Penyesalan yang mendalam

Ini adalah Cerita Trilogi yang ditulis secara gotong royong oleh Tim YIN – YANG. Siapa mereka silahkan Click Logo

Kang Yayat – Saya sendiri dan oom NH 18. Cerita ini diikut sertakan dalam pagelaran Kecubung Tiga Warna yang diselenggarakan oleh Blog Camp

Ini adalah bagian kedua dari TIGA TULISAN tersebut, sementara bagian pertama ada di BLOG om NH18.

Penyesalan yang mendalam


Entah dari mana awal perceraian bang Sarimin dengan istrinya itu bermula, padahal kurang apa lagi bang Sarimin ini yang dinikahkan sama anak seorang pengusaha sepeda ternama di bilangan Priuk Jakarta Utara, dua tahun silam.

Segala keperluan bang Sarimin dan istrinya si Hindun sudah disediakan mertuanya, dari mulai celana dalam sampai celana luar, dari mulai sepeda sampai Avanzanya Toyota, dari mulai makan pagi sampai makan malam semua selalu disiapkan oleh mertuanya Haji Ziung. ya Haji Ziung adalah pengusaha sepeda yang hanya dikaruniai satu orang anak si Hindun, orang tua mana sih yang tidak akan sayang pada anaknya, apalagi anak itu adalah anak semata wayang, apa yang Hindun minta sama babenya pasti diturutin.

Alkisah bang Sarimin dalam kesehariannya ikut pula berbisnis sepeda, namun sepedanya lebih spesifik yaitu onthel (sepeda kebo). Modal usahanya didapatkan dari babeh mertua, ya lumayanlah setiap hari bang Sarimin menerima uang setoran sebesar Rp. 300.000 dari sepedah-sepedah kebonya.

Siapa sih yang ga kenal ojek sepeda di Tanjung priok, pasti kenalkan nah bang Sarimin ini adalah salah satu juragan ojek sepeda, sepedanya mencapai 150 buah.

Baru 6 bulan bang Sarimin mendalami usaha bisnis sepeda ini, die udeh bisa beli rumah minimalis di Kompleks Mindo.

Hindun istrinya sangat bangga dengan suaminya itu, karena sedikit demi sedikit ia bisa menyisihkan uang belanja kiriman babenya. ya walaupun sudah lumayan kehidupan bang Sarimin dan Hindun, si Babeh masih tetap memberikan bantuan kepada mereka.

Sudah hampir 2 tahun kehidupan bang Sarimin dan Hindun aman aman saja, mereka saling menyayangi dan saling mengasihi walaupun belum di karunia anak bang Sarimin bersama Hindun tetap bahagia.

Suatu ketika bang Sarimin ga sengaja mampir ke warung makan, maksudnya hanya sekedar minum es teh manis karena die lupa bawa bekel air dari rumah. entah setan dari mana yang membuat bang Sarimin terkesima dengan yang punya warung, cantik banget pikir bang Sarimin dalam ati, ko mau ya wanita secantik die dagang ditempat mangkal tukang ojek gumamnya. sepulang dari rumah makan wajah tuh perempuan terus aje jadi kebayang di kepala bang Sarimin.

Keesokan harinye bang Sarimin datang lagi ke tuh warung, seperti biase die pesen es teh manis dan disambut dengan ramah ame tuh pemilik warung. setiap detik sambil nyeruput es teh manis pandangannya ga pernah lepas ame tuh perempuan. Dari pelanggan laen kedenger bang Sarimin tuh penjual namenye Jenab. dan dengan keberaniannya dia ngomong “mpok namenye Jenab ye”, “iye bang” kata tuh perempuan sambil tersenyum. cenut cenut kepala bang Sarimin dikasih senyum ama si Jenab, sambil nyomot pisang goreng bang Sarimin nyeletuk “emang ga cape jualan ginian mpok”, “kagak bang, abis mau jualan apaan lagi” ujar si Jenab sambil ngerapiin gorengan. thek ati bang Sarimin bergeter jantungnye pun berdegup keras. ga kuat ngelanjutin pebicaraan bang Sarimin ngeluarin uang gobanan (Rp. 50.ooo) terus ngeloyor pergi. “bang bang!! ini kembaliannye” teriak si Jenab. terus aje bang Sarimin ngegowes sepedahnye sambil teriak tanpa noleh “buat empok aje” pelanggan yang laen bengong, jajanan cuman 5000 dibayar 50.000 gile tuh orang’ celetuk pria berambut kelimis, “eh bang Intim, ini namenye rezeki emang abang, ga pernah ngasih” sambil ngerapiin gelas bekas bang Sarimin.

