Kode Etik Nara Blog (Blogger)

Kamis, 21 Januari 2010

Salam Takzim

Pemirsa dan sahabat batavusqu yang berbudi

Pada hari Rabu, 20 Januari 2010 seperti biasa saya melakukan kunjungan ke tempat blog para sahabat untuk mencari ilmu dan informasi yang bisa menguatkan otak kanan saya, dan sesekali menuju salah satu blog Favorite saya yakni http://kangboed.com/untuk melihat hal yang baru. Link KangBoed.com selain saya letakkan di link sahabat  juga saya lakukan pembuatan umpan RSS di kolom widget, hal ini saya lakukan untuk memantau postingan baru yang dibuat oleh Kang Boed.

Pada pukul 23.00 kembali saya melakukan Blog Walking pastinya ke tempat KangBoed, dan ada postingan tentang kritikan untuk pelaku komentator copas dan sangat sangat kurang nyaman bagi otak kanan saya saat membaca postingan itu, apa lajur terus saya click  backlink nya, ternyata menuju ke kafe28’blogs, dan saya jadi tertarik membaca blognya orang hebat, ya blognya mas iskandaria.

Ketidaknyamanan otak kanan saya ternyata mengakibatkan otak kiri saya bekerja, dan kemudian mencari di mana ketidaknyamanannya, hehehe inilah hasil kutipan dari blognya kangboed

Buat Mas Iskandar terima kasih atas ketulusan anda dalam mengkritik blog saya ini.. walaupun akhirnya saya kecewa ketika saya diberitahu teman mengenai komentar mas Iskandar di tempat sahabat saya mas DWI yang isinya ternyata langsung menunjuk muka saya tanpa angin dan hujan..

Terus terang saya tidak paham dan kenal dengan  mas DWI yang mana dan inilah review dari blognya mas DWI

By iskandaria, January 13, 2010 @ 8:42 pm

Kalo KangBoed suka komentar COPAS tuh

Menurut saya kurang etis kalo kita ngasih komen dengan ISI yang SAMA PERSIS ke segala postingan dan ke semua blog yang dikunjungin.

Coba hargai dikit dong pemilik blog dengan komentar yang nyambung dengan topik.

Ya dari hasil kritikan itu kangBoed menyudahi acara rutinnya untuk memberikan hadiah kepada para top komentator di blognya, sambil menunggu usul saran dari para sahabat.

Dari uraian diatas pandangan mata saya saat berkunjung ke kafe28’blogs menjurus pada kode etik blogger, ya kode etik nara blog (Blogger) . Terus terang saya baru tau kalau nara blog diberikan rambu rambu untuk menjaga dan saling menjaga, pantas juga ya di blog pakde saya ada tulisan Ngeblog sing Enak tapi gak sakEnake

Kemudian saya search di google saya menemukan ulasan lengkap tentang kode etik blogger dari http://blog.kenz.or.id, nah untuk para sahabat khususnya diri saya sendiri mari kita simak dan kita kembali mengingat kode etik nara blog tersebut.

Inilah hasil copas dari blog dot kenz dot or dot id

Kode Etik Blogger Indonesia merupakan gerakan moral dari blogger untuk menunjukkan itikad baik sebagai manusia Indonesia yang memiliki harkat martabat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945.

Kode Etik Blogger Indonesia diharapkan menjadi pedoman yang dapat mencegah terjadinya pelanggaran hak-hak asasi orang lain dan juga sebagai solusi yang cair untuk menyikapi Undang-undang ITE 2008 yang sangat merugikan blogger bermasalah. Kode Etik Blogger Indonesia diharapkan juga menjadi sarana pembelajaran nilai-nilai bagi blogger pemula sejak dini.

Sebagaimana gerakan moral lainnya, siapapun boleh tergabung di dalamnya. Tidak ada sanksi hukum dalam gerakan ini, selain sanksi moral berupa ketidak-etisan yang  akan timbul dalam hati nurani para pelanggarnya. Tidak ada dewan pengawas atau kehormatan yang akan mengatur dan mengawasi, semua diserahkan kepada hati nurani kemanusiaan dan rasa tanggung jawab blogger kepada Sang Pencipta.

