Akad Nikah

Salam Takzim

Sahabat dan pembaca batavusqu yang berbudi

Upacara akad nikah bagi pasangan calon mempelai merupakan suatu yang ditunggu tunggu, karena pada upacara akad nikah akan ada perjanjian antara kedua calon ya kedua calon mempelai. Untuk calon mempelai wanita di ucapkan oleh ayahnya atau walinya sedangkan pada calon mempelai pria diucapkan langsung oleh calon mempelai pria.

Upacara akad nikah keluarga bapak Suparno akan diselenggarakan di dalam Masjid Nurul Falah tepat pukul 08.00. Berbagai atribut sudah dipersiapkan oleh kami selaku panitia, selepas sholat subuh kami telah disibukkan dengan kegiatan rutin akad nikah ya mulai dari menempatkan meja konsumsi, perangkat sound sistem masjid bagian dalam sampai kepada batas-batas rombongan cpp dan cpw serta perlengkapan ijab qobul ikut dipersiapkan.

Agak sedikit bergeser dari waktu yang telah ditentukan padahal penghulu dari KUA sudah hadir 30 menit sebelumnya. Menurut wakil dari CPP melalui kontak telepon jalanan menuju wilayah kami mengalami kemacetan. Hehehe maklum dah senen ya pasti macet dibilangan bunderan UI. Karena di bunderan UI ini jalan dari arah pasar minggu depok dan kelapa dua menyatu di ruas jalan yang hanya 6 meter. Sekitar pukul 8.30 rombongan CPP datang dengan iringan musik marawis dari condet tabuhan gendang-gendang kecil dari kejauhan membuat hati” cemas menjadi lega.

Setelah memasuki pelataran Masjid para tetamu dari CPP disambut oleh kami rombongan CPW. Pemandu acara mulai mempersilahkan para tetamu dari Condet untuk menempatkan diri ditempat yang telah ditentukan, sementara kami CPW memutar arah menuju serambi kanan Masjid.

Pemandu acara sekaligus MC mengawali acara dengan menghentikan terlebih dahulu suara suara yang ada Acara diawali dengan pembacaan Al-Fatehah kemudian sambutan dari CPP yang dalam hal ini diwakilkan oleh bapak ust. Marzuki asal Condet kemudian sambutan CPW yang diwakilkan oleh sesepuh kami Ust. H. Dadang Suhendang. Kemudian acara seserahan dari CPP ke CPW dalam hal ini seserahan dilaksanakan oleh orang tua pasangan calon mempelai. Ada 30 bentuk buah tangan dipersiapkan oleh CPP kepada CPW.

Setelah acara seserahan orang tua CPW mengapit CPP ke ruang utama Masjid, disana telah menunggu !apak penghulu dan ust. Mukhlis yang akan berperan sebagai pembaca taqlig dan nasehat perkawinan. Pada acara ijab qobul rombongan tidak lagi dipisah secara tempat muasal, tetapi dipisah berdasarkan jenis kelamin. Laksana sholat wanita disebelah kiri dan pria di sebelah kanan penghulu dan pasangan.

Kembali pemandu acara menenangkan suara dan memulai acara yang penuh sakral ini. Pembacaan ayat-ayat suci Alqur’an dan sari tilawah mengawali acara ini kemudian acara sepenuhnya diserahkan oleh penghulu. Penghulu memanggil bapak Suparno untuk lebih mendekat dan berada persis disamping kiri penghulu sementara kedua calon berada didepan pak Suparno dan bapak penghulu dengan hanya dibatasi oleh meja kecil peranti penanda tanganan. Kemudian penghulu membacakan taqlig sebagai pengharapan agar acara ini berjalan lancar.

Tepat pukul 9.15 pak penghulu memberi kode kepada bapak suparno untuk membacakan tulisan yang sudah dipersiapkan “Wawan Setiawan saya nikahkan dan saya kawinkan engkau dengan anak kandung saya Novi Indriani dengan mas kawin 14 gram emas dibayar tunai”. Kemudian saat pak suparno menyebut kata tunai pak penghulu memberi kode kepada wawan untuk membaca tulisan yang juga telah disiapkan “Saya terima nikahnya dan kawinnya Novi Indriani binti Suparno dengan mas kawin yang tersebut tunai. Gemuruh para saksi membaca Alhamdulillah yang berarti ijab qobul sah dilaksanakan dalam artian luas Novi dan Wawan resmi menjadi pasangan suami istri.

Acara selanjutnya penandatanganan buku nikah dari para saksi, wali dan juga kedua mempelai. Setlah itu ust. Muklis memberikan ceramah sebagai nasehat perkawinan. Selesai sudah upacara akad nikah bagi Novi dan wawan untuk selanjutnya kedua mempelai dan kedua orang tua diiring para penabuh rebana untuk menuju tempat kediaman bapak Suparno dan ibu Jumharni.

Seperti biasa disaji bukan untuk dipuji apalagi dicaci namun semata hanya untuk melengkapi.

—————————————————————————————————————————————————–

Salam Takzim Batavusqu

6 pemikiran pada “Akad Nikah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s