Sial gerutu bang Intim belum tahu saya, apa die. baru make sepeda onthel aje udeh belagu. pelanggan lain pada ngikik denger ungkapan mpok Jenab barusan sambil ngelirik bang Intim nyang make dasi, terus bang Intim gebrak meja sambil ngeluarin uang warna merah ame biru. “Nih aye bayar semua nyang makan enih hari” sambil ngeloyor pergi.

Hari ketige bang Sarimin dateng lagi ke warung mpak Jenab tapi sekarang udeh ga bawa sepedah tapi die bawa avanzanya toyota, wangi Parfumnye udeh kecium dari seberang jalan tempat parkir mobil-mobil pelanggan mpok Jenab. Diparkirkan tuh avanza tepat di sebelah mobil biru bertulisan A to Z. Terus die pesan susu soda “lho kok ngga mesen es teh manis bang” sambil melebarkan senyum mpok Jenab, “nggak mpok lagi pengen susu aje, hehehe” ujar bang Sarimin. die duduk bersebelahan dengan bang Intim, bang Intim nggeser duduknyae buat bang Sarimin. Sambil nyodorin rokok kretek kesebelehnye bang Sarimin membuka pembicaraan sama bang Intim “rokok bang!” ngeleng bang Intim sambil nunjukin rokok putih nyang udeh ngepul ditangannya “iye nih lagi ngerokok” kate bang Intim. “dah lame bang” lanjut bang Sarimin “sudah” jawab bang Intim ketus. nggak lame pesanan bang Sarimin disaji ame mpok Jenab, sambil sengaja nyentuh dikit tangan mpok Jenab bang Sarimin nerime soda susu, si Jenab tersenyum. hmmm gile nih perempuan murah amat senyumnye gumam bang Sarimin. Obrolan bukan lagi sekedar kenalan tapi berlanjut saling pamer kekayaan antara bang Sarimin dan bang Intim. yang lain cuman denger apalagi si Parjo yang paling seneng duduk paling pojok dan mulai kegerahan.

Keesokan paginye bang Sarimin kasak kusuk nyari info sama kliennye para tukang ojek sepedah yang tiap hari nyewa sepedahnya, info didapat cukup banyak nah ntar sore aye mau datang ke rumeh si Jenab kebetulan nih hari si Jenab libur pikir bang Sarimin. ya memang ini hari Jum’at yang seperti biase mpak Jenab nutup warungnye, katenye sih ngormatin hari. Tepat pukul 4 sore bang Sarimin udeh rapih pake setelan jas warne krem dengan dasi warne kuning sungguh seperti pejabat Dewan. Hindun kaget biasenye jam segini bang Sarimin sepedahan kenape sekarang kaye orang mau ngebesan, murni nyemperin bang Sarimin “bang mau kemana sih ko rapih banget” sambil ngerapihin dasi bang Sarimin. “Mau ade undangan rapat ame juragan sepedah kampung rawe, doain aje biar lancar ye” sambil nyundut kreteknya. “emang rapat apaan” tambah Hindun, “nggak tau ndun katenye sih die mau kerje same ama abang” sambil mengikat tali sepatunya yang mengkilat

Setelah dianggap sudah cukup rapih bang Sarimin pamitan ame istrinya. Si Hindun nyium tangan suaminye dan berkata “Hati-hati ya bang, semoga lancar”. “iya terima kasih ya” sambil tersenyum. 20 menit kemudian alkisah sampailah bang Sarimin di rumah si Jenab, kemudian diketuk pintu rumah Jenab “Assalamua’laikum” bang Sarimin memberi salam, dijawab dari dalem “Wa’alaikum salam” terus pintu terbuka si Jenab kaget “eh si abang, masuk bang” dilebarin tuh pintu “duduk bang” ujar si Jenab. “iye mpok” sahut bang Sarimin. “bentar ya bang” kata si Jenab sambil jalan ke belakang. 5 menit bang Sarimin menunggu sambil celingak celinguk memperhatikan ruangan kontrakan yang ditempatin si Jenab. nggak lama si Jenab keluar sambil membawa segelas air putih “silahkan bang” kata si Jenab. Alamak cantik banget si Jenab pikir bang Sarimin. ya si Jenab besolek dan mengganti bajunya saat meninggalkan bang Sarimin.

