Wisata Kuliner Khas Makassar 3 (end)

Kamis, 4 Maret 2010

Salam Takzim

Pembaca dan Sahabat Batavusqu yang berbudi.

Postingan wisata kuliner khas Makassar 3 ini merupakan postingan terakhir yang dapat saya sampaikan, karena waktu bertugas di Makassar hanya berlangsung 12 hari saja. Sesempat badan untuk menikmati kota Makassar berselang hanya 4 hari saja yaitu Sabtu dan Minggu sehingga sangat sangat sedikit untuk menyaji seluruh masakan dan minuman yang ada di sana.
Sebagai sajian terakhir yang pernah saya nikmati
langsung dikota Makassar adalah palumara, es pisang ijo, dan  ikan bakar rica-rica .

Palumara

Bahan-bahan:

  • Satu ekor ikan ukuran 1 kg
  • Air putih 600 ml
  • Kunyit (bubuk) ½ sdt
  • Garam secukupnya
  • Sereh 2 batang
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 4 siung
  • Cabe Hijau 2 biji
  • Cabe Merah 5 biji
  • Daun Salam, Asam Jawa dan bumbu penyedap Secukupnya sesuai selera

Cara membuatnya :
Pilihlah ikan segar. Jenis ikan yang digunakan bisa ikan bawal, kakap maupun bandeng. Bersihkan sisik ikan, cuci hingga bersih Potong ikan jadi 2-3 bagian Campurkan air dengan kunyit bubuk, garam, asam jawa, dan bumbu penyedap. Aduk hingga rata. Iris cabe merah, bawang putih, dan bawang merah. Goreng cabe merah, bawang putih, dan bawang merah. Masukkan sereh hingga hingga tercium aroma harum. Masukkan juga ikan kemudian disusul dengan laruran air asam jawa. Masak secara bersama selama kurang lebih5-7 menit. Sajian siap untuk dinikmati.

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Bahan-bahan:

  • 2 lembar daun suji
  • 1 buah pisang kepok
  • 150 gram tepung beras
  • 150 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • Sirup khas Makassar (cap pisang ambon)
  • Susu kental manis

Cara membuat:

  1. Rebus pisang kepok sampai matang.
  2. Daun suji ditumbuk, beri sedikit air lalu diperas (ambil warnanya)
  3. Campur tepung beras dan terigu salam air mendidih, aduk-aduk sampai mengental.
  4. Masukkan air suji, aduk rata lalu dinginkan.
  5. Ambil pisang kepok yang sudah direbus, kemudian masukkan dalam adonan di atas lalu bentuk seperti seperti pisang ambon. Kukus sampai matang.
  6. Untuk bubur sumsum: Tepung beras dan tepung terigu campur bersama gula pasir dan sedikit air, lalu aduk-aduk sampai mengental.

Cara menyajikan:
Susun pisang ijo dan bubur sumsum dalam mangkuk/gelas tambahkan es batu, sirup khas Makassar dan susu kental manis.

Sumber: Paras/No.42/Tahun IV/Maret 2007 (gambar dan resep)

Pertama kali saya nikmati 2 kuliner ini pada saat hari ketiga bertugas di makassar dengan seorang sahabat yang kebetulan tinggal didaerah ini.

Masakan yang paling akhir yang saya nikmati adalah ikan bakar rica-rica, disaji bersama saat malam akhi di Makassar di pinggir pantai Losari, Inilah sajian ikan bakar tersebut.

Ikan Bakar Rica-rica

Bahan-bahan:

  • ikan bakar ricarica1 ekor ikan bandeng
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang serai
  • 2 ruas lengkuas
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit

Bumbu Bakar

Jeruk 2 buah (ambil airnya)
Kecap asin secukupnya

Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan bandeng, lalu olesi bumbu bakar yang telah dicampur sebelumnya. Kemudian dibakar hingga kering, lalu sisihkan.
  2. Haluskan bahan bumbu, lalu tumis hingga harum dan matang.
  3. Siram tumisan bumbu di atas ikan bakar tersebut sampai rata.
  4. Siap disajikan denga ditambahkan irisan mangga muda.

Sumber: Paras/No.42/Tahun IV/Maret 2007 (gambar dan resep)

Sebenarnya masih banyak masakan khas kota ini, namun tidak semua dapat saya cicipi, karena keterbatasan waktu, Insya Allah kalau ada waktu dan tugas yang sama, saya akan cicipi yang tertinggal itu. Sajian disampaikan seperti biasa bukan untuk dipuji apalagi dihina, namun hanya untuk dinikmati, 3 Artikel tentang Wisata Kuliner Khas Makassarr ini disadur dari sumber sumber buku yang dimiliki oleh istri sendiri.

