Pengantar Puasa Senin Kamis

Senin, 11 Januari 2010

Salam Takzim

Sahabat dan pembaca batavusqu yang berbahagia

Tak terasa perjalanan libur baru saja berlalu, hari ini kembali aktivitas digelar untuk dipersiapkan pada liburan selanjutnya. Hari Senin, yang merupakan hari awal di Indonesia merupakan hari yang khusus bagi beberapa umat muslim, sedemikian khususnya banyak umat muslim melaksanakan ritual puasa Senin-Kamis.

.

Nah kedepan batavusqu akan mencari tau apa makna ritual puasa Senin-Kamis bagi seseorang. Postingan kali ini merupakan pengantar puasa Senin-Kamis. ya pengantar puasa senin-kamis agar pengertian postingan kedepan lebih nyaman dibaca.

Seperti biasa disaji hanya untuk refferensi, bukan untuk dipuji apalagi dihina, karena batasan waktu dan kemampuan menulis masih kurang.

.

Selama ribuan tahun, puasa adalah suatu bentuk ibadah yang lazim dilakukan oleh manusia.

.

Kita bisa melihat catatan sejarah yang merekam praktik puasa sebagai ritual yang dipercaya, bisa memberi kesehatan bahkan keabadian. Orang Mesir Kuno percaya bahwa kelebihan makan bisa mendatangkan penyakit sehingga perlu dilakukan pengurangan asupan makanan ke dalam tubuh, yaitu dengan praktik puasa. Selain itu, Phytagoras, seorang filsuf Yunani Kuno, percaya bahwa berpuasa bisa memurnikan pikiran manusia karena puasa bisa menghilangkan racun dari tubuh. Belum lagi, kepercayaan orang-orang Inca di Peru dan suku-suku asli Amerika lainnya yang melakukan puasa sebagai bentuk penebusan dosa.

.

Pada kehidupan modern, puasa sebagai bentuk ibadah dapat ditemukan pada empat agama besar dunia, yaitu Islam, Kristen, Yahudi, dan Buddha.

.

Setiap agama memiliki bentuk puasa yang khas, baik dalam metode maupun hari pelaksanaannya. Sebagai contoh, setiap bulan Romadhon sekitar lebih dari satu miliar Muslim melakukan puasa  setiap tahun, begitu juga dengan jutaan orang Yahudi yang berpuasa di hari Yom Kippur. Belum lagi puluhan jutaan orang Hindhu yang berpuasa di hari Ekadashi. Dari berbagai bentuk puasa ini, dalam pandangan penulis, puasa Senin Kamis yang disunahkan oleh Rasulullah SAW merupakan bentuk puasa yang paling baik untuk gaya hidup sehat seorang Muslim.

.

Berikut akan batavusqu  jelaskan mengapa demikian.

.

Secara umum, puasa Senin Kamis adalah keadaan di mana tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman, dari waktu fajar sampai waktu terbenamnya matahari. Hal ini berarti tidak ada asupan senyawa glukosa dalam tubuh kita selama berpuasa. Sebagai bahan bakar utama otak, absennya senyawa glukosa ini diduga menyebabkan berkurangnya daya atau kinerja otak dalam berpikir selama berpuasa. Benarkah demikian?

.

Dunia sains mengartikan akal budi sebagai kognisi yang meliputi berbagai proses mental untuk mendapatkan pengetahuan. Contohnya adalah berpikir, mengingat, memutuskan sesuatu, dan memecahkan masalah. Semua contoh itu adalah fungsi yang membentuk bahasa, imajinasi, persepsi, dan perencanaan (Wagner 2009). Fungsi-fungsi tersebut diproses dalam otak yang memiliki jutaan sel saraf. Nah, sel saraf inilah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan proses mental.

.

Seperti sel-sel tubuh lainnya, sel saraf memerlukan energi yang cukup untuk bekerja dengan baik dan benar. Energi ini hanya datang dari glukosa. Oleh karena itu, untuk menjalankan fungsi mental, otak manusia memerlukan glukosa yang cukup. Dengan asumsi ini, puasa sebagai kondisi di mana makanan tidak masuk ke dalam tubuh dalam waktu tertentu, diduga dapat menurunkan kualitas proses mental yang ada di dalam otak.

.

