Informasi Senjata, Gratisss !

Sabtu, 16 Januari 2010

Salam Takzim

Sahabat dan pembaca batavusqu yang terkasih..

Sebagai hasil pemberitaan di media batavusqu beberapa hari lalu, saat sahabat mereview postingan batavusqu melalui komentarnya. ‘habis nikah punya anak terus puasa eh besok apa lagi ya’,  hehehe saya mau menawarkan informasi senjata gratisss, ya informasi senjata gratisss. Konon banyak sahabat termasuk Batavusqu adalah pecinta yang gratis gratis, hehehe dengan WP gratis pula batavusqu tegar berdiri. Awas jangan berpedoman Gratis kita Teguh Bayar Kita Runtuh

.

Senjata khas dari masing-masing daerah merupakan peralatan unik yang pasti dimiliki oleh masing masing kepala adat atau orang-orang tua dulu. Dengan senjata ini mereka mempertahankan negeri ini dari penindasan para penjajah, konon ada beberapa senjata yang memiliki nilai keramat dan tidak boleh dipegang sembarang orang.

.

Dengan Senjata ini pula para pendahulu mempertahankan keutuhan budaya  tetap hidup, seperti para pemburu yang dikenal dengan sebutan orang dayak senantiasa menggunakan sumpitnya untuk berburu, dan pemuda Ambon yang menggunakan senjatanya untuk membabat hutan, seta kepiawaian orang Papua melempar belati untuk rusa.

.

Nah pemirsa dan sahabat kedepan batavusqu akan mencari tau dan menyajikan kepada sahabat dan pembaca agar sahabat dan pembaca mengetahuinya.

.

Berikut nama-nama senjata tradisional khas daerah adat di Indonesia

  1. Jakarta = Parang, golok
  2. Jawa Barat = Kujang
  3. Jawa Tengah = Keris
  4. Jawa Timur = Celurit
  5. Jogja = Keris
  6. Aceh = Rencong
  7. Sumatra Utara = Piso surit
  8. Sumatra Barat = Karih, Piarit, Riduih
  9. Sumatra Selatan = Tombak trisula
  10. Riau = Pedang Jenawi, Badik Tumbuk Lado
  11. Bengkulu = Kuduk, Badik, Rudus
  12. Jambi = Badik Tumbuk Lado
  13. Lampung = Terapang, Pehdok Payan
  14. Kalimantan Barat = Mandau
  15. Kalimantan Tengah = Mandau, Lujuk Sumpit Randu
  16. Kalimantan Timur = Mandau
  17. Kalimantan Selatan = Keris, Bujak Beliung
  18. Sulawesi Utara = Keris, Peda, Sabel
  19. Sulawesi Selatan = Badik
  20. Sulawesi Tengah = Pasatimpo
  21. Sulawesi Tenggara = Keris
  22. Maluku = Kalawai, Parang Salawaki
  23. Papua = Belati
  24. NTB = Keris, Sampari, Sondi
  25. NTT = Sundu
  26. Bali = Keris
  27. Banten = Kujang
  28. Bangka Belitung = Rudus
  29. Kep. Riau = badik Tumbuk Lado
  30. Gorontalo = Badik
  31. Sulawesi Barat = Pasatimpo, Keris
  32. Maluku Utara = Kalawai
  33. Papua Barat = Sumpit

.

Seperti biasa walau gratis batavusqu berusaha menyaji bukan untuk dipuji apalagi dihina, namun hanya untuk diketahui, dan dinikmati.

.
Sumber = Otak Kanan & Otak Kiri Batavusqu

.

Salam Takzim Batavusqu

|warisan Telukabessy|1 Suro di Cirebon||1 Suro di Tuban|Kado|
Gunung Kemukus|Rambu Solo|Hari Ibu|Ritual Ngaben|Ritual Gimbal|Natal|Natal Tante Alexa|Zipoer7 VS Batavusqu|Tradisi Bayi Turun Tanah 1|Tradisi Bayi Turun Tanah 2|Tradisi Bayi Turun Tanah 3|Tradisi Bayi Turun Tanah 4||Tradisi Bayi Turun Tanah 5|Ada kutu di WordPress|Kutu Bikin Gatel|9 Hari Pertama|Pengantar Puasa Senin Kamis|Ritual Puasa Senin Kamis 1|Ritual Puasa Senin Kamis 2|Ritual Puasa Senin Kamis 3 (habis)|KutuBacaBuku Di Batavusqu|

Iklan

114 pemikiran pada “Informasi Senjata, Gratisss !

