Koperasi Bermasalah

Salam Takzim

Sahabat dan pembaca batavusqu

Tepat 15 tahun berdirinya koperasi karyawan sejahtera yang ada di tempat saya bekerja dan baru satu kali ada rapat luar biasa kemarin. ya rapat luar biasa yang dilaksanakan karena ada masalah besar yang terjadi di dalam tubuh koperasi ini, apa masalahnya mari kita simak bersama

Sejak 1999 saya menjadi anggota koperasi yang ada di tempat saya bekerja, saat itu semua anggota diwajibkan membayarkan simpanan pokok sebesar 100 ribu dan selanjutnya wajib membayarkan uang simpanan wajib sebesar 25 ribu setiap bulannya. Saat itu koperasi dipimpin oleh orang yang masih aktiv dan terpilih atas dasar mupakat.

Keberadaan koperasi sampai dengan 10 tahun pertama tidak ada masalah, hanya saja belum pernah dilakukan pergantian pengurus. saat itu kami tenang tenang saja karena kami masih bisa menikmati pinjaman uang dan mencicil barang elektronik dan atau perabota rumah tangga yang lain.

Pada tahun 2010 ketua koperasi kami jatuh sakit dan sampai tahun 2012 tidak sembuh namun roda koperasi masih bisa berjalan dengan bantuan beberapa tenaga sukarela yang ikut serta mendirikan koperasi, Tahun 2013 ketua koperasi meninggal dan mulailah pengurus yang ada didalamnya bingung bahkan super bingung, bagaimana nantinya jika ditanyakan oleh anggota keberadaan uang simpanan wajib yang setiap bulan dipotong melalui keuangan kantor.

Tepat hari Senin 28 April 2014 anggota dikumpulkan oleh direktur, bak petir disiang bolong para anggota kaget ternyata uang anggota ikut raib bersama meninggalnya ketua koperasi. dan bukan hanya itu keuntungan yang seharusnya diberikan sebagai Sisa usaha juga ikut raib. Nah mulailah para anggota mempertanyakan, namun tetap tak satu pun pengurus yang bisa menjawab kemana uang simpanan wajib dan simpanan pokok.

Akhirnya direktur membentuk pengurus transisi sebagai pengurus yang akan menelusuri dan sekaligus mengaudit keuangan koperasi. Saya ikut miris akan kejadian ini, masa sih kita menagih sama orang yang sudah meninggal, atau harus menerima dengan ikhlas uang yang raib itu, semoga ada jalan untuk kami semua.

Seperti biasa tersaji bukan untuk dipuji apalagi dicaci namun semata hanya untuk diketahui.

————————————————————————————————

Salam Takzim Batavusqu

Satu pemikiran pada “Koperasi Bermasalah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s