebih muda dari umur yang sebenarnya. Terima kasih postingannya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  18. adityahadi

    hoo, jadi menggilanya kutu terhadap dunia blogging itu karena otak kanan kutu yah, atau malah kebalik, blog lah yang memancing otak kanan kutu untuk keluar, hee … salam hangat mas

  19. Blm bisa tidur …. nitip salam aja sama Kang Zipoer serambi eee maaf sembari cek otak kanan masih fungsi apa gak wakakak…..
    Kalau saya suka main piano/musik biar otak kanan gak cepat karatan heee disamping ngeblog dan ngegame

  20. Ping-balik: Aktivitas Minggu Pagi « Batavusqu

  21. Ping-balik: Peserta Kemeriahan di Leysbook, Manfaat Blog untuk Anda !!! « Leysbook's Blog

  22. Ping-balik: Ritual Puasa Senin Kamis 2 (end) « Batavusqu

  23. Ping-balik: Ritual Puasa Senin Kamis 2 « Batavusqu

  24. Ping-balik: Para Nominator Artikel Terbaik dan Terunik « Leysbook's Blog

  25. Ping-balik: Artikel Terbaik dan Terunik « Leysbook's Blog

  26. Ping-balik: Artikel Terunik Pertama Leysbook « Batavusqu

  27. Ping-balik: Artikel Terunik Pertama Di Leysbook « Batavusqu

  28. Ping-balik: Hadiah Terunik Akhirnya Terbit « Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s