————————————————————————————————————————

KODE ETIK BLOGGER INDONESIA

Kami Blogger Indonesia dengan kesadaran diri atas nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945, sepakat berada dalam  suatu norma/nilai-nilai untuk menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan kami. Norma tersebut terangkum dalam Kode Etik Blogger Indonesia, yaitu :

1. KEJUJURAN DAN NIAT BAIK
Kami menyadari bahwa blog merupakan representasi kami di dunia maya yang anonim. Oleh karena itu kami ingin menunjukan niat baik kami untuk menampilkan identitas yang tidak digunakan untuk menipu dan tindakan jahat lainnya dalam blog maupun dalam komentar di blog lain.

2. KERAHASIAAN
Kami menyadari bahwa dunia internet tidak menjamin kerahasiaan data-data pribadi kami maupun data-data pribadi orang lain, sehingga kami harus menjaga data-data pribadi tersebut dalam batas tertentu  agar tidak disalahgunakan oleh siapapun untuk tujuan yang tidak baik.

3. TANGGUNG JAWAB
Kami menyadari bahwa apa yang kami tulis merupakan buah pikiran dan ekspresi perasaan kami yang mungkin dapat dipersepsi berbeda oleh orang lain. Oleh karena itu kami siap mempertanggungjawabkan dengan cara memberi penjelasan, atau memberikan referensi/bukti secukupnya atau memperbaiki tulisan tersebut jika memang terbukti memiliki kesalahan.

4. PENYARINGAN
Kami menyadari bahwa apa yang kami tulis merupakan opini yang dapat memiliki pengaruh yang besar baik positif maupun negatif dalam masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kami akan berusaha untuk menyaring informasi seperlunya dalam tulisan maupun dalam komentar yang diajukan oleh orang lain.

5. HAK CIPTA
Kami menjunjung tinggi hasil karya orang lain dengan tidak melakukan  penjiplakan blog, atau mempublikasikan tulisan/photo orang lain tanpa seijin pemiliknya.

6. KEBEBASAN
Kami menyadari bahwa kebebasan kami berekspresi dilindungi oleh undang-undang, namun kami juga sadar bahwa orang lain juga memiliki kebebasan untuk mendapatkan hak-hak asasi-nya.

7. PERDAMAIAN
Kami akan berusaha mengutamakan penyelesaian secara damai yang menguntungkan semua pihak atas segala permasalahan yang ditimbulkan atas publikasi yang terbukti melanggar hak-hak orang lain.

8. KEBESARAN HATI
Kami siap untuk meminta maaf dan mengajukan perbaikan jika ternyata apa yang kami publikasikan terbukti memiliki kesalahan yang merugikan orang lain ataupun pihak-pihak yang terkait.

9. SOLIDARITAS
Kami menyadari bahwa sebagai satu komunitas blogger Indonesia, kami akan memberikan dukungan baik materi maupun moral bagi sesama kami yang membutuhkan pertolongan ataupun kesulitan dalam tujuan dan maksud-maksud yang baik.

10. HARMONISASI

Kami menyadari pentingnya menjaga harmonisasi hubungan dengan blogger lain. Kami akan berusaha menjauhi sikap permusuhan baik melalui komentar atau postingan yang sengaja

dimaksudkan untuk menghina, melecehkan, mengancam, mengadu domba satu sama lain ataupun tindakan lain yang menganggu harmonisasi hubungan baik.

Demikian Kode Etik Blogger Indonesia ini kami terima untuk bersama-sama membangun moralitas sebagai Bangsa Indonesia demi kemajuan peradaban dan kejayaan Indonesia Raya.

———————————- Revisi 2 Agustus 2009 23:43.
Terima kasih untuk teman-teman blogger yang memberi masukan dan saran, terutama Komunitas Blogger Cahandong.