Akan tetapi, fakta membuktikan bahwa kurangnya glukosa pada saat puasa tidak menghambat pemenuhan kebutuhan glukosa di dalam otak. Bagaimana pun juga, tubuh kita adalah sistem pengatur energi yang canggih. Tubuh selalu bisa menjaga keseimbangan (homeostatis). Jadi, ketika tubuh mendeteksi adanya kekurangan glukosa maka glukosa tambahan, akan dibentukdari sumber lainnya yang ada di dalam tubuh, seperti glikogen dan protein. Pembentukan glukosa yang baru ini (glukoneogenesis) membuat ketersediaan glukosa di dalam otak menjadi seimbang. Dengan cara seperti itulah, otak manusia dapat bekerja normal pada saat puasa harian, seperti puasa Senin-Kamis dan juga puasa Ramadhan. Di Indonesia, kebanyakan Muslim menyalahkan puasa sebagai hal yang membuat mereka kurang berkonsentrasi saat bekerja. Padahal, Sebenarnya yang mengganggu mereka adalah sensasi lapar. Sensasi ini memang dapat mengganggu konsentrasi karena di proses dalam otak juga. Akan tetapi, kita dapat mengabaikan sensasi ini jika kita benar-benar berkonsentrasi penuh pada pekerjaan kita. Faktanya, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa puasa harian menyebabkan berkurangnya kinerja otak dalam berpikir. Puasa Senin-Kamis aman untuk diamalkan. Tapi, apa yang menyebabkan puasa Senin-Kamis layak disebut gaya hidup yang sehat?

.

Dalam pandangan Batavusqu, apa yang menyebabkan puasa Senin-Kamis istimewa adalah waktu pelaksanaannya. Berbeda dengan puasa Ramadhan yang wajib ditunaikan selama satu bulan penuh oleh seorang Muslim, puasa Senin-Kamis merupakan puasa sunah yang dianjurkan untuk dilakukan setiap hari Senin dan hari Kamis. Perlu kita perhatikan bahwa terdapat selang dua hari dari Senin menuju Kamis, dan terdapat selang tiga hari dari Kamis menuju Senin.

.

Bersama dengan puasa sunah Nabi Daud yang dilakukan berselang-seling satu hari, puasa Senin Kamis bisa diartikan sebagai bentuk puasa berselang-seling (alternate days fasting). Puasa berselang-seling merupakan salah satu bentuk pembatasan kalori (caloric restriction). Pembatasan kalori adalah usaha membatasi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, dewasa ini makanan sampah (junkfood) berlimpah.

.

Banyak sekali kita temukan orang yang jarang berpuasa dan mengonsumsi makanan secara berlebihan, entah itu sering mengonsumsi mi instan, makanan manis, makanan cepat saji (fast food), makanan berlemak, dan lain sebagainya.

.

Fenomena ini merupakan hal yang buruk bagi kesehatan orang bersangkutan. Tingginya konsumsi makanan yang tidak sehat, bisa mengakibatkan tingginya aktivitas sistem tubuh. Kita membuat sistem tubuh kita lelah dengan makanan-makanan yang kita masukkan secara berlebihan. Tidaklah heran, jika pola makan yang tidak sehat ini bisa mengakibatkan penyakit, seperti obesitas dan juga diabetes (Halberg 2005). Perlu kita ketahui di sini bahwa diabetes adalah penyakit yang bisa mengundang penyakit lainnya, seperti penyakit kardiovaskuler, stroke, dan juga karsinoma (Bartness et al 2002).

.

Nah, dengan puasa berselang-seling, sebagai bentuk pembatasan kalori, kita bisa mencegah penyakit-penyakit ini. Dengan asupan makanan yang berkurang, kita bisa membuat sistem pencernaan tubuh kita beristirahat, berhemat dalam menggunakan makanan yang masuk, dan mendapatkan fungsi metabolisme tubuh yang optimal (Haldberg et al 2005).

.

Puasa berselang-seling juga dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin sehingga menguntungkan bagi pengaturan glukosa dalam tubuh (Anson 2003). Oleh karena itu, jelaslah bahwa puasa berselang-seling ini merupakan gaya hidup yang sehat di tengah budaya konsumerisme yang sudah menjamur di tengah umat Muslim.

.

Peran puasa Senin-Kamis sebagai gaya hidup yang sehat, menambah khazanah keselarasan rasionalisme dengan Islam. Tidak hanya mempunyai ayat-ayat Alquran yang mengandung banyak esensi ilmu pengetahuan, tetapi Islam juga mengajarkan Assunah yang selaras dengan perkembangan sains saat ini. Tidak hanya mengantarkan Anda untuk dekat pada-Nya, ibadah puasa Senin-Kamis yang kontinu juga menjaga Anda dengan gaya hidup yang sehat.

.

