Arisan

Salam Takzim

Sahabat dan pembaca batavusqu yang berbudi

Istilah arisan entah siapa yang memunculkan hingga kini saya hanya paham dengan maknanya. Ya arisan adalah tempat silaturahmi perkumpulan suatu komunitas, didalamnya terdapat pengumpulan uang dengan jumlah tertentu untuk kemudian diberikan kepada salah satu anggotanya dengan cara dikocok.

Dari jumlah anggota yang ikut diberikan kewajiban menyetorkan uang kepada pengelola arisan untuk kemudian dibagikan secara bergilir, kepada anggota yang ikut arisan diwajibkan mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan di awal arisan. Biasanya selain uang arisan ada juga uang konsumsi uang sosial dan uang kas. Besarnya tergantung dengan kesepakatan.

Saat ini saya mengikuti 5 arisan pada komunitas yang berbeda Arisan pertama adalah komunitas warga yang dilaksanakan setiap malam Sabtu di Minggu 2, arisan kedua adalah komunitas keluarga yang dilaksanakan setiap hari Minggu di Minggu kedua, arisan ketiga adalah komunitas alumni smp yang dilaksanakan setiap hari Minggu diminggu pertama sedangkan Arisan ke empat adalah komunitas kantor yang berada di wilayah Beji Timur dan sekitarnya, adapun arisan kelima atau terakhir adalah komunitas motor yang dilaksanakan di hari Minggu pada minggu ketiga

Bagi saya arisan selain sebagai sarana silaturahmi juga sebagai tempat untuk menabung. Saat ini saya sedang ikut arisan kantor warga Beji, karena yang kedapetan baru ada waktunya sekarang. Selain arisan pada komunitas ini juga ada koperasi simpan pinjam dan sumbangan sukarela untuk anak yatim. Untuk koperasi simpan pinjam, anggota diperbolehkan meminjam uang dengan memberikan uang jasanya sebesar 10%. Sedang uang anak yatim akan dibagikan setiap pada tanggal 1 Muharram mulia sekali kan hehehe.

Seperti biasa tersaji bukan untuk dipuji apalagi dicaci namun semata hanya untuk mengisi.

———————————————————————————————————————————————

Salam Takzim Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s