Tradisi sahur bareng

Salam Takzim

Sahabat dan pembaca batavusqu yang berbudi

Selain tradisi buka puasa bersama, masyarakat Indonesia juga diperkenalkan dengan istilah sahur bareng, bermula kegiatan ini selalu dilakukan di pondok pondok pesantren dan di tempat tempat rumah sakit atau pengobatan. Istilah sahur bareng beberapa tahun belakangan ini di populerkan oleh mahasiswa dan komunitas sepeda motor/mobil dengan istilah Sahur on the road.

Kemasannya hampir serupa baik yang dikelola oleh mahasiswa maupun para biker yaitu berbagi terhadap sesama. Sasaran utama biasanya adalah para tuna wisma yang sering mengkais rezeki hingga larut malam, atau yang paling mudah dan paling pas adalah mendatangi panti sosial, yang didalamnya terdapat para Yatim piatu.

Untuk sasaran para tuna wisma atau pekerja malam, panitia akan mengkemas sajian makanan sahur dalam satu kemasan sejumlah 200 atau lebih paket nasi kotak, kemudian mereka akan menyelusuri jalan tempat para tuna wisma atau pekerja itu sedang bekerja. Kemudian para pekerja itu diberi satu buah paket makanan sahur dan minumnya. demikian juga para tuna wisma yang tidak memiliki rumah ikut mendapat satu paket nasi kotak.

Setelah sasaran mendapatkan paket, para panitia dan peserta sahur on the road akan ikut makan bareng (sahur bersama). Itulah tradisi sahur bareng yang hingga kini masih dapat kita temui di sepanjang jalan jalan utama.

Berbeda dengan sahur bareng bersama di Panti Sosial, panitia dan pendukung akan datang ke salah satu panti sosial dengan membawa sejumlah paket makanan dan minumnya sesuai dengan jumlah penghuni Panti ditambah dengan panitia dan pendukung sahur bareng, kemudian setelah semua penghuni panti berkumpul mereka akan makan bareng dengan panitia.. Duh enaknya bisa berbagi terhadap sesama.

Semoga dalam waktu dekat ada yang ngajak sahur bareng ah

Iklan

12 pemikiran pada “Tradisi sahur bareng

  1. Bang Iwan

    Sahur On The Road memang perlu dilestarikan, hanya saja ada beberapa kalangan generasi muda yang menggunakan kesempatan event ini untuk hal-hal yang tidak terpuji.

  2. sahur bareng kebanyakan dilakuin hanya dipondok pesantren saja.. tapi setidak-tidaknya masih ada tradisi sahur bareng..

    Salam lebaran dan salam kenal dari saya blogger Malaysia.. moga kita dapat bina jaringan antara dua buah negara..

  3. Ping-balik: Tradisi Pesta Kolak « Batavusqu

  4. Ping-balik: Tradisi Luk Culuk « Batavusqu

  5. Ping-balik: Tradisi antri daging « Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s