Kesenian Tari dari Jawa Barat

Salam Takzim

Sahabat dan Pembaca Batavusqu yang berbudi

Kreasi seni tari yang menjadikan Indonesia indah dimata turis asing merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya saat saya menelusuri tayangannya di youtube. Pada postingan kali ini perkenankan saya akan terus menyajikan kreasi seni tari yang ada di Indonesia, kali ini saya coba menshare hasil penelusuran saya di Youtube.

Jawa barat adalah provinsi ketiga dalam daftar batavusqu untuk kreasi seni tari, ada banyak kreasi seni tari dari provinsi ini, mungkin karena banyaknya sejarah dan peristiwa yang tergambarkan dalam olah seni tubuh diantaranya Tari Dewi, Tari Ratu Graeni, Tari Topeng Tumenggung, Tari Topeng Kelana Udheng, Tari Kandagan, Tari Topeng Klana Cirebon, Tari Sunda, Tari Lutung Kasarung, Tari Dogdog, Tari Topeng, Tari Jaipongan, Tari Pancasari, Tari Rampak Gendang, Tari Merak dan lain lain.

Dengan permohonan maap karena ini akan saya jadikan koleksi arsip, saya akan sajikan beberapa lewat youtube, semoga para sahabat dan pembaca memakluminya

Tari Topeng Putri

Tari topeng dari Cirebon, merupakan salah satu tarian di tatar Parahyangan. Disebut tari topeng, karena penarinya menggunakan topeng disaat menari. Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya, dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Terkadang tari topeng dimainkan oleh saru penari tarian solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.

Salah satu jenis lainnya dari tari topeng ini adalah Tari topeng kelana kencana wungu merupakan rangkaian tari topeng gaya Parahyangan yang menceritakan ratu Kencana wungu yang dikejar-kejar oleh prabu Menakjingga yang tergila-tergila padanya. Pada dasarnya masing-masing topeng yang mewakili masing-masing karakter menggambarkan perwatakan manusia. Kencana Wungu, dengan topeng warna biru, mewakili karakter yang lincah namun anggun. Menakjingga (disebut juga kelana), dengan topeng warna merah mewakili karakter yang berangasan, tempramental dan tidak sabaran. Tari ini karya Nugraha Soeradiredja.

Gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik yang didominasi oleh kendang dan rebab, merupakan ciri khas lain dari tari topeng.

Tari Dewi

Tarian ini adalah tari klasik masyarakat Sunda. Ia dipentaskan dan direkam oleh STSI Bandung pada tahun 1999.

Tari Ratu Graeni

Tari Sunda ini dimainkan dengan keris. Tarian ini dikoreografi oleh Raden Tjetje Soemantri dan dipentaskan oleh mahasiswa STSI Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Tari Topeng Tumenggung

Tari Topeng Tumenggung adalah tarian yang bersal dari jawa barat, dalam topeng Tumenggung sesaat terasa nuansa atmosfir pada musik karawitan Priangan. Pada tari topeng Tumenggung ini pula diiringi oleh juru kawih/sinden. Iringan musik terasa berbeda, kendang sebagai pembungkus irama gerak tari ditabuh dengan ditepak, seperti pola kendang pada tepak kendang tari gaya Priangan.

Tari Topeng Kelana Udheng

Tari topeng hasil pengembangan Tari Kelana yang diciptakan oleh maestro tari topeng Indramayu, yaitu Mimi Rasinah.

Tari Kandagan

Tari Kandagan adalah tari yang menceritakan tentang kehidupan “wanoja” (perempuan) Sunda

Tari Topeng Klana

Topeng Cirebon adalah simbol penciptaan semesta yang berdasarkan sistem kepercayaan Indonesia purba dan Hindu-Budha-Majapahit. Paham kepercayaan asli, di mana pun di Indonesia, dalam hal penciptaan, adalah emanasi. Paham emanasi ini diperkaya dengan kepercayaan Hindu dan Budha. Paham emanasi tidak membedakan Pencipta dan ciptaan, karena ciptaan adalah bagian atau pancaran dari Sang Hyang Tunggal.

