Studi Filsafat

Salam Takzim

Sahabat dan pembaca batavusqu yang berbudaya.

Yang ku tahu AIR itu selalu mengalir ke bawah, (simbol kerendahan hati) lalu membentuk permukaan yang sama (simbol persamaan sesama manusia di Bumi), jika dibendung akan berbelok dan mencari jalan keluar (lambang keuletan yang tak kenal putus asa ) Jika tak menemukan jalan keluar maka permukaannya akan meninggi dan meninggi sampai meluap menciptakan banjir atau menjebol bendungan (simbol kekuatan energi yang terus menerus tak kenal henti).

Yang ku tahu API itu selalu menjilat ke atas (simbol perilaku menjilat) Api tidak suka kita di atasnya dan api akan memanggang kita. Api juga tidak suka kalau kita mensejajarkan diri kita dengan api karena api selalu membuat kita gerah dan tidak nyaman, yang diingini api adalah selalu di atas kita seperti kita membawahi obor, kita angkat tinggi2 obor itu dan membiarkan api menyala di atas kepala kita (simbol kesombongan atau aroganisme. )

Yang ku tahu TANAH itu, selalu kita injak-injak, selalu kita kencingi, selalu kita kotori, selalu kita ludahi dan menjadi tempat kita membuang segala sampah busuk yang menusuk, tapi balasan yang kita terima dari tanah adalah segala macam tumbuhan untuk makanan kita dan obat2an yang bisa menyembuhkan di kala kita sakit, juga memberikan air sebagai daya dukung utama bagi kehidupan kita semua makhluk hidup di atas tanah. di kala kita meninggal, tanah satu2nya tempat istirahat kita sampai kita dibangkitkan kelak di hari kebangkitan. itulah tanah lambang dari segala sifat kebaikan dan kesempurnaan akhlak.

Yang ku tahu UDARA itu muncul karena ada perbedaan tekanan yang disebabkan oleh perbedaan temperatur yang sangat ekstrim. Intinya Udara selalu mengalir dari kawasan bertekanan tinggi menuju kawasan bertekanan rendah, (itulah lambang keseimbangan dalam hidup ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s