Pernahkah kau dengar jawaban Do’a

Salam Takzim

Do’a dalam arti harfiah adalah memohon kepada Tuhan, tanpa pandang waktu, terus dilakukan hingga ada jawaban. Pernahkah terjawab???.

Dari seorang Imam Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakr Al Qurthubi rahimahullah, beliau mengatakan

فَعَلَى الْإِنْسَانِ أَنْ يَسْتَعْمِلَ مَا فِي كِتَابِ اللهِ وَصَحِيْحِ السُّنَّةِ مِنَ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَاهُ وَلاَ يَقُوْلُ أَخْتَارُهُ كَذَا فَإِنَّ اللهَ تَعَالَى قَدِ

اخْتَارَ لِنَبِيِّهِ وَأَوْلِيَائِهِ وَعَلَّمَهُمْ كَيْفَ يَدْعُوْنَ

”Seyogyanya seorang menggunakan do’a-do’a yang tercantum dalam Al Qur-an dan berbagai hadits yang shahih (valid berasal dari nabi-) serta meninggalkan berbagai do’a yang tidak bersumber dari keduanya. Janganlah ia mengatakan, “Saya telah memilih do’a sendiri (untuk diriku)”, karena Allah ta’ala telah memilihkan dan mengajarkan berbagai do’a kepada nabi dan para wali-Nya (dalam Al Qur-an dan sunnah nabi-Nya).

Dari penyampaian beliau tersirat sebagai anjuran namun sekaligus tersirat kritikan. Anjuran untuk berdo’a menggunakan bahasa bahasa yang bertebaran di dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah dan kritikan menggunakan bahasa bahasa bisikan nurani (bisikan syetan). Sungguh sebuah 2 sisi yang harus direnungkan.

Dalam bahasa Al-Qur’an dan As-Sunah, ragam do’a telah banyak dijelaskan dari mulai kegiatan sehari hari sampai do’a saat mengalami hal yang diluar dugaan. Dari kecil banyak do’a yang sudah terhapal dan terbiasa diucapkan seperti do’a masuk wc, do’a mau tidur, do’a hendak makan dan lain sebagainya. Pernahkah kau dengar jawabannya?

Sahabat dan pembaca batavusqu yang berbudi…

Lewat postingan ini perkenankan saya berbagi kisah dari sekumpulan pengajian tarikat yang pernah diikuti sahabat saya, tepatnya di pedalaman utara Jakarta. Pengajian ini mengajarkan agar orang mengenal dirinya sendiri, mengenal anggota badannya dan mengenal gerakan anggota badan.  Lewat gerakan anggota badan semua do’a terjawab langsung dan ada juga yang tertunda.

Mari kita kaji kebenarannya (gunakan ilmu logika) Saat kita makan kita berdo’a, Allah menjawab do’a kita dengan mempermudah asupan hingga selesai makan. Perhatikan orang yang tidak berdo’a pasti ia makan sering ketulangan, bersin, keselag dll. kemudian setelah kita makan ditutup dengan do’a badan kita terasa kembali prima, proses pencernaan berjalan baik. Sebaliknya banyak orang yang setelah makan sakit perut, (keracunan) atau pencernaan kurang baik. itu karena tidak berdo’a.

Nah contoh kecil kembali terenung, jangan pernah ragu dengan jawaban do’a, sekecil apapun do’a yang diajukan Allah pasti akan menjawabnya. Mari kita lakukan do’a tanpa harus bosan menunggu jawabannya.

Disadur dari kajian lisan empat mata dengan murid pengajian tj.priok asuhan bapak Bambang

Demikian tersaji bukan untuk dipuji apalagi dihina, namun tersaji untuk dinikmati

Salam Takzim Batavusqu

Iklan

70 pemikiran pada “Pernahkah kau dengar jawaban Do’a

  1. barang siapa yang mengenal dirinya, maka ia akan mengenal Tuhannya.
    mampir sebelum Jumatan Kang..
    Moga sehat selalu dalam menjalankan ibadah puasa Amin.
    Salam hangat untuk seluruh keluarga.

    1. Terima kasih bang Iwan, yang selalu menyemangadkan jari untuk tetap menulis dan mengenal Tuhannya. Selamat menjalankanh ibadah puasa hari ini bang, semoga lancar, tanks ya bang

  2. Yang pasrah akan mendapatkan kemudahan

    Yang ridha akan mendapatkan ganti rugi

    Yang sabar akan mendapat kemuliaan, dan

    Yang ikhlas akan mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan hati.

    Hiasi dirimu diri kita dengan warna Ilahi

    Hormati cinta dan tegakkan cinta !