Kembali tersaji bukan untuk dipuji apalagi dihina, tetapi tersaji untuk perbaikan diri saya pribadi dan para sahabat batavusqu.

Sumber = http://blog.kenz.or.id/

—————————————————————————————————————————–

Salam Takzim Batavusqu

|warisan Telukabessy|1 Suro di Cirebon||1 Suro di Tuban|Kado|
Gunung Kemukus|Rambu Solo|Hari Ibu|Ritual Ngaben|Ritual Gimbal|Natal|Natal Tante Alexa|Zipoer7 VS Batavusqu|Tradisi Bayi Turun Tanah 1|Tradisi Bayi Turun Tanah 2|Tradisi Bayi Turun Tanah 3|Tradisi Bayi Turun Tanah 4||Tradisi Bayi Turun Tanah 5|Ada kutu di WordPress|Kutu Bikin Gatel|9 Hari Pertama|Pengantar Puasa Senin Kamis|Ritual Puasa Senin Kamis 1|Ritual Puasa Senin Kamis 2|Ritual Puasa Senin Kamis 3 (habis)|KutuBacaBuku Di Batavusqu|Informasi Senjata Gratisss|Golok bukan Go! Blog|Kujang; Ajimat Raja Pasundan|Artikel Terunik Pertama Di Leysbook|Rencong Milik Aceh|

Iklan

175 pemikiran pada “Kode Etik Nara Blog (Blogger)

      1. sering melanggar nih keknya aku, terutama masalah copas, kalau prosedur yang benar sih emang harusnya pemuatan ulang sebuah artikel atau materi harus mendapatkan ijin tertulis dari media yang bersangkutan. Perlu dijadikan bahan masukan dan introspeksi bagi kita semua nih, Cuman kadang ya sering mangkel juga pas buat artikel sendiri belum 10 menit dah dicopas dan di gugel puya pengcopas yang unggul, akhirnya ya itu dari pada susah susah ikut copas copas sekalian juga 😀

        nice info gan!!

  1. Menjelajah para bloger sahabat-sahabatku.
    Udara dingin menusuk tulang kuhapi untuk para sahabatku.
    Melihat hasil karya para sahabat.
    Terketuk aku melihat judul diatas.
    Demi persahabatan semua kujunjung tinggi nilai demokrasi.
    Tanpa harus mematikan hati dalam pancaran Illahi.
    Yang menghasilkan karya-karya sejati para sahabatku.

    Cerahkan hati dengan pancaran sinar Illahi
    Tebarkan kedamaian dengan cinta kasih dan kelembutan.
    Tetaplah berkarya mengisi kreatifistas dengan pancaran cahaya Illahi
    Karyamu tetap dinanti…….

  2. salam,
    kalau anda belum kenal, sayalah yang akan memperkenalkan diri mas,…
    nama saya dwi,
    kalau menurut saya, sebuah saran atau kritik boleh-boleh saja. Namun kadangkala kita perlu tahu bagaimana supaya yang kita sampaikan itu tidak membuat orang menjadi tersinggung atau sakit hati. Kalau orang jawa bilang
    “Menang Tanpa Ngasorake”
    Dan yang terakhir adalah, saya hanya bisa berharap tercipta suasana yang penuh kedamaian dan kesejukan di dunianya para blogger, kita sudah cukup melihat kekacauan di dunia nyata, tidak perlu ditambahi di dunia maya

    Salam,…

    1. saya setuju dengan pendapat mas DWI, menang tanpa ngasorake. semoga harapan yang indah ini didengar oleh para sahabat yang lain, agar di dunia maya tercipta kedamaian dan kesejukan dalam segala aspek kehidupan.
      Terimakasih mas atas apresiasi yang diberikan ke blog yang sangat sederhana ini.