Dari beberapa Sumber


Salam Takzim Batavusqu

|warisan Telukabessy|1 Suro di Cirebon|1 Suro di Tuban|Kado|Gunung Kemukus|
|Rambu Solo|Hari Ibu|Ritual Ngaben|Ritual Gimbal|Natal|Natal Tante Alexa|
|Zipoer7 VS Batavusqu|Tradisi Bayi Turun Tanah 1|Tradisi Bayi Turun Tanah 2|
|Tradisi Bayi Turun Tanah 3|Tradisi Bayi Turun Tanah 4|
|Tradisi Bayi Turun Tanah 5|Ada kutu di WordPress|Kutu Bikin Gatel|9 Hari Pertama|
Iklan

115 pemikiran pada “Pengantar Puasa Senin Kamis

      1. Ayoo besok kamis puasa yuk
        He! salam mie dari Jakarta, awas jangan keseringan mie kurang bagus bagi kesehatan. mie cukup 3x sehari ingat ini petunjuk dokter jaga

    1. Dengan membiasakan puasa senin kamis bisa menjadikan seorang hamba semakin dekat dgn Sang Khaliq,dan merupakan ikatan janji seorang muslim kepada Allah SWT. dimana ketaatan pada-NYA akan terus berlangsung ,tidak hanya pada bulan Ramadhan saja.

        1. Betul kang, walaupun tidak sering berarti salah satu sunah nabi telah kang Awan tegakkan, semoga syafaat beliau kita dapatkan pada hari akhir nanti.
          Terima kasih kang awan maap belum sempat ke rumah, lagi banyak tamu wakakakakak

  1. duh saya sendiri jarang banget melakukan puasa senen kemis ini. Terima kasih sudah mengingatkan mas, semoga ke depan saya tersadarkan 😦
    Salam hangat selalu 🙂

  2. Sebuah perenungan yang bagus nih buat memulai aktifitas setelah liburan panjang yang melelahkan sekaligus mengasyikkan Mas Zipoer… Insya Allah akan bermanfaat luar biasa bagi kita semua.

    Selamat berpuasa senin-kamis 🙂

  3. Perkenalkan saya Bhirawa.
    Saya datang dengan membawa perdamaian.
    Sebuah blog baru yang masih belajar dan mohon bimbingan,petunjuk,saran, masukan dan kritik yang sehat dan membangun dari para blogger senior.
    Terima kasih mas.
    Salam hangat selalu dari Kota Pahlawan

    1. Selamat datang pakde dengan kaum Bhirawanya semoga sukses di blog pakde yang ke empat
      Dan terimakasih warnanya pakde, sudah saya add juga blog bhirawa di halaman link saya pakde

  4. Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010

  5. Alhamdulillah Puasa ini sangat banyak manfaatnya.

    Ada pengalaman menarik neh semalam saat mau sahur..
    Sy kan orangya cofee maniac..jadi setiap sahur harus minum kopi.jika tidak besok pastinya akan sakit kepala.Nah semalam saya tidak menemukan kopi saat mau sahur…tapi saya niatkan.InsyaAllah sakit kepala tidak akan datang… Alhamdulillah..sampai sat nulis komen ini hal itu tidak datang dan tinggal 2 jam lagi bukanya..Emang Nikmat rasanya puasa ini..yukk puasa yukkk.

    Btw kang zipoer ..tukaran link di travel hajiku ya !

    1. Sungguh pengalaman yang memberi arti tersendiri bagi saya kang, saya juga pernah kelupaan dikantor saat puasa hari kamis ko bisa-bisanya sata minum suguhan kopi padahal saya ikut sahur sama keluarga, pas inget langsung saya ludahin terus saya kumur-kumur untuk menghilangkan kopi itu karena lupa saya lanjutin puasanya semoga saja keterima dan tidak membatalkan puasa saya

  6. Mengurangi sedikit makanan dan minuman dalam perut, berarti juga mengurangi sampah dan racun dalam tubuh..
    Infonya sangat oke banget Kang.. Makasih Yaa..
    Salam hangat dan damai selalu..

