Tradisi baju baru

Salam Takzim

Sahabat dan pembaca batavusqu yang berbudi

Menjelang hari raya Idul Fitri sudahlah tradisi bagi masyarakat Indonesia untuk membeli baju baru, sehingga wajar saja jika hampir semua pasar tradisional dan super market dipadati oleh ratusan orang. Para pedagang musiman juga ikut mencari tambahan dengan menjual pakaian dan perlengkapan lebaran.

Jalan-jalan sepanjang pasar semula lenggang kini seakan mengecil karena banyaknya pedagang musiman yang menggelar dagangannya hingga ke bahu jalan, belum lagi para pembeli yang mencari kebutuhan lebaran. Tidak hanya di pasar tradisional saja, di beberapa super market seperti robinson, matahari, dan di pusat pusat perbelanjaan mulai banyak dikunjungi oleh para pembeli.

Udah jamak dan tradisi turun temurun kalau lebaran kita pada membeli baju baru, celana baru, sepatu baru dll. Bahkan, dari tahun ke tahun, tradisi baju lebaran terus mengakar di kalangan semua usia.

Tidak yang muda maupun yang tua, dan tidak ada yang tahu kapan tradisi ini mulai yang jelas sih dari saya kecil sampai sekarang tradisi ini masih berjalan. Kontan pasar atau mall-mall pada penuh sama orang yang ingin berbelanja walaupun berisiko pada saling berdesakan. Orang berduyun duyun nyari baju buat lebaran. Ngga pasar tradisional ngga yang modern, penuh dengan orang yang berbelanja.

Baju mempunyai arti tersendiri, antara lain :
• Sebagai fashion bagi para pemuda untuk mengikuti trend agar tidak di anggap sebagai pemuda ketinggalan jaman atau kuno,
• Sebagai lambang status sosial yang dimiliki,
• Sebagai memenuhi kebutuhan sandang.

Memang dalam ajaran agama menyebutkan apabila kita beribadah sebaiknya memakai pakaian bersih terhindar dari najis. Maka dalam hal tradisi membeli baju menjelang lebaran dapat dibenarkan karena kita akan beribadah tahunan dengan memakai pakaian yang terbaik kita miliki.

Alhamdulillah untuk yang namanya baju lebaran istri saya sudah membeli jauh sebelum pasar sesak, sehingga di penghujung romadhan kami masih bisa menikmati puasa dirumah.

Iklan

5 pemikiran pada “Tradisi baju baru

  1. ejawantahblog

    Terimakasih atas penjabaran yang sederhana ini Kang. Sukses selalu dan salam untuk keluarga.

    Salam
    Ejawanta’s Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s