      1. betul mas,
        saya sendiri menggunakan blogging sebagai sarana refreshing di sela-sela kesibukan. Dengan blogging saya having fun, bisa berkunjung ke blog teman-teman dengan komentar yang menggelitik

        salam hangat selalu mas,…

        dwi

  3. ketika sang surya pagi sinarnya terlindungi oleh gumpalan awan, sejuknya pagi membuat raga enggan tuk beranjak dari peraduan, namun hati terbesit untuk memberi ucapan kepada para sahabatku tersayang, sekedar sebuah harapan, selamat pagi, selamat memulai pengembaraan di hari yang penuh harapan ini, semoga Tuhan senantiasa memberikan kita tuntunan dalam setiap langkah,

    dituliskan bersama tetes embun bagi semua sahabat

    Ruanghati.com

    1. Terima kasih pak Guru, semoga ilmu yang disebarkan kepada peserta didik kang Awan menjadi amalan tersendiri, baik untuk mereka dan kang Awan. Atas warna yang dipancarkan saya ucapkan terimakasih

    1. Terima kasih uda atas perkenalannya dan saya sudah beranjangsana ke sana sebelum mengomentari komentar uda. Karena uda perbendaharaan informasi saya jadi bertambah, terimakasih sekali lagi ya

  4. semoga dengan kode etik blogger, narablog bisa ikut serta membangun bangsa….

    terima kasih sudah diingatkan mas….memang kita harus lebih berhati-hati dalam dunia maya….

  5. Assalamu’alaikum,
    Tentang kode etik blogger Indonesia, saya baru mengetahuinya, tapi menurut saya suatu hal yang bagus. Dan saya setuju dgn yg ditulis diatas, kita sebaiknya memang memberikan komentar yg nyambung dgn topik. (Dewi Yana)

  6. Wah, malu saya dikatakan sebagai orang hebat. Saya cuma penulis kacangan atau penulis amatiran yang bisanya cuma menjadi pengamat dan memaparkan hasil pengamatan. Tentunya untuk bisa diambil manfaatnya bagi para pembaca.

    Perkara tulisan saya dianggap provokatif, menyerang, atau malah membuat ketidaknyamanan, kembali lagi pada konteks bahasa yang saya gunakan dalam melontarkan kritikan atau masukan.

    Mari kita berupaya memahami konteks di balik teks. Carilah hakikat di balik yang tersurat. Insya Allah akan menemukan sesuatu yang positif dan membangun.

    1. batavusqu

      Wakakakak jadi Dekan Fakultas unjuk rasa, senangnya
      Hayoo kita mulai
      Saudara-saudara berunjuk rasa itu perlu, dikala sebuah ketidak adilan sudah memprihatinkan unjuk rasa lah. Ingat berunjuk rasa itu harus arif, jangan serampangan.
      Terima kasih

  7. “salam,
    kalau anda belum kenal, sayalah yang akan memperkenalkan diri mas,…
    nama saya dwi,
    kalau menurut saya, sebuah saran atau kritik boleh-boleh saja. Namun kadangkala kita perlu tahu bagaimana supaya yang kita sampaikan itu tidak membuat orang menjadi tersinggung atau sakit hati. Kalau orang jawa bilang
    “Menang Tanpa Ngasorake”
    Dan yang terakhir adalah, saya hanya bisa berharap tercipta suasana yang penuh kedamaian dan kesejukan di dunianya para blogger, kita sudah cukup melihat kekacauan di dunia nyata, tidak perlu ditambahi di dunia maya

    Salam,…”

    Maaf Mas saya copas he he. Saya setuju sekali dengan pendapat Mas Dwi ini. Sebuah pendapat yang bijak.
    Ngebloglah dengan riang gembiria.
    Terima kasih
    Salam Hangat Selalu 🙂

  8. Selamat siang Zipoer, Salah satu cara paling baik untuk belajar mengaplikasikan empati, adalah dengan cara bersikap lebih terbuka dan lebih sensitif serta taat pada kode etik. Individu-individu yang sukses tidak memandang hidup ini secara absolut, tapi relatif, setiap manusia mempunyai hak yang sama untuk memenuhi potensi hidupnya, diantaranya adalah tidak melanggar kode etik. Terima kasih postingan yang bagus Sukses untuk Zipoer.