    Tabiat penuh cinta kasih sayang

    Yang tidak punya cita jadi terpuruk

    segala gerak hidupnya tergantung pada Ilahi

    Segala kehendaknya iradah Ilahi

    Mari tinggalkan kata

    Cari hakikat ruhaninya

    Tuangkan cahaya Ilahi

    Atas gulita karyamu sahabatku……

    Salam kenal untuk sahabatku

  3. اسوب سوبرييادي

    jazahumullah khairan katsiran atas kongsinya.

    dan, sungguh, Tuhan itu tidak tuli…dan Dia Maha Malu, kalau sampai setiap doa hamba-Nya tidak ia kabulkan….hanya cara Dia itu adalah hak-Nya. 😉

  4. Salut mas, dan yang benar-benar saya yakini adalah “tidak pernah ragu dengan jawaban do’a, sekecil apapun do’a yang diajukan Allah pasti akan menjawabnya. Mari kita lakukan do’a tanpa harus bosan menunggu jawabannya.”

  5. Cuma seringkali doa yang kita panjatkan kan sifatnya sangat khusus pak, misalnya ingin lulus ujian, ingin mencapai target penjualan, ingin bisa berkunjung ke tempat tertentu. Jadi seringkali doa yang dipanjatkan dalam hati menggunakan bahasa daerah kita sendiri..

  6. Kang, saya percaya Allah selalu mendengarkan do’a kita, tetapi saya juga percaya tidak semua permintaan kita kepadanya akan dikabulkan. Heeh? kalau hanya meminta tetapi kita tidak berusaha, saya percaya Tuhan akan malas mengabulkan. IMO

  7. Setiap do’a pasti aku dijawab (dikabulkan) oleh AllahSWT namun kapan akan dijawab ❓ hanya Allahta’la yang tahu karena DIA lah yang tahu kapan jiwa raga kita siap menerima jawaban do’a dari kita sendiri 🙄
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  8. Rasulullah Saw ditanya, “Pada waktu apa do’a (manusia) lebih didengar (oleh Allah)?” Lalu Rasulullah Saw menjawab, “Pada tengah malam dan pada akhir tiap shalat fardhu (sebelum salam).” (Mashabih Assunnah)…

    Bermohonlah kepada Robbmu di saat kamu senang (bahagia). Sesungguhnya Allah berfirman (hadits Qudsi): “Barangsiapa berdo’a (memohon) kepada-Ku di waktu dia senang (bahagia) maka Aku akan mengabulkan do’anya di waktu dia dalam kesulitan, dan barangsiapa memohon maka Aku kabulkan dan barangsiapa rendah diri kepada-Ku maka aku angkat derajatnya, dan barangsiapa mohon kepada-Ku dengan rendah hati maka Aku merahmatinya dan barangsiapa mohon pengampunanKu maka Aku ampuni dosa-dosanya.” (Ar-Rabii’)

    1. Tiada seorang berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa. (HR. Ath-Thabrani)

  9. Maaf agak lama … gak main2 nih …. semoga sehat selalu and sukses ….
    Salam untuk Kang Isro dan keluarga, selamat menjalankan ibadah puasa …

  10. munir ardi wp

    Saya berdoa saja kang , dterima atau tidak urusan Allah yang penting berbuat baik saja dan tidak pernah menyakiti orang lain

  11. Kepingin ngaji sama Om Batavusqu ..

    Ramadhan bakal menginjak di 10 hari terakhir … berdo’a tiada kata akhir, panjatkan puja dan puji pada ilahi, ratap dan harap pada Rabb dengan munajat

    Salam

  12. assalamualaikum kang zipoer

    lama tidak berkunjung disini, semoga kang zipoer dan keluarga senantiasa sehat wal afiat selu mendapat perlindungan-Nya

    sulit ya kang untuk mengetahui apakah doa kita di dengar atau dikabulkan tanpa ada keyakinan, yakin adalah kunci utama terkabulnya doa, tuhan maha mendengar doa hambanya

    salam dari pamekasan madura

  13. selalu berdoa dalam hati sanubari pribadi
    karna dgn doa.. semua akan baik-baik saja, amien
    hahahah.. keseleg, keracuna dan sakit perot jika ngga doa..
    bisaa ajaaa.. abang satu ini 🙂

  14. Terima kasih pencerahan di bulan yang suci ini. Kalau saya yang penting berdoa jangan minta apapun, karena kita tidak bisa menghitung berapa banyak nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita. Satu-satunya yang saya minta setiap berdoa adalah hanya keridloan Allah. Apapun yang akan menimpa kita, asal Allah Ridlo, saya yakin pasti ada hikmahnya. Salam hangat dari Pekalongan.