      1. Hehehee kang Alam pecinta gratis juga yakk, selamat anda dapat gratis info senjata hari ini, Untuk sang komentar kayak githu makasih He!
        Pokoknya tanks buat kang Alam dalam pengamanan dan izinnya

    1. Mas Alamendah.. aku ikutan doong..:D

      MasZipoer.. thx infonya..
      terkadang aku sulit juga tuk mencari tugas anak ku ttg senjata tradisional..
      Dan di sini aku temukan.. 🙂

  1. saya asli orang sunda tapi belum melihat kujang asli 😦
    Tapi keris malah keris, clurit, badik, mandau malah pernah.
    Terima kasih atas info yang menarik ini Mas.
    Salam hangat selalu 🙂

    1. Kalau kujang yang asli ada di musium Bogor kang, sungguh bagus betul guratannya kang. Tanks ya kang sudah menempatkan otak kanan saya di postingan terunik.
      Warnanya hari makasih ya kang

  2. tary si kuman

    ass. piye kabare pak?
    salam takzim yo
    wahh…aku asli dr bangka tp baru tau skr kl ada yg namanya rudus.blm pernah liat juga pak.

  3. Selamat sore Mas…

    Walau saya orang jawa barat tulen, tapi engga pernah megang sekalipun yg namanya kujang… mungkin hanya beberapa orang saja yang mempunyainya…

      1. Hehehehe.. Terima kasih Kang… dulu awal ngeblog pake nya gratisan dulu… setelah dianggap potensial untuk “dikembangkan” akhirnya gatel juga buat nyoba2 self hosted… Link nya sudah di pasang ya Kang, atas nama Mas Zipoer… Terima kasih link saya dipasang di rumah Kang Zipoer… Semoga tali silaturahim engga terputus…

        Salam

  4. kebanyakan berbentuk senjata tajam yah… memang seperti itulah senjata tradisional kita.

    dan sampe sekarangpun kita masih belum bisa membuat senjata canggih yang bener2 canggih… ada pindad tapi pindad kebanyakan hanya alih teknologi dari luar…

    kapan mau majunya yah negeri ini…???

    1. Jangan gitu dong, kang
      Kita sudah maju kok, memang kalau di bidang senjata kurang terdepan tapi dibidang yang lainnya banyak juga pak yang sudah bisa diberikan ibu jari. maap Majulah Indonesiaku

  5. -좋은 주말 보내세요. ( joheun jumal bonaeseyo ) ” selamat akhir pekan”.
    Semoga bahagia selalu bersama keluarga tercinta.

    Salam hangat dengan cinta

    ruanghati.com

  6. wyw1d

    Entah kenapa sampai sekarang saya masih suka yang gratisan. Ngeblog aja masih di WP yang gratisan juga …hehehe
    Salam kenal ya Mas Zipoer,
    Senang bisa berkunjung dan bersilaturahmi ke blog ini. Untuk lebih menjalin tali silaturahmi perkenankan link blog ini saya pasang di blog saya.
    Salam hangat jabat erat dari blogger kota Rembang.
    Rachmadwidodo’s Weblog
    http://wyw1d.wordpress.com/

  7. kutu serem ahh klo masalah senjata hee, klo dah dibikin gak tajem baru berani deket, takut klo ada setan lewat, hee … kayaknya kutu ngeh tuh maksud kata2 terakhir, pizz ahh

    selamat yah mas zipoer dapet hadiah lagi dari Kang Yayat …

  8. Siti Fatimah Ahmad

    Assalaamu’alaikum

    Apa khabar kang Zipoer7 ? lama tidak berkunjung ke mari… banyak hal perlu dilakukan setelah kembali bertugas. Terima kasih masih sudi bertandang ke laman saya sebagai tanda ingatan sebuah persahabatan yang selalu ada. saya tidak pernah melupakan semua sahabat saya di dunia maya. kangen malah.