    Regards, agnes sekar

    1. Terima kasih bunda Agnes yang selalu hadir membawa ilmu dalam bertutur tulisan dan berujar kata. Atas warnanya juga saya sampaikan terima kasih. Sukses pula untuk bunda.

  9. Memang begitu harusnya ya Pak.. Sayangnya, blog kadang disalahgunakan untuk menyebar kebencian, seperti blog yg baru-baru ini digunakan utk menghujat agama tertentu..

    1. menanggapi blog-blog yang digunakan untuk menghujat agama atau kelompok tertentu. Memang banyak sekali yang melakukannya, dan mereka rata-rata menggunakan hosting wp atau blogger. Saya sudah pernah melaporkan ke wordpress, tapi tidak ada tanggapan, kelihatannya kalau di luar hal seperti itu biasa saja, makanya wordpress menganggapnya kayak angin lalu…
      biarlah mereka menghujat semaunya, semakin ditanggapi semakin menjadi
      maaf lho mas zipoer, kalau koment saya kebanyakan, ha ha ha
      salam hangat

  10. Kode Etik Blogger Indonesia cukup bagus. saya sih setuju.
    adapun komen kopas tidak masalah menurut saya. sah-sah saja.tidak ada yang perlu dirisaukan.
    mas iskandar hanya sekadar menawarkan sebuah usulan.

    1. Iya kang saya juga ga masalah dengan komentar copas, karena itukan hak mereka. Tetapi kalau ada yang meresahkan saya langsung hapus kan beres. Terima kasih kang atas kunjungan dan warna yang diberikan

        1. semoga diberikan kesabaran untuk kangBoed. dan diberi pengelingan baginya. Tanks kang Boed hadiah Flash Disk 8GB sudah sampai dengan selamat. Terima kasih juga atas warnanya

  11. RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

      1. Asyik si kuning beraksi kembali, makasih kang Boed berarti kangboed sudah lepas dari kesibukan offline,
        I Love u to kangBoed
        Warna kuning membingkai botol telah hadir kembali
        Selamat selamat selamat

  12. tapi ngomong2 apakah saya masih boleh menuliskan;
    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    (maaf) izin mengamankan KELIMAAAXXXZ dulu. Boleh kan?!
    di sini?
    *awas kalau enggak boleh!

      1. oh, ga papa kok saya juga senang dengan gayanya kang Alam dan saya tidak melihat itu suatu copas, karena ending komentar kang alam selalu pas dengan postingan, hehehehe makasih kunjungannya

    1. kalau menurut saya kalau saklex menuruti etika agak susah mbak lina, karena masing-masing blogger punya karakter sendiri-sendiri
      saya kok koment terus ya??
      ijin pulang dulu mas zipoer, di kejar deadline project nih, nanti kalau suntuk saya main kesini lagi, refreshing 😉
      mau coding lagi
      ayo kerja !!!!

  13. Terimakasih atas info hebatnya. Sungguh saya baru tahu ada kode etik blogger tertulis semacam itu…sungguh amat berarti.
    Nah, kalau saya secara tak sengaja melanggar kode etik tolong diingatkan ya Mas Zipoer.
    Salam hangat jabat erat dariku.

  14. Siti Fatimah Ahmad

    Assalaamu’alaikum

    Saya turut sedih mengingatkan hal yang berlaku kepada KangBoed pada hal bagi saya setiap kehadirannya dengan komentar berulang sedemikian sebagai satu pesan yang hebat dan bermakna kerana itu saya akan kesunyian dan kangen kalau kangBoed tidak hadir ke laman saya yang dihadirkan dengan satu komen domain dan satu komen yang sering bertukar mesejnya.

    Terima kasih Kang Zipoer7 kerana menjelaskan etika dan hak para blogger Indonesia. Saya turut terkesan dengan etika itu kerana saya sudah menjadi sebahagian dari komuniti blogger Indonesia ini. Mudahan KangBoed akan bangkit semula semangatnya dan saya tetap mendokong dan menyokong rutin komennya selalu walau dari jauh.