Tari Sunda

Tari Sunda adalah sebagai ragam kekayaan kesenian daerah di Jawa Barat. Tari Sunda diiringi seperangkat gamelan yang lebih didominasii gendang dan suling.

Tari Lutung Kasarung

Tari Lutung Kasarung adalah cerita pantun yang mengisahkan legenda masyarakat Sunda tentang perjalanan Sanghyang Guruminda dari Kahyangan yang diturunkan ke Buana Panca Tengah (Bumi) dalam wujud seekor lutung (sejenis monyet).

Tari Dogdog

Tari Dogdog Lojor adalah tarian uintuk acara ritual padi. Setahun sekali, setelah panen seluruh masyarakat mengadakan acara Serah Taun atau Seren Taun di pusat kampung adat. Pusat kampung adat sebagai tempat kediaman kokolot (sesepuh) tempatnya selalu berpindah-pindah sesuai petunjuk gaib.

Tari Jaipong

Tari Jaipong Kembang Tanjung dibawakan oleh beberapa orang ronggeng cantik. Mereka menari dengan gerakan cepat namun indah. Seolah para penari jaipongan berkejar-kejaran dengan irama musik yang mengiringiya. pertunjukan yang rancak, indah, eksotik namun jauh dari kesan seronok.

Tari Pancasari

Tari Pancasari salah satu karya cipta dari R. Yuyun Kusumadinata yang diwujudkan sekitar tahun 1975 merupakan sebuah tarian yang menggambarkan lima orang penari lascar wanita yang dipimpin oleh putri bungsu Pajajaran bernama Purnamasari

Tari Rampak Gendang

Tari Merak

Tari Merak menggambarkan kehidupan satwa burung Merak yang mempunyai keanggunan, keindahan dan kelincahan gerak-geriknya dalam kehidupan burung Merak yang sedang bercanda ria didalam alam jagad raya ini. Tari ini adalah tarian yang dimainkan wanita. Ia adalah tari klasik Sunda yang menyimbolkan kecantikan alam

About these ads

39 thoughts on “Kesenian Tari dari Jawa Barat

  1. wuih, benar2 komplit tarian2 dr tanah sunda ini ya Mas Isro,
    mulai dr ritual panen, pergaulan hingga ke cerita2 legenda.
    jangankan wisman,saya rasa turis lokalpun akan kagum jika menonton berbagai macam kesenian yg indah ini. :)
    terimakasih banyak Mas Isro, utk tulisan yg sarat pengetahuan dan wawasan.
    bahagianya, tiap kali berkunjung kesini, selalu membawa sesuatu yg bermanfaat :D
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat
    salam

  2. Artikelnya lengkap banget Kang…
    makasih banyak sudah menambah Khazanah pengetahuan saya tentang kekayaan budaya kita.
    Sayang sekali saya belum bisa putar videonya.
    sudah seminggu terakhir koneksi agak trouble.

    Sukses dan sehat selalu.

    1. :)
      untuk itu kita harus bangga akan kebudayaan dinegeri ini dan senantiasa melestarikan kebudayaan kita, supaya tidak hilang bahkan tersaingi oleh seni atau kebudayaan modern yang akhir2 ini banyak diminati.

  3. Kang Isro,
    Budaya ini mudah-mudahan langgeng Kang, ditempat saya ada beberapa tari yang hanya dikenal oleh orang tua-tua saja, anak mudanya ngertinya dangdutan dan disko doang :(

  4. KAng Isro, makasih yaaa…inponya nih..
    hehehe..anakku dapet tugas bikin kliping tari-tarian asal Jawa BArat ..
    komplit disini..Eh nyasar disini..
    Sekali Makasih ..
    Salam TAkzim..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s