Mengenang 22 Tahun Gunung Galunggung

Salam Takzim

Sahabat dan Pembaca Batavusqu yang berbudi

Sebelumnya saya sampaikan permohonan maap karena 2 hari postingan batavusqu harus kosong. Kekosongan ini disebabkan batavusqu harus mempersiapkan perjalanan menuju kabupaten Tasik Malaya untuk menghadiri undangan komunitas Gabungan Mesin Ontel Tasik Malaya (GAMEL). ya sejak pukul 10 pagi (1 mei 2010) segala persiapan menuju desa Singaparna mulai disusun, 24 onthelis batavia siap menuju acara “The memory of Galunggung 82″.

Start dimulai pada pukul 18.00 dengan mengendarai 3 mobil kijang dan tiba dilokasi pukul 22.00, kami disambut dengan hangat oleh Gabungan Mesin Onthel TasikMalaya (GAMEL) dan sebagai pusat perhelatan ditempatkan di Gedung Ukhuwah Cipasung, 3 komunitas lain sudah ada disana dan sedang menikmati lagu lagu perjuangan bersama kelompok majalaya.


Digedung ini pula kami tidur, makan dan mandi bersama puluhan onthelis se jawa barat. Sungguh pertemuan dan nilai persahabatan yang sesungguhnya sangat kami rasakan disini, walau semula tak banyak yang kami kenal, karena kami saling isi dan saling berbagi persahabatan laksana keluarga besar ya keluarga onthelis.

Gamel pun telah menyediakan sepeda pinjaman kepada kami, sehingga kami dapat memilih sesuka hati selera sepeda yang diinginkan, saya yang memang sudah terbiasa mengendarai batavus namun karena sepeda jenis ini tidak tersedia maka saya harus rela mengambil religh sebagai tunggangan saya.

Perjalanan menuju kaki gunung Galunggung sebagai pusat acara dikibar oleh bupati Tasikmalaya kang Tatang, iringan onthel yang harus berbaur dengan pecinta sepeda lain melintas menuju kaki gunung, perjalanan yang cukup panjang dan mendaki membuat lelah betis ini, namun karena semilir angin yang sejuk rasa lelah cukup terjaga.

Religh yang saya pergunakan melaju santai melintasi jalan berbukit dan sesekali sahabat bertukar posisi menjadi juru grapher untuk saling mengabadikan. Dengan tetap menjaga kayuhan 27km terlampaui dengan pasti, walau setiap 15 menit si kokoh mengajak untuk istirahat, ya karena beliau tak terbiasa ngontel jauh.

Seperti biasa sesampai ditempat panitia memberikan sambutan dengan goyangan musik dangdut dan memberikan kehangatan dengan mojang-mojang cantik kota tasik, sehingga tanpa diminta ratusan penggemar sepeda lawas ini bergoyang bersama. Acara dibuka langsung oleh bapak H. Tatang Farhanul Hakim, M.Pd dan kapolres setempat dengan penyampaian ucapan terimakasih kepada para onthelis yang turut memeriahkan acara memory of galunggung 82 ini.

Diseling dengan penyebutan nomor doorprize kami menikmati pameran budaya dari berbagai stand hasil seni dari berbagai pengrajin desa Singaparna, garut dan majalaya yang tegabung dalam kreasi seni anyam simarut saya tukar selembar uang dengan topi anyam tidung, ya lumayan buat kenang-kenangan sambil mengantongi 20000 kekantong sebagai uang kembalian.

Acara berlanjut hingga pukul 15.00 tetapi karena besok kami harus kembali bekerja kami sudahi agenda galunggung menjelang dhuhur, setelah pamitan dan menerima cindra mata  dari panitia kami kembali mengayuh sepeda-sepeda kami untuk kembali ke basecamp panitia, inilah kami sebagai aliran turunan senang kami lalui perjalanan dengan dendang khas kami. kami katakan turunan senang karena kami tak perlu menggowes hehehe. Semoga berkenan
———————————————————————————————————————————————

Salam Takzim Batavusqu

40 thoughts on “Mengenang 22 Tahun Gunung Galunggung

  1. 22 tahun peristiwa itu sudah berlalu, rasanya masih membekas dalam ingatan saya, tentunya terlebih lagi masyarakat yang bermukim di Tasikmalaya.

  2. Saya ingat waktu itu mas SD sewaktu galunggung meletus. Daerah saya menjadi tempat pengungsian. Dan sangat ketir sekali melihat masyarakat yang kena korban dan letusan gunung menyemburkan lahar dan api.
    Wahhh sayang sekali mas saya pas tidak di Ciamis yah … sehingga tidak bersama Mas Isro di sana.
    Trims artikelnya yang memberikan ingatan saya ke masa tahun 1982.
    Salam hangat selalu :)

  3. Mengagumkan ya para onthelis ini… rela menempuh jarak jauh untuk menyanggupi undangan d/r peringatan meletusny galunggung.. salam buat sahabat2 onthelis semua…

  4. wuihhhhhhhhh
    Kagum banget dengan semangat para onthelis.. :)
    Semoga sukses pak acaranya..

    Gunung Galunggung menceritakan banyak sejarah

  5. Wah..merinding kalo ingat Galunggung…
    Hari itu kejadiaannya waktu saya masih SD,,
    Terkadang sekolah diliburkan…
    Kalo dah menggelegar sinar api dan kilat sangat menakutkan…
    Pokoknya kejadian itu masih teringat ampe sekarang ;P

  6. terimakasih Mas Isro, setiap kali pulang dr bepergian, bunda selalu mendapat oleh2 cerita yang seru2 dan menyenangkan.
    Kebayang enaknya mengikuti acara mengenang Galunggung ini, apalagi pulangnya ya Mas, gak usah capek gowes2 lagi :D
    selalu sehat ya Mas.
    salam hangat utk keluarga
    salam

  7. wah, akhirnya berita yang kutunggu datang dan tepat seperti yang kuharapkan…. ga ngegowess ya mas isro..??

    mas rumah saya sepertinya sudah sedikit dibenerin, coba di test loh hidangannya :)

  8. ass pak, apa kabarnya pak, baik2 aja ya pak, masih eksis dengan ontel nya ya pak?
    sukses ya

  9. Assalaamu’alaikum Kang Zipoer

    Berkunjung untuk bertanya khabarnya Kang Zipoer. semoga sihat dan semakin ceria dengan aktiviti yang menggerakkan semangat jati diri yang unggul sebagai pencinta alam sekitar. Semoga sukses selalu. Salam mesra dari saya di Sarawak, Malaysia.

  10. kang isro sehat bener deh sepedaan melulu ;)

    saya juga punya sepeda,tapi sepeda lipat. boleh nih kapan2 kita jalan bareng hehe,tapi saya sebagai newbie jangan ditinggalin ya kang kalo ngos2an , hehehe,maklum gak ngerokok tapi nafas perokok pasif :P

  11. tadi saat membaca judulnya fety pikir si pakdhe zipoer mau mengulas tentang gunung galunggung, ternyata tentang bersepeda. benar pakdhe, bersepeda begitu menyenangkan:)

  12. galunggungg sekarang pasti ga sengeri dulu ya bang, waktu terjadi letusan itu… sunflo dulu masih keccciiiiiiillll waktu dia meletus… ^^

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s