    Salam hormat Kang Zipoer7. kagum juga dengan keaktifan Kang Zipoer7 dalam membela teman-teman blogger ini. Mudahan diberkati Allah hendaknya.

    1. Terima kasih bunda SFA yang selalu hadir memberikan do’a bagi saya dan para sahabat blogger Indonesia, semoga hubungan ini tetap terjaga. Atas kehadiran dan warna yang diberikan saya ucapkan terima kasih

  15. menurut kutu sih asal kita gak merugikan orang lain, menghina orang lain, menyakiti orang lain, memfitnah orang lain, itu sih sah sah aja mau nulis apa kek …

    lain hal nya kalau kita gembor2 tentang kritik top comment, tapi komentar kita sendiri menyakiti hati orang lain

  16. sedjatee

    setuju, Mister… sangat perlu difahami kode etik narablog, agar aktifitas dunia ghaib ini bermanfaat: menambah ilmu, menambah sahabat, sukur-sukur menambah receh… hehehe… salam sukses…

    sedj

  17. tapi buat saya kalau komentar kangboed ga terlalu mempermasalahkan, yang suka saya permasalahkan kalau ada postingan kayak blogger yang udah di banned kemaren seperti nampilin kartun nah itu yang bikin saya gemes dan suebel

    salam dah

  18. sebenarnya kode etik itu memang diperlukan dlm lingkungan sosial dimanapun.
    namun, utk bunda pribadi, selama kita menulis atau berkomentar yg tdk menyakiti perasaan orang, menghina, memfitnah ataupun merugikan orang lain, sah sah saja kok.
    nikmati sajalah kegembiraan dan keceriaan yg terhidang dr para sahabat2, toh merekalah yg membuat blog kita penuh warna.
    dan, semoga komentar bunda disini tdk pernah menyakiti atau merugikan Mas Zipoer.
    kalaupun ada, bunda mohonkan maafnya ya Mas.
    salam.

  19. Ping-balik: Celurit di mata Carok « Batavusqu

  20. Kang Zipoer …
    Terima kasih telah menayangkan kode etik nara blog …
    Dan saya setuju sekali dengan apa yang di kemukakan diatas …

    memang sih ada kata-kata “kebebasan” disana …
    namun saya yakin … semua sepakat … Bebas tidak berarti seenaknya sendiri bukan …

    Dan seperti yang selalu saya kemukakan di blog saya … saya sangat terkesan dengan Tag Linenya Pak Jendral Cholik … itu sangat “striking” … Ngeblog dengan Enak … tetapi tidak se-enaknya … (ini slogan yang sangat saya suka …)

    Mengenai Komentar yang Copas …
    mmm gimana ya … ?
    ah sudah lah … saya tidak mau berkomentar mengenai masalah itu … (he3x)
    🙂 🙂 🙂

    Salam saya

  21. (ah komentar lagi ah …)
    Ininya begini kira-kira mas zipoer …

    Kolom Komentar dipasang dibawah postingan …
    Ini Artinya kolom itu disediakan bagi mereka yang ingin mengomentari postingan tersebut … bisa menambahkan … memuji … mengiyakan … meluruskan … mengklarifikasi … dan sebagainya yang ada kaitannya dengan postingan tersebut …

    Sehingga … bisa dimengerti … mengapa sementara orang kok menjadi bereaksi … jika komentar yang diberikan itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan Postingan … dan bahkan kadang ditulis panjang-panjang … dan … sama persis plek ketiplek dengan yang ada di semua blog …
    ini mungkin yang membuat sementara orang menjadi tidak nyaman …

    Mungkin begitu Mas Zipoer

    Sekali lagi Terima Kasih ya Mas Isro …
    Salam saya
    Patas #16 (versi adit kutu)

  22. Copas itu bisa merugikan dan menguntungkan ms. Kebetulan sy pernah bahas diblog saya, dan alhamdulillah ms Iskandaria mereview tulisan sy. Ternyata banyak yg mrasa dicopas itu merugikan krn hasil karya mrk tidak dihargai, tapi bagi yg seneng dicopas, sprti dimasHengky.com, ia merasa blognya malah dikenal smua orang. Tapi mnrt sy ms, lebih baik ide sendiri dech. Kalaupun paste yg sebutkan sumbernya. Salam blogger.