    Membaca postingan menarik tentang senjata gratis di atas,banyak memberi maklumat yang bermanfaat untuk kita renungi betapa kayanya kita dengan adat dan budaya. Selain itu nama-nama senjata pelbagai daerah di sana sama juga seperti di Malaysia dan disebutkan mengikut daerah masing-masing dan mengikut kaum. hal ini menunjukkan adanya persamaan dalam masyarakat dan negara di Nusantara sejak dulu lagi hingga sekarang.

    Salam mesra selalu dari Sarikei, Malaysia.

  9. Ping-balik: Golok bukan go! Blog « Batavusqu

  10. Ping-balik: Kujang; Ajimat Raja Pasundan « Batavusqu

  11. Ping-balik: Artikel Terunik Pertama Leysbook « Batavusqu

  12. Ping-balik: Artikel Terunik Pertama Di Leysbook « Batavusqu

  13. Ping-balik: Rencong Milik Aceh « Batavusqu

  14. Ping-balik: Kode Etik Nara Blog (Blogger) « Batavusqu

  15. Ping-balik: Celurit di mata Carok « Batavusqu

  16. Ping-balik: Hadiah Terunik Akhirnya Terbit « Batavusqu

  17. Ping-balik: Ceria bersama Si Bungsu « Batavusqu

  18. Ping-balik: Gerbang Baru Mulai Terbuka « Batavusqu

  19. Ping-balik: Kemeriahan Humberqu « Batavusqu

  20. Ping-balik: Berburu Dengan Sumpit « Batavusqu

  21. Ping-balik: Humberqu Jilid 1 « Batavusqu

  22. Ping-balik: 3 Hari yang tertinggal « Batavusqu

  23. Ping-balik: Jambore Bersama Bhirawa « Batavusqu

  24. Ping-balik: Risalah Untuk Rusma « Batavusqu

  25. Ping-balik: Reportase Kemeriahan Humberqu « Batavusqu

  26. Ping-balik: Humberqu Jilid 2 « Batavusqu

  27. Ping-balik: Ayoo gerakkan tubuh sambut pagi ceria « Batavusqu

  28. Ping-balik: Tradisi Aruh Baharin 1 « Batavusqu

  29. Ping-balik: Aruh Baharin 2 (habis) « Batavusqu

  30. Ping-balik: Permohonan Maap « Batavusqu

  31. Ping-balik: Nilai-nilai Budaya Makassar 1 « Batavusqu

  32. Ping-balik: Nilai-nilai budaya Makassar 2 « Batavusqu

  33. Ping-balik: Nilai-nilai Budaya Makassar 3 (end) « Batavusqu

  34. Ping-balik: Wisata Kuliner khas Makassar 1 « Batavusqu

  35. Ping-balik: Wisata Kuliner Khas Makassar 2 « Batavusqu

  36. Ping-balik: Wisata Kuliner Khas Makassar 3 (end) « Batavusqu

  37. Ping-balik: Peduli Sahabat « Batavusqu

  38. Ping-balik: Tali Asih dari Pakde Cholik « Batavusqu

  39. Ping-balik: Penghuni Cempaka Mas Teler « Batavusqu

  40. Ping-balik: Kupersembahkan untuk yang paling Sedjatee « Batavusqu

  41. Ping-balik: Mengenang 64 Tahun Bandung Lautan Api « Batavusqu

  42. Ping-balik: Jail ko tega sih « Batavusqu

  43. Ping-balik: Mari Matikan Lampu Selama 60 Menit « Batavusqu

  44. Ping-balik: Jakarta Kota Air (Bagian 2) habis « Batavusqu

  45. Ping-balik: 3 Fasilitas Yang Mengganggu « Batavusqu

  46. Ping-balik: Juri dapat cindra mata « Batavusqu

  47. Ping-balik: Badik Senjata Tradisional Masyarakat Sulsel « Batavusqu

  48. Edhi Purwa

    Thx saya terbantu sekali dengan gambar2 yang anda share di sini untuk mengajar murid2 saya pada tema tanah airku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s