“ade ape nih bang, tau rumah aye dari mane bang?” ujar si Jenab, “egh egh dari kawan egh egh” bang Sarimin gemeter. kemudian bang Sarimin berterus terang dan menyatakan cinte ame si Jenab dan die juga jujur bahwa die sudah beristri. sementara si Jenab juga berterus terang bahwa dia seorang janda yang sudah memiliki empat orang anak. cukup lama mereka mengobrol, sesekali bang Sarimin merayu dan merajuk, yang menjadikan si Jenab tersipu sipu.

Diakhir pebicaraan bang Sarimin memberanikan diri mengatakan “mpok mau ngga jadi istri abang” merah pipi si Jenab ga sengaja die ngucap “ngga ah kan abang udeh beristri”. Dengan yakin bang Sarimin berkata “jadi kalau abang cerein istri abang, mpok mau dong” si Jenab ngangguk. Bagai mendapat sepedah baru bang Sarimin berjingkrak saking senengnye die langsung pamit pulang.

Malamnya bang Sarimin cari alasan yang paling jitu untuk menceraikan istrinya. “anak” gumamnya, die belum bisa memberikan anak kepada aye sementara perkawinan sudah hampir 2 tahun. kemudian dengan semangat bang Sarimin menghampiri istrinya yang sedang nonton TV, duduk bersebelahan sambil ikut menyaksikan tayangan TV perlahan die menyampaikan ke Hindun maksud tujuan untuk bisa kawin lagi karena ingin sekali punya anak, bak tersambar petir di siang bolong Hindun berkata”aye kaga’ sudi di madu bang. lebih baik ceraikan aye”. Angin segar pikir bang Sarimin, kemudian dia berkata “Baik kalau itu mau kamu besok Senen kita ke pengadilan Agama” ngeloyor bang Sarimin ke teras. sementara Hindun menangis sepanjang malam. dia meratapi nasibnya yang ga bisa punya anak.

Alkisah akhirnya antara bang Sarimin dan Hindun bercerai dengan syarat khusus dari Haji Ziung babehnye si Hindun

Mas Paimin harus keluar dari rumahnya tanpa barang apapun,

Usahanya jadi bandar sepedah juga menjadi atas nama Hindun

Mobil dan segala bentuk kekayaan diambil alih oleh babehnya si Hindun

ah yang penting dapatin mpok Jenab pikirnya….

Setelah mendapat surat cerai bang Sarimin dateng ke rumah si Jenab, eh ternyata di rumah si Jenab ga ada. kata tetangganya “si Jenab udeh ga ngontrak disini bang, tau kemana”. dengan gontai mas Paimin mendatangi warung mpok Jenab dan ketemu sama bang Intim yang sudah 3 hari nggak pulang kerumah, mereka sama menyesal nggak lama si Parjo juga datang dengan muka kusam tak terawat karena sudah 3 hari kaga mandi dan kaga makan.

nah agar lebih afdol bagaimana kisah Parjo dalam bersaing mendapatkan si Jenab simak cerita kang Yayat yukkk.

Cerita ini hanya fiktip, jika ada kesamaan nama dan tempat saya mohon dibukakan pintu maap yang seluas-luasnya.

Artikel ini disaji bukan untuk dipuji apa lagi dihina namun hanya untuk dinikmati

oh ya sahabat artikel ini juga saya ikutkan dala pagelaran Kecubung 3 Warna yang sedang diselenggarakan oleh pakde Cholik di newblog.com

Iklan

73 pemikiran pada “Penyesalan yang mendalam

  1. Ping-balik: Kok Aku Gak Tahuuu ? @ Yayat's Blog

  2. Ping-balik: RAYUAN BANG INTIM | The Ordinary Trainer writes …

  3. Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Saya akan melanjutkan perjalanan ke kisah selanjutnya
    Daftar seluruh peserta dapat dilihat di page Daftar Peserta Kecubung 3 Warna
    di newblogcamp.com
    Salam hangat dari Markas BlogCamp Group – Surabaya

  4. Hmm..jaenab pasti cantik ya..
    jadi rebutan..jangan2 Yin yan ngebet juga ma Jaenab hahhahah…
    bener ya Bang hawa nafsu tuh mengalahkan segala-galanya..

