Hikmah bulan Sya’ban di Batavusqu

Artikel Tamu

Banyak di antara kita yang suka memperingati atau melakukan kegiatan tertentu pada hari atau bulan tertentu dengan acara dan kegiatan tertentu tanpa mengetahui dengan baik dan benar apa sesungguhnya hikmah dibalik kegiatan tersebut. Pada umumnya kita hanya meneruskan tradisi yang sudah dilakukan oleh sesepuh atau orangtua kita.

Berkaitan dengan datangnya bulan Sya’ban ini tentu juga banyak kegiatan yang dilakukan kaum muslim untuk menyambut dan berusaha mengagungkan bulan mulia tersebut. Beberapa kegiatan disunahkan antara lain adalah berpuasa, memperbanyak ibadah dan meningkatkan amal saleh.

Saya ajak sahabat untuk menyimak riwayat dari Yahya Mu’adz. Yang berhubungan dengan bulan Sya’ban.

Dia berkata : “ Sesungguhnya di dalam kata Sya’ban terdapat lima huruf dimana dengan setiap hurufnya kaum muslimin dan muslimah akan diberi suatu pemberian. Dengan Syiin akan diberi Syaraf ( Kehormatan) dan Syafaat; dan dengan ‘Ain akan diberi ‘Izzah (Keperkasaan) dan Karamat (Kemuliaan), dan dengan Baa akan diberi Biir ( Kebaikan) dan dengan Alif Akan diberi Ulfah ( Kelemahan-Kelemahan); dan dengan Nuun akan diberi Nuur (Cahaya); dan oleh karenanya dikatakan : Bulan  Rajab adalah untuk mensucikan hati dan bulan Sya’ban ialah untuk mensucikan Ruh.

Sesungguhnya orang yang mensucikan badannya pada bulan Rajab maka dia akan mensucikan hatinya pada bulan Sya’ban, dan orang yang mensucikan hatinya pada bulan Sya’ban dia akan mensucikan ruhnya pada bulan Ramadhon, maka jika dia tidak mensucikan badannya pada bulan Rajab dan hatinya pada bulan Sya’ban, kapankah dia akan mensucikan ruhnya pada bulan Ramadhon ?.

Dan oleh karenanya berkata seorang ahli hikmat : ” Sesungguhnya bulan Rajab untuk memohon ampun dari segala dosa, dan bulan Sya’ban untuk memperbaiki hati dari segala cacat, dan bulan Ramadhon untuk memberi penerangan hati, sedang malam Qadar adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 Mari kita sambut dan kita agungkan bulan mulia Sya’ban ini dengan niat yang lurus, ikhlas dan dengan cara yang benar sesuai syariat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Saya sampaikan dua Hadits Rasulullah Saw  yang berkaitan dengan pengagungan bulan Sya’ban.

 1. ” Barangsiapa berpuasa tiga hari pada awal bulan Sya’ban dan tiga hari pada tengahnya, dan tiga hari pada akhirnya, maka Allah Swt akan menuliskan baginya pahala dari tujuh puluh orang nabi, dan adalah seperti orang yang beribadah kepada Allah selama tujuh puluh tahun, dan jika dia mati pada tahun itu dia mati sebagai pahlawan syahid ”.

2. ” Barangsiapa mengagungkan bulan Sya’ban dan bertaqwa kepada Allah Ta’ala dan melakukan ketaatan kepadaNYA dan menahan diri dari berbuat maksiat, maka Allah Ta’ala mengampuni dosa-dosanya,dan memberi keamanan kepadanya dari kemalangan-kemalangan maupun penyakit-penyakit yang terjadi pada tahun itu seluruhnya. ”

 Mari kita ajak anak-cucu kita untuk memulikan bulan Sya’ban dengan ikhlas dan benar.

Jika yang saya sampaikan diatas benar maka kebenaran itu datangnya dari Allah Swt dan jika salah maka kesalahan itu bersumber pada kekurang-mampuan saya semata.

Semoga bermanfaat.

Pakde Cholik

Tulisan ini dikirim oleh penulis tamu

Beliau adalah Bapak Abdul Cholik a.k.a Pakde Cholik

Purnawirawan Corps Polisi Militer TNI AD Berbintang Satu

Pemilik 25 blog berbayar dan 1 blog gratisan bintang satu

Tinggal di  Galaxi Bumi Permai Sukolilo Surabaya

Iklan

23 pemikiran pada “Hikmah bulan Sya’ban di Batavusqu

  1. Ping-balik: Tradisi Kaurie Beureuat di Bulan Sya’ban « Batavusqu

  2. Ping-balik: Tradisi Suro Baca di Sulsel « Batavusqu

  3. Ping-balik: Tradisi Sya’ban di Sumatera Barat1 « Batavusqu

  4. Ping-balik: Proses Sidang Tilang di PN Jaksel « Batavusqu

  5. Ping-balik: Tradisi Sya’ban oleh Masyarakat Jawa « Batavusqu

  6. Ping-balik: Tradisi Sya’ban di Sumatera Barat2 « Batavusqu

  7. Ping-balik: Tradisi pacu jalur di bulan sya’ban « Batavusqu

  8. Ping-balik: Tradisi Papajar di Cianjur « Batavusqu

  9. Ping-balik: Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1432H « Batavusqu

  10. Ping-balik: Kopdar dengan pemilik TE « Batavusqu

  11. Ping-balik: Rangkuman Sya’ban « Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s