Tradisi Buka Puasa Bersama

Salam Takzim

Sahabat dan pembaca batavusqu yang berbudi

Ada satu tradisi di bulan Ramadhan yang selalu diadakan oleh kalangan soimin dan soimat, yaitu buka puasa bersama, entah itu dilakukan di rumah, angkringan, basecamp, Hotel, Restaurant, Mesjid atau di Kantor. tradisi ini memiliki nilai sosial yang tinggi, intinya adalah berbagi dengan sesama dan membangun ukhuwah serta mengikat tali silaturahim.

Tradisi buka puasa bersama adalah tradisi berbuka puasa secara bersama sama dalam suatu kumpulan persahabatan, kumpulan seikatan komunitas, teman teman sekantor atau teman teman seangkatan sekolah. Tradisi yang selalu diakhiri dengan kegembiraan dan selalu akan dikenang dan akan dilakukan kembali pada tahun tahun berikutnya.

Kegiatan buka bersama adalah bentuk dari kepedulian dan dalam rangka menjalin tali silaturrahim antara sesama umat muslim. acara ini biasanya diawali dengan Tausyiah atau ceramah agama oleh Ustadz dan dilanjutkan dengan Buka bersama, Shalat Berjamaah dan Makan Bersama.

Kemarin saya menghadiri acara buka bersama di rumah sahabat di daerah Depok, sederhana dan yang paling berkesan adalah Tausyiah Ramadhan yang disampaikan oleh Ustadz Soleh, isi Tausyiah tersebut sungguh sangat berkesan dan memberi pelajaran yang mendalam.

Menurut beliau tanda tanda orang yang bertaqwa itu antara lain adalah Selalu Bersyukur – berbagi dalam kesejahteraan, maupun berbagi dalam kesusahan. salah satu bentuk berbagi tersebut adalah buka bersama, yaitu berbagi dalam hal kesejahteraan.

Selanjutnya beliau juga mengatakan bahwa kita harus bisa mengendalikan diri, tidak berlebihan terhadap sesuatu hal. Tausyiah yang pendek tersebut ditutup dengan do’a bersama.

Ya Allah, ampunilah kami, orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudara seagama, sahabat-sahabat kami, orang-orang yang mencintai kami karena Engkau, orang-orang yang berbuat baik kepada kami dan bagi kaum muslimin muslimat, mukminin dan mukminat, wahai Tuhan penguasa alam semesta. Sesungguhnya Engkau Maha mendengar doa. Amin

Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memelihara wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, Ya Allah peliharalah wajah kami dengan kemudahan rezeki dan jangan Engkau merendahkan kami dengan kesempitan rezeki-Mu. Maka peliharalah diri kami dari meminta-minta hajat kami kecuali kepada-Mu dengan kemurahan dan kaunia-Mu. Wahai dzat yang paling penyayang. Amin

Ya Allah, peliharalah kami dari musibah yang Engkau turunkan, berikanlah kami nikmat-nikmat-Mu dan jadikanlah kami hamba-hamba yang mendapatkan kebaikan, bukan hamba-hamba yang mendapat ujian, dengan rahmat-Mu, Wahai yang maha penyayang diantara yang penyayang. Anugerahkan kepada kami kesehatan lahir dan bathin. Amin

Wahai Yang Maha Lembut, Tuhanku, ampunilah kami dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkau Maha Menerima tobat lagi Maha Penyayang. Amin

Ya Allah, yang maha melepaskan kesulitan, yang maha menghilangkan kesedihan, yang maha memenuhi permohonan orang-orang yang dalam keadaan terpaksa, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang di dunia dan akhirat. Amin

Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Wahai Dzat yang terus menerus mengurus makhluk-Nya, dengan rahmat-Mu kami mohon pertolongan, terimalah doa kami, Wahai Tuhan Sekalian Alam. Amin

Nah sahabat pernahkan kalian mengikuti acara buka puasa bersama, mari berbagi kenangan lewat komentar dibawah ini ya

Seperti biasa tersaji bukan untuk dipuji apalagi dicaci namun hanya untuk berbagi informasi

——————————————————————————————————————————————————

Salam Takzim Batavusqu

|Tradisi grebeg Gunungan|Tradisi Lailatul Qodar|Peringatan Dirgahayu RI|Tradisi Malam Qunut|Merayakan LMGS G2|Bubur Samin|Tradisi Tarawih|Tradisi Tumbilotohe|Tradisi Cari Jodoh|Tradisi Mengibung|Tradisi Suluak|Tradisi Ngangklang|Tradisi Obrog|CBBP|Tradisi bermain bola api|Tradisi Perang Api|Ramadan atau Romadhon|Budaya tertib dalam bersepeda|Tradisi ngabuburit|Postingan Perdana Romadhan

Iklan

20 pemikiran pada “Tradisi Buka Puasa Bersama

  1. Pertamax
    Selamat menjalankan ibadah puasa buat kang zipoer bersama keluarga

    Buka bersama sudah mentradisi dalam berbagai kalangan, organisasi dan segala macam

    salam dari pamekasan madura

  2. hlo? kabarnya lagi di Brunei? Sudah pulang? Kok tau2 udah ke depok aja?

    alhamdulillah, bulan ini ga ada acara buka puasa di luar rumah, soalnya udah stres ngeliat macetnya jakarta heehehe …. waktu masih single dulu malah rajin, bisa setiap hari bukber di luar LOL

    1. Ngga mbak itu isu pakde saja, karena saya ga ikut bikin tumpeng hehehe
      Setiap hari Sabtu selalu aja ada yang ngundang sampai-sampai harus ngalahin beberapa sahabat hehehe,

  3. Irfan Handi

    Di daerah kami, para jamaah melakukannya sepanjang bulan ramadhan di masjid, walaupun hanya dengan segelas air putih dan sepotong kurma. setelah itu langsung sholat berjamaah bersama.

  4. alhamdulillah, Mas Isro, baru kemarin ini bunda buka bersama dgn teman2 yg kebetulan sudah lama gak ketemu, krn tinggal di luar negeri
    jadi, ceritanya mereka mudik 🙂
    dan, berbuka bersamalah kami, sekalian melepas rindu 🙂
    indahnya ramadhan ya Mas, selalu menyenangkan bisa menyambung silaturahim dgn teman2 🙂
    salam

  5. selama bulan Ramadhan ini saya sudah 3 kali buka bersama pak.. intinya sih biar saya dan sahabat2 yang lain biar bisa tetap menjalin persahabatan, coz selain di bulan Ramadhan jarang banget bisa kumpul.. tapi kok foto2 pas buka bersama gk sekalian di upload pak??

  6. Ping-balik: Tradisi Pesta Kolak « Batavusqu

  7. Ping-balik: Tradisi Luk Culuk « Batavusqu

  8. Ping-balik: Tradisi antri daging « Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s