—————————————————————————————————————————————-

Salam Takzim Batavusqu

|warisan Telukabessy|1 Suro di Cirebon||1 Suro di Tuban|Kado|Gunung Kemukus|Rambu Solo|Hari Ibu|Ritual Ngaben|Ritual Gimbal|Natal|Natal Tante Alexa|Zipoer7 VS Batavusqu|Tradisi Bayi Turun Tanah 1|Tradisi Bayi Turun Tanah 2|Tradisi Bayi Turun Tanah 3|Tradisi Bayi Turun Tanah 4||Tradisi Bayi Turun Tanah 5|Ada kutu di WordPress|Kutu Bikin Gatel|9 Hari Pertama|Pengantar Puasa Senin Kamis|Ritual Puasa Senin Kamis 1|Ritual Puasa Senin Kamis 2|Ritual Puasa Senin Kamis 3 (habis)|KutuBacaBuku Di Batavusqu|Informasi Senjata Gratisss|Golok bukan Go! Blog|Kujang; Ajimat Raja Pasundan|Artikel Terunik Pertama Di Leysbook|Rencong Milik Aceh|Kode Etik Blogger|Celurit di mata Carok|Hadiah Terunik akhirnya Terbit|Ceria bersama si bungsu|Gerbang Baru Mulai Terbuka|Kemeriahan Humberqu|Berburu dengan Sumpit|Humberqu jilid 1|3 hari yang tertinggal|Jambore bersama Bhirawa|Risalah Untuk Rusma|Humberqu Jilid 2|Ayoo olah raga|Aruh Baharin 1|Aruh Baharin 2|Nilai Budaya Makassar 1|Nilai Budaya Makassar 2| Peringatan Maulid Nabi|Nilai Budaya Makassar 3|Wisata Kuliner 1|Wisata Kuliner 2|

About these ads

Tentang Batavusqu

in 1968 when a figure sprang Warning Isro Mi'raj this man.
Tulisan ini dipublikasikan di Aktivitas, Kuliner dan tag , , , , . Tandai permalink.

38 Balasan ke Wisata Kuliner Khas Makassar 3 (end)

  1. Bang Iwan berkata:

    Kebetulan baru sarapan nih pake Pallumara sisa semalam

  2. Bang Iwan berkata:

    Selamat pagi Kang… selamat beraktifitas.

    Moga sehat dan sukses selalu.

  3. nuansa pena berkata:

    Kelihatan enak sekali, lain kali harus makan ini, resep copy untuk isteri!

  4. nuances pen berkata:

    Ikan bakar rica-rica, cocok buat sarapan! pernah coba enak sekali!

  5. munir ardi berkata:

    ikutan makan tapi cuma mau es pisang ijo kayaknya kalau pallumara keberatan kalau pagi-pagi, eh tapi kalau pisang ijo kan masih kepagian

  6. ningrum berkata:

    enak ya pak isro, jalan-jalan sambil menikmati kuliner setempat :D

  7. suzannita berkata:

    ngiler mas… siang – siang gini, padahal tadi udah makan siang sih hehehhehe :D

  8. citromduro berkata:

    nah ini namanya mantab lagi tugas dapat resep baru
    jadi ngiler ni bacanya

  9. Hariez berkata:

    hmm…sedap dan menggiurkan :oop: izin copy resep nya :D

    selamat malam & selamat beristirahat

    -salam hangat-

  10. endang kusman berkata:

    Hallo dik Zifoer lama gga ketemu …
    Saya dah jarang blogging di inspirasi & informasi, maklum sekarang saya sedang belajar bagai mana agar punya banyak situs yang bisa menghasilkan uang… untuk bekal mpensiun nanti… kalau diberi panjang usia.
    Salam sukses.

  11. BlogCamp berkata:

    Selamat siang sahabatku
    Semoga anda hari ini lebih baik dari kemarin
    Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat.