  7. bekunjung disini kang
    lama tidak berkunjung bukan meninggalkan tapi koneksinya yang tidak bisa ditolelir kang
    udah posting tidak sempat menambah yang ini
    silaturahmi jadi kurang kalau koneksi susah
    he…….he……. tidak akan meninggalkan shobat yang telah memberikan banyak buat citromduro

    salam dari pamekasan madura

  8. Assalamu’alaikum,
    Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan yang lainnya dari Aisyah ra. bahwa beliau ditanya tentang puasanya Rasulullah Saw, maka beliau menjawab: adalah beliau senantiasa menjaga puasa pada hari senin dan kamis” (HR.Tirmidzi (745),Ibnu Majah:1739,An-Nassai (2187),Ibnu Hibban (3643).dan dishahihkan Al-Albani dalam shahih Ibnu Majah). (Dewi Yana)

  9. Ping-balik: Ritual Puasa Senin Kamis 1 « Batavusqu

  10. Ping-balik: Ritual Puasa Senin Kamis 2 (end) « Batavusqu

  11. Ping-balik: Ritual Puasa Senin Kamis 2 « Batavusqu

  12. Ping-balik: Ritual Puasa Senin Kamis 3 (habis) « Batavusqu

  13. Ping-balik: KutuBacaBuku di Batavusqu « Batavusqu

  14. Tulisan yang sangat bagus Bang. Mengingatkan kita akan perlunya berpuasa. Tapi sayang ,banyak orang yang tidak mau berpuasa, padahal kita membutuhkannya demi kebaikan kehidupan kita.

    Terima kasih Bang.
    Salam

  15. Ping-balik: Informasi Senjata, Gratisss ! « Batavusqu

  16. Ping-balik: Golok bukan go! Blog « Batavusqu

  17. Ping-balik: Kujang; Ajimat Raja Pasundan « Batavusqu

  18. Ping-balik: Artikel Terunik Pertama Leysbook « Batavusqu

  19. Ping-balik: Artikel Terunik Pertama Di Leysbook « Batavusqu

  20. Ping-balik: Rencong Milik Aceh « Batavusqu

  21. Ping-balik: Kode Etik Nara Blog (Blogger) « Batavusqu

  22. Ping-balik: Celurit di mata Carok « Batavusqu

  23. Ping-balik: Hadiah Terunik Akhirnya Terbit « Batavusqu

  24. Ping-balik: Ceria bersama Si Bungsu « Batavusqu

  25. Ping-balik: Gerbang Baru Mulai Terbuka « Batavusqu

  26. Ping-balik: Kemeriahan Humberqu « Batavusqu

  27. Ping-balik: Berburu Dengan Sumpit « Batavusqu

  28. Ping-balik: Humberqu Jilid 1 « Batavusqu

  29. Ping-balik: 3 Hari yang tertinggal « Batavusqu

  30. Ping-balik: Jambore Bersama Bhirawa « Batavusqu

  31. Ping-balik: Risalah Untuk Rusma « Batavusqu

  32. Ping-balik: Reportase Kemeriahan Humberqu « Batavusqu

  33. Ping-balik: Ayoo gerakkan tubuh sambut pagi ceria « Batavusqu

  34. Ping-balik: Tradisi Aruh Baharin 1 « Batavusqu

  35. Ping-balik: Aruh Baharin 2 (habis) « Batavusqu

  36. Ping-balik: Permohonan Maap « Batavusqu

  37. Ping-balik: Nilai-nilai Budaya Makassar 1 « Batavusqu

  38. Ping-balik: Nilai-nilai budaya Makassar 2 « Batavusqu

  39. Ping-balik: Nilai-nilai Budaya Makassar 3 (end) « Batavusqu

  40. Ping-balik: Wisata Kuliner khas Makassar 1 « Batavusqu

  41. Ping-balik: Wisata Kuliner Khas Makassar 2 « Batavusqu

  42. Ping-balik: Wisata Kuliner Khas Makassar 3 (end) « Batavusqu

  43. Ping-balik: Peduli Sahabat « Batavusqu

  44. Ping-balik: Tali Asih dari Pakde Cholik « Batavusqu

  45. Ping-balik: Penghuni Cempaka Mas Teler « Batavusqu

  46. Ping-balik: Kupersembahkan untuk yang paling Sedjatee « Batavusqu

  47. Ping-balik: Mengenang 64 Tahun Bandung Lautan Api « Batavusqu

  48. Ping-balik: Jail ko tega sih « Batavusqu

  49. Ping-balik: Mari Matikan Lampu Selama 60 Menit « Batavusqu

  50. Ping-balik: Jakarta Kota Air (Bagian 2) habis « Batavusqu

  51. Ping-balik: 3 Fasilitas Yang Mengganggu « Batavusqu

  52. Ping-balik: Juri dapat cindra mata « Batavusqu

  53. Ping-balik: Puasa sunnah di bulan Sya’ban « Batavusqu

  54. Ping-balik: Hikmah Puasa Ta’sua | Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s