Pasar Anyar Bogor

Salam Takzim

Sahabat dan Pembaca Batavusqu yang berbudi

Selepas mengantar istri ke pasar Anyar Bogor ko rasanya saya ingin sekali menceritakan keberadaan pasar anyar yang berada di kota Bogor. Ya pasar Anyar yang berada di pusat kota bogor ini dahulu bernama pasar kebon kembang.

Hampir semua masyarakat Bogor tahu keberadaan pasar ini karena hampir 50% angkutan kota yang ada di kota Bogor melintas di pasar ini. Ya luasnya pasar anyar yang dimulai dari jmbatan merah kota bogor terjajar ke utara hingga wilayah kampung kebon pedes bogor utara. Karena saking luasnya area pasar ini segala jenis dagangan terjual di pasar ini.

Menurut sejarah pasar ini sama dibangunnya dengan stasiun Bogor tahun 1881 wuih sudah tua sekali ya tetapi walau sudah hampir memasuki abad ke 3 pasar ini tetap saja bernama pasar anyar yang kalau diartikan adalah pasar baru. ‘

Dahulu pasar ini adalah pusat perdagangan terbesar di kota Bogor karena pada zaman dahulu kendaraan sangat sulit dan kendaraan yang paling cepat dan murah adalah kereta diesel. Sarana transfortasi inilah yang mempertemukan beberapa pedagang dari mulai Sukabumi hingga Jakarta. Letak pasar anyar yang berada di sepanjang stasiun bogor menjadikan pasar ini sangat terkenal.

Mungkin sudah puluhan kali pemerintah daerah kota Bogor menata pasar ini agar lebih rapih, namun beberapa kali di relokasi tetap saja pasar ini krodit karena padat dengan penjual dan pembeli. Jadi kalau sahabat ke pasar ini jangan harap bisa cepat kembali.

Oh ya sahabat jika sahabat ingin melihat lebih dekat tentang pasar anyar, sahabat yang dari jakarta depok tangerang bisa menggunakan kereta commuter line turun di Stasiun Bogor. Nah dari stasiun inilah ke arah utara pasar ini berada. Sebelumnya saya menyarankan untuk yang bawa anak kecil jangan sampai lepas kontrol karena kalau sampai lepas kontrol maka sering anak kecil terpisah dari ibunya atau bapaknya. Selamat menikmati pasar anyar sahabatku

Seperti biasa tersaji bukan untuk dipuji apalagi dimaki namun semata hanya untuk melengkapi

———————————————————————————————————————————————

Salam Takzim Batavusqu

Iklan

2 pemikiran pada “Pasar Anyar Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s