    Selain itu memberitahukan bahwa managemen BlogCamp Group dengan bangga mengundang sahabat untuk mengikuti acara SupermanShow dengan tali asih yang menarik dan bermanfaat. Silahkan bergabung di http://abdulcholik.com/2010/03/05/supermanshow-aksi-dan-kreasi/

    Terima kasih, selamat menikmati malam panjang bersama orantg-orang tercinta.
    Salam hangat dari Surabaya

  12. Rita Susanti berkata:

    Wuiih Pak!, itu hidangannya sangat menggoda selera, mana saya lagi laper nih, jadi pengen ikan bakar rica-rica itu pak:)…

  13. Abula berkata:

    sedaap-sedaap nih tampaknya…

    Salam Hangat Selalu

  14. dasir berkata:

    Wah koki restorannya di interogratis ya kang, sampai sedetil itu, hehe salam

  15. HarisAhmad berkata:

    bikin ane ngiler nih bang
    muanteb, panas panas makan es pisang ijo :D

  16. Ruang Hati berkata:

    enak kang ikannya

    Tak terasa waktu terus berjalan, detik demi detik kita lalui, posting demi posting kita karyakan, komen demi komen kita sapakan pada sabahat, tak terasa semua cepat sekali berlalu. rasanya baru kemarin akhir pekan, sekarang sudah akhir pekan. Apa yang sudah kita peroleh dipekan ini?

    Datang menyapa sobat tercinta di akhir pekan ini sembari berharap kesejahteraan dan kedamaian penuh cinta kasih serta kebahagiaan menyertai seluruh sobat beserta keluarga tercinta.

    Salam hangat selalu dari ruang hati terdalam buat kang Poer sekeluarga

    ruanghati.com

  17. mandor tempe berkata:

    ini postingan penutup yang mantap. membacanya langsung mbikin saya laper :) kalau saya nyoba di dapur sendiri kira-kira berhasil gak yaa ?

  18. jiwasukses berkata:

    salampenuh jiwasukses……….

    Wa..wah….mantabs……….Tuh wisata kulinerrnya……….bikin Ngiler ajah hehehhehehehe
    http://jiwasukses.wordpress.com

  19. Blogger Terpanas berkata:

    waduh…jadi lapar lagi nih…gara – gara liat kuliner di sini hehe…..makan lagi ah….

  20. bundadontworry berkata:

    lagi lagi minta izin utk copas resep2 ini ya Mas Isro.
    terima kasih utk perkenannya.
    salam hangat tuk keluarga.
    semoga selalu sehat.
    salam.

  21. Ruang Hati berkata:

    selamat hari minggu ya, apa minggu ini ngontel lagi kang?

  22. melianaaryuni berkata:

    Liat tampilannya waduh ga kuat….

  23. Yusupman berkata:

    Met siang menjelang sore,..Menu makan yg benar2 mngundang selera nich boz,..jd pngn makan

  24. kakaakin berkata:

    Oh iya, saya ingat syrup cap pisang ambon itu… khas makasar banget :)
    Alhamdulillah… nggak kemana2 lagi nyari resepnya :)
    Thanks ya Pak… kumplit lit lit…

  25. sedjatee berkata:

    jadi laper Kang…
    mana neh oleh-oleh benerannya, jangan cerita doang, hehehe…
    salam sukses….

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  26. ismi berkata:

    es pisang ijo, hhhhhhhhhhhhhhhhhhmmmmmmmm seger bangeed…
    klu dua makanan selain es pisang ijo diatas tuh keknya demenan suamiku, coz berbahan dasar ikan :)

  27. Ping-balik: How To Get Pingback | CiTrO uNiK

  28. munir ardi berkata:

    laparrrr mampirrrr baca-baca

  29. arif berkata:

    nh klo es pisang ijo di jogja dah ada pak

  30. es pisang ijo lezat sepertinya :D

  31. yayat38 berkata:

    Ikan bakar ini memang maknyus he he. Sayangnya untuk jenis yang satu ini ikan bakar ciamis belum ada yang mengalahkan mas menurut saya …. atau mungkin juga untuk ikan bakar ini saya kurang mengapresiasi yang lainnya.
    Kalo es Pisang ijo kalo pas di jakarta saya punya langganan tu di bilangan priok he he. Mangstaaaaaab :)
    Trims.
    Salam :)

  32. peri01 berkata:

    tester nya mana mas hehehhhe
    es pisang ijo aku pernah coba maknus juga sayang aku gak suka pisang
    salam

  33. achoey berkata:

    Salam Ta’jim
    Kini gilirann kulinernya
    dan waaahhh lezatnya :)

  34. Salam Kenal mas..wah asyik nich wisata kuliner..jadi pingin ke makasar..blognya bagusnya mas jangan lupa kunjung balik ye..saya akan masukkan link blog mas di blogroll saya..syukur-syukur mas juga..back link..^_^

  35. ENDANG berkata:

    WAH NIKMATX…………..

  36. amrulloh berkata:

    wah,… bikin ngiler nih,. rasanya pengen balik ampung, ngerasian enaknya pisang ijo buatan ibu,. hehehe,. trim’s banget atas resepnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s