Kertas Suara

Salam Takzim

Sahabat dan pembaca batavusqu yang berbudi

Pagi yang cerah bertemankan kicau burung dan sorotan mentari menjadikan hari ini begitu indah. Sejak subuh tadi batavusqu sudah bersiap untuk ke tempat pemungutan suara ya karena batavusqu mau menyaksikan secara langsung prosesi pemilu tahun 2014 di lingkungan batavusqu.

Sejak pukul 6 pagi batavusqu sudah berada di TPS 092 ya tempat pemungutan suara bagi warga RT003 dan RT004 di lingkungan RW 016. Sebagian orang juga sudah hadir selain petugas KPPS, ada yang merapihkan kursi kursi pelastik tempat duduk para warga yang akan memilih, ada yang memasang gambar caleg DPR-RI DPRD dan caleg DPD ada pula yang sedang menata bilik suara dan ada pula yang bersiap di pintu masuk dan keluar. Pokoknya suasananya begitu mesra sekali.

Tepat pukul 7 semua anggota KPPS sejumlah 7 orang ditambah 2 orang PAM mengikuti pembacaan sumpah petugas. Ibu sumarti sebagai ketua KPPS membacakan sumpah KPPS diikuti 8 orang peugas untuk menjadi petugas yang sebaik”nya. Setelah pembacaan sumpah ketua KPPS membuka kotak suara yang kali ini terbuat dari kardus dengan disaksikan perwakilan dari partai. Semua isi kotak suara dikosongkan dan disegel dengan gembok.

Isi kotak suara pada saat dibuka adalah kertas suara, nah di kertas suara inilah terdapat nama nama para calon legislatif yang akan menduduki kursi parlemen. Ada 3 jenis kertas suara yang dikat dengan karet per dua puluh lembar, saat dihitung ada 444 kertas suara berwarna Kuning 443 kertas suara berwarna merah dan 444 kertas suara berwarna Biru. Masing masing pemilih diberikan kertas suara sebanyak 3 lembar.

hahay karena sudah datang lebih pagi tentunya batavusqu juga diberikan kesempatan untuk memilih lebih awal. Tepat pukul 8.05 batavusqu dipanggil setelah menerima kertas suara batavusqu menuju bilik suara yang juga terbuat dari kardus dalam bilik suara batavusqu harus membuka kertas suara dari lipatan agar tidak salah mencoblos. Dari sekian banyak kesalahan justru dari pencoblosan kertas suara yang tiak dibuka semua jadi saat dicoblos lipatan bawahnya ikut tercoblos.

Setelah mencoblos batavusqu kembali melipat kertas suara dan memasukkannya ke kotak suara. Pada saat memasukkan kertas suara ke kotak suara juga tidak boleh salah memasukkan ya untuk kertas suara berwarna kuning dimasukkan pada kotak suara berlogo DPR-RI dan kertas suara berwarna Merah dimasukkan pada kotak suara berlogo DPD demikian juga dengan kertas suara berwarna biru pada kotak berlogo DPRD.

Setelah memasukkan kertas suara batavusqu menuju tanda keluar dengan sebelumnya mencelupkan salah satu jari ke botol tinta. Nah disinilah sebagai proteksi bagi pemilih untuk tidak memilih yang kedua atau yang ketiga. Sambil terus menulis akhirnya prosesi mencoblos kertas suara selesai dilaksanakan.

Seperti Biasa tersaji bukan untuk dipuji apalagi dicaci namun semata untuk mengisi

———————————————————————————————————————————————

Salam Takzim Batavusqu

5 pemikiran pada “Kertas Suara

  1. Ping-balik: Gerindra | Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s