  23. bingung mau koment apa, sudah dibahas para sahabat diatas …
    sejauh ini sy cuma berusaha tidak melakukan hal-hal yng melanggar kode etik baik sebagai blogger maupun sebagai manusia, makanya sy menghindari tulisan riview blog, takutnya salah kata jadi berubah kearah kontroversial, sebab masih susah mencari kata yang halus dan tertata rapi untuk menyampaikan sebuah kritikan.
    semoga ini menjadi pembelajaran buat kita semua …

  24. Ping-balik: Hadiah Terunik Akhirnya Terbit « Batavusqu

  25. Ping-balik: Ceria bersama Si Bungsu « Batavusqu

  26. Ping-balik: Gerbang Baru Mulai Terbuka « Batavusqu

  27. Iya memang dalam mengomentari sebuah blog itu, kita tidak boleh asal.
    Atau mengomentari artikel/blog lainya yang tidak sesuai.
    Kalau prosedur nya tak beraturan terus maka blog Indonesia akan kacau.

  28. Ping-balik: Kemeriahan Humberqu « Batavusqu

  29. Ping-balik: Berburu Dengan Sumpit « Batavusqu

  30. Ping-balik: Humberqu Jilid 1 « Batavusqu

  31. Ping-balik: 3 Hari yang tertinggal « Batavusqu

  32. Ping-balik: Jambore Bersama Bhirawa « Batavusqu

  33. Ping-balik: Risalah Untuk Rusma « Batavusqu

  34. Ping-balik: Reportase Kemeriahan Humberqu « Batavusqu

  35. Ping-balik: Humberqu Jilid 2 « Batavusqu

  36. Ping-balik: Ayoo gerakkan tubuh sambut pagi ceria « Batavusqu

  37. Ping-balik: Tradisi Aruh Baharin 1 « Batavusqu

  38. Ping-balik: Aruh Baharin 2 (habis) « Batavusqu

  39. Ping-balik: Permohonan Maap « Batavusqu

  40. Ping-balik: Nilai-nilai Budaya Makassar 1 « Batavusqu

  41. Ping-balik: Nilai-nilai budaya Makassar 2 « Batavusqu

  42. Ping-balik: Nilai-nilai Budaya Makassar 3 (end) « Batavusqu

  43. Ping-balik: Wisata Kuliner khas Makassar 1 « Batavusqu

  44. Ping-balik: Wisata Kuliner Khas Makassar 2 « Batavusqu

  45. Ping-balik: Wisata Kuliner Khas Makassar 3 (end) « Batavusqu

  46. Ping-balik: Peduli Sahabat « Batavusqu

  47. Ping-balik: Tali Asih dari Pakde Cholik « Batavusqu

  48. Ping-balik: Penghuni Cempaka Mas Teler « Batavusqu

  49. Ping-balik: Kupersembahkan untuk yang paling Sedjatee « Batavusqu

  50. Ping-balik: Mengenang 64 Tahun Bandung Lautan Api « Batavusqu

  51. Ping-balik: Jail ko tega sih « Batavusqu

  52. Ping-balik: Mari Matikan Lampu Selama 60 Menit « Batavusqu

  53. bila kita saling menghargai, betapa indah hdup ini. sudah seharusnya kita membaca secara seksama akan artikel/berita ataupn naskah terlebih dahulu, setela hkita memahami baru kita berkomntar jangan sampai komntar tak menyangkut atas apa yang sedang di bahas,,, maju terus bloggers indonesia,,,,,,,,,,,

  54. Ping-balik: Jakarta Kota Air (Bagian 2) habis « Batavusqu

  55. Ping-balik: 3 Fasilitas Yang Mengganggu « Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s