  15. doa,… sudah termasuk ibadah ,… hajat terkabulkan lagi,… Tuhan Maha pemberi lagi Maha penyayang,… 🙂 Selamat hari raya Idul Fitri mas ,.. minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin 🙂

  16. Selamat malam, Sahabat BURUNG HANTU …
    Semoga limpahan rahmat Tuhan selalu tercurah dalam kehidupan Sahabat semua …

    Sehubungan dengan Blog Competition Beswan Djarum yg sedang Denuzz ikuti, Denuzz mohon kesedian Sahabat meluangkan sedikit waktu untuk bisa memberikan komentar di 3 artikel ini:

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/eksperimen-mematikan-bersama-djarum-beasiswa-plus/

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/uh-untuk-apa-jadi-beswan-djarum/

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/beswan-di-tengah-belantara-fana/

    Komentar menjadi poin penilaian yang cukup besar dalam kompetisi …

    Selain itu Denuzz harap Sahabat berkenan untuk memberikan vote di
    http://www.beswandjarum.com/blogcompetition/
    Tinggal klik “SUKA” pada blog atas nama DENUS HERUWANDA …

    Denuzz ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesedian Sahabat narablog …

    Be a happy blogger! …
    Salam BURUNG HANTU …

  17. Jalan jalan ke jamaica
    Liat Bob Marley Keselek Ganja
    Ga krasa bentar lagi abis Puasa
    Mohon maaf bila banyak dosa, baik disengaja atau tak sengaja
    Beli es di warung Bu ema
    Untuk di santap bersama – sama
    Smsnya udah di terima,
    teriring pula ucapan yang sama
    Selamat Idul Fitri 1431 H
    Anak kodok makan ketupat.
    Makan ketupat sambil melompat.
    Ngirim kartu udah gak sempat.
    Pake sms pun no what-what.
    Taqobbalallahu minnawaminkum.

  18. Ya Mujiib..
    DIA selalu mengabulkan doa doa umay=tnya yang memohon padaNYA

    dan DIA tidak pernah ingkar janji
    aku percaya itu

    trimkaasi pak atas sharingnya.. 🙂

    met Lebaran yaa

    maafkaan…

  19. Dari Tabanan aku meminta dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata serta tulisan yang kurang berkenan semua itu karena kekhilafan saya sebagai manusia yang masih jauh dari sempurna.
    Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  20. Salam Takzim…
    Apa kabarnya bang ZIp…
    Selamat Idul Fitri 1431 H
    Isya Allah kita menjadi pribadi yg lebih baik lagi selepas Ramadhan….

    Salam hangat & sukses sealu …

  21. tidak cukup hanya menutupi kesalahan, atau menghapus dengan memaafkan, tetapi harus berlapang dada untuk berbuat baik kepada orang yang berbuat jahat kepada kita. Inilah puncak dari permaafan dalam Islam. Selamat lebaran, selamat Hari Raya IdulFitri 1431H.

  22. Assalamu’alaikum,

    Saya sekeluarga mengucapkan Selamat Idul Fitri.
    Mohon maaf atas segala hal yang mungkin membuat hati kurang nyaman.
    Taqabbalallahu minna wa minkum.

    Salam untuk seluruh keluarga.

  23. Aku pernah denger kalo orang yang rajin baca Al-Quran karena Allah sampe lupa meminta, dia gag perlu kuatir karena semua permintaannya akan di penuhi oleh Allah… mengesankan.. 🙂

  24. Mas Isro, bunda ingin mengucapkan :
    Selamat idhul fitri 1 syawal 1431 H.
    minal aidin wal faizin
    mohon maaf lahir dan bathin

    Indahnya menjadi orang muslim ya Mas, apapun yg dilakukan selalu diawali dgn doa, memohon ridhoNYA, walaupun hanya sekedar Bismillah…..
    salam

  25. pak isro tanpa huruf F 😛
    iya benar sekali…
    semua doa pasti ada jawabannya…
    dulu pernah ada yang bilang
    ada 3 jawaban untuk sebuah doa..
    a) ya,…maka kita akan langsung bahagaia karena apa yang kita inginkan jadi kenyataann
    b) belum atau tidak…kita tidak mengerti apakah sebuah doa kita yang belum di ijabah…karena belum waktunya…atau karena itu bukan yang terbaik untuk kita…
    percaya ..kalau apapaun yang terjadi..
    karena allah selalu sayang pada kita.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s