Tradisi malam tanggal 17 Ramadhan

Salam Takzim

Sahabat dan pembaca batavusqu yang budiman

Masih teringat dengan kehebatan malam qunut bagi masyarakat kampung Cinere dan masyarakat pesisir provinsi Jawa Barat atau masyarakat gorontalo. kali ini tidak kalah hebatnya dengan tradisi malam qunut, yaitu malam Nuzulul Qur’an. ya malam yang selalu diperingati oleh sebahagian masyarakat Indonesia di setiap bulan Ramadhan.

Sebahagian masjid dan musholah di tanah air merayakan malam Nuzulul Qur’an yang jatuh pada malam tanggal 17 di bulan Ramadhan. tradisi ini diawali dari mulai sholat ashar sampai dengan pukul 24.00. Setelah melaksanakan sholat Ashar para jamaah berkumpul untuk membaca Alqur’an sebanyak banyaknya hingga waktu magrib.

Jamaah diatur sedemikian rupa untuk pembacaan Qur’annya. Jumlah 30 Zuj dibagi rata dengan jumlah jamaah yang hadir. agar 30 Zuj Alqur’an terbaca penuh. Misalkan ada 45 0rang maka yang 30 orang membaca masing-masing satu zuj sementara 15 orang yang melebihi tartilnya membaca masing-masing 2 Zuj.

Setelah waktu magrib jamaah disediakan tazil untuk membatalkan puasanya kemudian setelah sholat magrib pembacaan tadarus Alqur’an dilanjutkan hingga selesai. Apabila ada yang belum selesai akan diteruskan oleh para jamaah yang sudah mahir membaca Alqur’an secara murotal. Sungguh sebuah tradisi yang patut dicontoh karena hal ini merupakan manifestasi dari makna gotong royong.

Acara dilanjut dengan sholat isya dan sholat taraweh. kemudian malam inti dari peringatan Nuzulul Qur’an adalah ceramah agama yang biasanya di datangkan ulama dari luar seperti habib dan atau kiyai yang cukup terkenal. Seputaran makna dari nuzulul qur’an (malam turunnya Al-Qur’an) di kupas tuntas oleh sang habib atau kiyai.

Kemudian acara ditutup dengan makan bersama, ya hampir menyerupai dengan malam qunut seluruh jamaah akan merasakan nikmatnya makan bersama satu kampung. alas makannya bukan dengan menggunakan piring tetapi dengan alas daun pisang. wah pokoknya seru dan mantab deh. Nah bagi pembaca yang ingin mengetahui secara dalam tentang malam Nuzulul Qur’an silahkan cari masjid atau mushola yang menyelenggarakan acara ini nanti malam.

Demikian tersaji, dengan tetap bukan untuk dipuji apalagi dicaci namun semata hanya untuk diketahui.

——————————————————————————————————————–

Salam Takzim Batavusqu

Iklan

2 pemikiran pada “Tradisi malam tanggal 17 Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s