    Lanjut..tambah penasaran..

  5. Mas..Bang ..Isro..aku baru bisa mampir sini..
    kemaren2 ra isyo komen napa yak..

    Senengnya mampir di suguhin dangdutan..
    hmm.. pagi2 dah goyang jempol nih..
    Sukses yah di kontesnya pakdhe..

  6. Hahaha, ternyata bukan cerbung saya aja nyang panjang. Dimari juga panjang..hihi.. Pak Dhe pingsan dah…

    yaahhhh…. ternyata hanya segitu aja batas kesetiaan Bang Sarimin.

    Lanjut ke bagian tiga ahhh….

  7. Ketidak jujuran dan ketidaksetiaan berbuah penyesalan, bang sarimin telah membuktikannya.. 🙂
    mencoba mengambil makna dari cerita sederhana ini… lanjut ke pos 3.. 🙂

    OK, walaupun agak terlambat, Juri Kecub datang,, untuk mengecup karya para peserta,, mencatat di buku besar,, semoga dapat mengambil hikmah setiap karya dan menyebarkannya pada semua…

    sukses peserta kecubung 3 warna.. 🙂

    1. hehehe kenapa si aki nahan juri masuk ya, untung saya segera hadir ke dashboard kalau tidak cerita ini ga masuk dalam buku besarnya nih
      Terima kasih mbak Ihya yang sudah mengecup cerita ini semoga berkenan
      Atas kehadiran dan warna yang diberikan saya sampaikan terimakasih

    1. Halo bang Munir maap karena pakai avatar baru si aki ga keanl bang Munir jadi masuk sandra deh
      saya ikutan memeriahkan K3W bang biar ramai
      makasih ya bang sdh hadir kembali dirumah saya

    1. Apa kabar pak Iksa, sudah di kirim belum foto yang tanggal 26 kemaren
      saya tunggu pak iksa sampai kapanpun hahahaha
      Terima kasih juga buat pak iksa sdh hadir dan memberi warna

  8. Orin

    Walaah…penasaran mas Isro membayangkan siapa saat menuliskan tokoh Jenab *lho?* hihihi… Salam kenal Mas. Gudlak untuk kontesnya 😉

  9. juri kecub 2

    Jenab yang sedang menjadi rebutan rupanya belum tahu apa yang terjadi dengan sarimin dan bang intim. Wajah kusut bin kuyu gak mandi 3 hari. Ada apa gerangan dengan jenab? Ceritanya mbikin penasaran nih …
    Cerita sudah dicatat dalam buku besar juri, terima kasih

    1. Salam hangat mbak Desri, sedikit atau banyak apalagi buaannyyyyak itu relatif ko yang nilai kan bukan kita tapi orang lain.
      Keikut sertaan mbak Desri juga sudah meramaikan kontes sahabat lho
      Terimakasih sdh berbagi warna

  10. Ping-balik: Badik Senjata Tradisional Masyarakat Sulsel « Batavusqu

  11. Ping-balik: Mandau Pusaka Suku Dayak « Batavusqu

  12. Ping-balik: Parang Salawaku Milik Beta « Batavusqu

  13. Ping-balik: Hadiah buat para juara dan peserta « Batavusqu

  14. Ping-balik: Kedatangan kang Bani « Batavusqu

  15. Ping-balik: Khalifah Dari Semarang « Batavusqu

  16. Ping-balik: Kartini-kartini masa kini stage 1 « Batavusqu

  17. Ping-balik: Kartini-kartini masa kini stage 2 « Batavusqu

  18. Ping-balik: Kartini-kartini masa kini stage 3 « Batavusqu

  19. Ping-balik: Kartini-kartini masa kini stage 4 « Batavusqu

  20. Ping-balik: Kartini-kartini masa kini stage 5 « Batavusqu

  21. Ping-balik: Kartini-kartini masa kini stage 6 (habis) « Batavusqu

  22. Ping-balik: Cindera Mata Akhirnya Terkirim « Batavusqu

  23. Ping-balik: 1 email valid = 10000 IDR « Batavusqu

  24. Ping-balik: Apalah arti sebuah pertemuan « Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s